Sukses

Sulap Jadi Perusahaan Teknologi Dunia, Bill Gates Jadi Sosok Legenda di Microsoft

Membangun perusahaan bersama Paul Allen sejak 1975, Bill Gates baru benar-benar melepaskan kursinya di dewan Microsoft pada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Microsoft tak bisa lepaskan dari sosok Bill Gates. Meski sudah mundur dari direksi perusahaan sejak Maret 2000 lalu, Ia baru mengakhiri perannya pada Juni 2008, dan mengundurkan diri sebagai Chairman pada Februari 2014.

Membangun perusahaan bersama Paul Allen sejak 1975, Bill Gates baru benar-benar melepaskan kursinya di dewan Microsoft pada 2020.  

Berhasil mengembangkan sistem operasi, aplikasi server, alat pengembangan lunak, aplikasi bisnis dan konsumen, serta perangkat teknologi layanan internet, perusahaan dinobatkan majalah bisnis Fortune sebagai salah satu perusahaan teknologi paling mengagumkan di dunia.

Berada di urutan nomor tiga, perusahaan yang bermarkas di Redmond, Washington DC, Amerika Serikat tersebut dipimpin oleh CEO Satya Nadella.

Microsoft saat ini mempekerjakan 163 ribu karyawan di seluruh dunia dan memiliki pendapatan sebesar USD 153,55 juta dengan perolehan laba mencapai USD 51,31 juta. Resmi berdiri 4 April 1975, Gates dan Allen berhasil mendirikan sebuah perusahaan perangkat lunak komputer bernama Micro-soft.

Tak butuh waktu lama, pada tahun pertama berdirinya perusahaan, kedua pemuda tersebut mendapatkan keuntungan hingga USD 16.000. Terus mengalami kesuksesaan, Bill Gates akhirnya berhasil menjadi orang terkaya keempat dengan nilai kekayaan USD 124 miliar atau sekitar Rp 1.788 triliun (asumsi kurs Rp 14.419 per dolar AS). .

Pada posisi pertama ada Jeff Bezos, pendiri Amazon, kemudian Bernard Arnault dari LVMH, dan Elon Musk, pendiri Tesla. Baru-baru ini, Bill Gates kembali menarik perhatian, bukan karena usaha yang dilakukan tetapi dari sisi kehidupan pribadi. Telah menikah dengan Melinda Gates selama 27 tahun, pasangan ini akhirnya bercerai.

Di tengah pengumuman perceraian itu, saham Microsoft Corp, pada Senin, 4 Mei 2021, saham terpantau turun 0,13 persen ke posisi USD 251,86 pada perdagangan di wall street. Saham Microsoft bergerak di posisi tertinggi USD 254,35 dan terendah USD 251,12.

Pada awal pekan ini, indeks saham acuan utama beragam. Indeks saham S&P 500 naik 0,27 persen ke posisi 4.192,66. Indeks saham Dow Jones menanjak 0,70 persen ke posisi 34.113,23. Indeks saham Nasdaq turun 0,5 persen ke posisi 13.895,12.

Hal ini seiring sejumlah saham teknologi yang tertekan. Saham induk usaha Google Alphabet Inc turun 0,44 persen ke posisi USD 2.343,08. Selain itu, saham Amazon, dan Faceboo melemah pada awal pekan ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bill Gates dan Melinda Gates Umumkan Perceraian

Kabar mengejutkan datang dari pasangan miliarder Bill Gates dan Melinda Gates. Pasangan sudah menikah 27 tahun ini memutuskan untuk bercerai.

Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perceraian tersebut dalam pernyataan yang diunggah ke Twitter. Pengumuman mereka diunggah ke feed twitter Bill dan Melinda, serta menyatakan akan terus bekerja sama di Bill and Melinda Gates Foundation.

“Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami,” ujar keduanya dalam pernyataan singkat yang diunggah di Twitter.

“Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif,”

“Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami selanjutnya. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini,”

Bill Gates (65) dan Melinda French Gates (56) memutuskan menikah pada 1994.  Bill Gates telah melepaskan jabatan di Microsoft, perusahaan yang dia bangun, demikian mengutip Barrons, Selasa (4/5/2021).

Ia mundur dari jabatannya sebagai CEO pada 2000, dan mengakhiri perannya sehari-hari pada Juni 2008. Ia pun mengundurkan diri sebagai Chairman pada Februari 2014, dan melepaskan posisi di dewan Microsoft pada tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.