Sukses

Saham Twitter Loyo Usai Elon Musk Batal Gabung Dewan Direksi

Saham Twitter sempat anjlok lebih dari 8 persen setelah pengumuman Elon Musk batal masuk jajaran direksi.

Liputan6.com, Jakarta - Saham Twitter merosot pada perdagangan Senin pagi, 11 April 2022 usai CEO Parag Agrawal mengungkapkan Elon Musk telah membatalkan rencana untuk bergabung dengan dewan direksi perusahaan tersebut.

Saham perusahaan media sosial itu sempat anjlok lebih dari 8 persen menjadi kurang dari USD 43 per saham pada Senin pagi waktu setempat sebelum sedikit pulih. Pada pukul 05:20 ET, saham Twitter turun 4,28 persen dan diperdagangkan pada USD 44,25.

Seperti yang diketahui, pada 5 April 2022, Musk dan Twitter mengatakan dia akan bergabung dengan dewan direksi Twitter. Sehari sebelumnya, CEO Tesla dan SpaceX mengungkapkan melalui pengajuan keuangan dia adalah pemegang saham terbesar Twitter, memegang 9,2 persen saham di perusahaan tersebut.

Elon Musk diangkat ke dewan direksi Twitter pada Sabtu, 9 April 2022, tetapi orang terkaya di dunia memberitahu perusahaan kalau hari itu  dia sebenarnya tidak akan mengambil kursi dewan. Halaman hubungan investor Twitter belum diperbarui dan Musk masih terdaftar sebagai anggota dewan.

"Elon telah memutuskan untuk tidak bergabung dengan dewan kami," tulis Agrawal di Twitter, pada Minggu, 10 April 2022.

"Saya mengirim catatan singkat ke perusahaan, berbagi dengan Anda semua di sini,” ia menambahkan.

Dalam catatan tersebut, Agrawal mengatakan Musk tetap menjadi pemegang saham terbesar Twitter, dan perusahaan akan tetap terbuka untuk masukannya. "Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi dan menjelaskan tentang risikonya,” tulisnya

."Kami juga percaya bahwa memiliki Elon sebagai fidusia perusahaan di mana dia, seperti semua anggota dewan, harus bertindak demi kepentingan terbaik perusahaan dan semua pemegang saham kami adalah jalan terbaik ke depan,” ia menambahkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Diketahui Alasan Elon Musk

CEO Twitter tidak mengatakan apakah Musk memberikan alasan spesifik untuk berubah pikiran tentang mengambil kewajiban baru atau apakah itu sepenuhnya keputusan Musk.

Jika Musk bergabung dengan dewan, dia tidak akan dapat memperoleh lebih dari 14,9 persen saham perusahaan. Sekarang dia tidak lagi bergabung dengan dewan, dia secara teoritis dapat meningkatkan taruhannya, jika dia mau. 

Bahkan, beberapa pakar industri berspekulasi di Twitter dia sekarang mungkin mencoba untuk mengambil alih perusahaan dan membangunnya kembali dengan cara yang dia inginkan.

Saham Twitter melonjak 4 persen pada Selasa setelah pengumuman dewan. Kemudian, pada Senin, usai saham Musk pertama kali terungkap, Twitter mengalami hari terbaiknya sejak IPO perusahaan pada 2013, meroket lebih dari 27 persen.

Tak hanya itu, sepanjang akhir pekan, tanpa mengungkapkan ia telah menolak kursi dewan di Twitter, Musk memposting sejumlah ide untuk mengubah perusahaan media sosial dan produknya.

Salah satu sarannya adalah lelucon kasar dalam bentuk polling Twitter. Musk meminta orang untuk memilih apakah Twitter harus menghapus "w" dari namanya. Melakukan hal itu akan mengubah Twitter menjadi "gagap", sebuah kiasan untuk anatomi wanita.

Saran yang lebih serius dari Musk termasuk membiarkan pelanggan Twitter Blue membayar dengan dogecoin, mendapatkan tanda centang "otentikasi", dan menjaga Twitter Blue bebas dari iklan.

"Setiap orang yang mendaftar ke Twitter Blue (yaitu membayar USD 3/bulan) harus mendapatkan tanda centang otentikasi,” tulis Musk. 

"Dan tidak ada iklan. Kekuatan perusahaan untuk mendikte kebijakan sangat meningkat jika Twitter bergantung pada uang iklan untuk bertahan hidup,” tambahnya.

Musk juga menyarankan agar Twitter mengubah kantor pusatnya di San Francisco menjadi tempat penampungan tunawisma, "karena toh tidak ada yang muncul."

Dia juga menyarankan nomor pengguna Twitter digelembungkan oleh bot dan pada satu titik ditanya apakah Twitter sedang sekarat.

 

3 dari 4 halaman

Elon Musk Genggam 9,2 Persen Saham Twitter

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk, membeli saham raksasa di Twitter yang menjadikannya pemegang saham luar terbesar di media sosial. Hal ini tidak lama setelah mengkritik Twitter karena gagal menegakkan prinsip kebebasan berbicara.

Melansir CNBC, Senin, 4 April 2022 Elon Musk memiliki 73.486.938 saham Twitter, yang mewakili 9,2 persen saham pasif di perusahaan, menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa 13G yang dirilis Senin.

Kepemilikan saham Elon Musk bernilai USD 2,89 miliar atau sekitar Rp 41,44 triliun (asumsi kurs Rp 14.340 per dolar AS), berdasarkan harga penutupan Twitter pada Jumat, 1 April 2022.

Pembelian saham oleh Musk terjadi kurang dari dua minggu setelah dirinya mengkritik perusahaan tersebut, melakukan polling kepada orang-orang di Twitter tentang apakah Twitter mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berbicara.

"Mengingat Twitter berfungsi sebagai de facto public town square, gagal mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berbicara secara fundamental merusak demokrasi," tweet Musk. “Apa yang harus dilakukan?”

Sementara itu, akhir bulan lalu, Elon Musk juga mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk membangun platform media sosial baru.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Meskipun diklasifikasikan sebagai saham pasif, investor menawar saham lebih tinggi dengan kemungkinan hal ini dapat menghasilkan sesuatu yang lebih. Saham Twitter melonjak lebih dari 25 persen saat pra perdagangan.

"Musk dapat mencoba mengambil sikap yang lebih agresif di sini di Twitter,” ujar Analis Dan Ives Wedbush. Ia menyampaikan di “Squawk Box” CNBC. “Ini pada akhirnya bisa mengarah pada semacam pembelian.”

"Ini masuk akal mengingat apa yang Musk setidaknya bicarakan, setidaknya dari perspektif media sosial," kata Ives.

Elon Musk merupakan pengguna sering Twitter dan memiliki lebih dari 80 juta pengikut di platform tersebut. Namun, beberapa tweetnya telah membuat CEO Tesla menjadi panas selama bertahun-tahun.

Sedangkan, pada 7 Agustus 2018, Musk membuat tweet dia telah "mendapatkan dana" untuk menjadikan Tesla menjadi go private dengan harga USD 420 per saham. Lalu, 12 bulan setelah tweet itu adalah roller coaster bagi pemegang saham Musk dan Tesla. 

Seperti yang diketahui, pada saat itu, perusahaan mencatat rekor kinerja, tetapi juga harus berurusan dengan litigasi, penyelidikan pemerintah, dan pemutusan hubungan kerja. Musk juga mencapai penyelesaian dengan SEC yang mencopotnya dari peran CEO Tesla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.