Sukses

Alasan Elon Musk Ingin Beli Twitter

Elon Musk telah menawarkan untuk akuisisi semua saham di Twitter yang bukan miliknya senilai Rp 589,48 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk telah mengajukan untuk membeli Twitter (TWTR) dan menjadikannya go private. Elon Muskmengatakan perusahaan perlu diubah.

Menurut pengajuan SEC, Elon Musk telah menawarkan untuk akuisisi semua saham di Twitter yang bukan miliknya seharga USD 54,20 per saham, dengan valuasi perusahaan sebesar USD 41,4 miliar atau sekitar Rp 589,48 triliun (asumsi kurs Rp 14.377 per dolar AS).

Seperti diketahui, itu mewakili 38 persen premium dari harga penutupan pada 1 April, hari perdagangan terakhir sebelum Musk mengungkapkan ia telah menjadi pemegang saham terbesar Twitter, dan 18 persen premium dari harga penutupan Rabu.

Musk mengatakan, penawaran tunai itu adalah penawaran terbaik dan terakhirnya, menurut pengajuan SEC, menambahkan jika tidak diterima, dia harus mempertimbangkan kembali posisinya sebagai pemegang saham.

 CEO Tesla mengirim surat penawaran kepada perusahaan pada Rabu malam, menurut pengarsipan.

"Saya berinvestasi di Twitter karena saya percaya pada potensinya untuk menjadi platform kebebasan berbicara di seluruh dunia, dan saya percaya kebebasan berbicara adalah keharusan sosial untuk demokrasi yang berfungsi," katanya dalam sebuah surat yang dia kirim ke Twitter.

"Namun, sejak melakukan investasi saya sekarang menyadari perusahaan tidak akan berkembang atau melayani kebutuhan masyarakat ini dalam bentuknya saat ini. Twitter perlu diubah sebagai perusahaan swasta," ia menambahkan.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Twitter

Surat itu ditujukan kepada Bret Taylor, ketua dewan Twitter, bukan CEO Parag Agrawal. Itu menyimpulkan: "Twitter memiliki potensi luar biasa saya akan membukanya,".

Twitter mengeluarkan pernyataan pada Kamis yang mengkonfirmasi mereka telah menerima tawaran tersebut. Seperti yang disebut oleh dewannya akan dengan hati-hati meninjau proposal untuk menentukan tindakan yang diyakini demi kepentingan terbaik perusahaan dan semua pemegang saham Twitter.

Sedangkan, pada pekan lalu, Musk mengungkapkan telah membeli saham Twitter sejak akhir Januari 2022. Ia telah mengumpulkan 9,1 persen saham sejak saat itu, menghabiskan USD2,6 miliar untuk saham yang dia beli. Setelah pengungkapan itu, ia awalnya menerima tawaran kursi di dewan direksi, sebuah perjanjian yang mencakup batas atas investasinya di perusahaan menjadi 14,9 persen saham.

Lalu, pada Minggu CEO Twitter Parag Agrawal mengungkapkan Musk telah memutuskan untuk tidak bergabung dengan dewan, yang menghapus batas itu. Musk luar biasa diam tentang rencananya untuk Twitter sejak saat itu.

3 dari 4 halaman

Gerak Saham Twitter

Tak hanya itu, Musk tidak mengungkapkan bagaimana dia berniat mendanai pembeliannya. Dia mengatakan telah mempekerjakan raksasa Wall Street Morgan Stanley (MS) sebagai penasihat keuangannya untuk transaksi tersebut.

Sementara Musk adalah orang terkaya di dunia, sebagian besar kekayaan bersihnya senilai USD 274 miliar terikat dalam kepemilikannya di Tesla yang diperdagangkan secara publik dan SpaceX yang dimiliki secara pribadi, dan dia enggan menjual saham Tesla di luar apa yang dia butuhkan untuk dijual perintah untuk membayar pajak.

Saham Twitter (TWTR) melonjak 12 persen dalam perdagangan premarket pada penawaran Kamis, saham Tesla (TSLA) tergelincir 2 persen.

Musk tidak suka perusahaannya diperdagangkan secara publik. Sementara perusahaan eksplorasi ruang angkasa swasta lainnya seperti Virgin Galactic (SPCE) telah go public, SpaceX tetap dimiliki secara pribadi, meskipun spekulasi sudah matang untuk penawaran umum. 

Pada Agustus 2018, dia mengumumkan di Twitter berpikir untuk menjadikan Tesla go private, dengan mengatakan bahwa dia pikir itu adalah jalan terbaiknya ke depan.

Tweet Musk tentang mengambil Tesla go private, terkait pendanaan untuk tawaran itu ketika dia membuatnya bermasalah dengan SEC.

Dia akhirnya harus melepaskan posisinya sebagai pemimpin Tesla, dan setuju agar tweet-nya dengan informasi material tentang Tesla ditinjau oleh eksekutif lain di perusahaan.Mengambil perusahaan pribadi, atau merahasiakannya, mengurangi pengawasan badan pengawas terhadap operasinya.Harga yang dia sarankan untuk Twitter saat itu, USD 420 per saham, terlihat menyoroti 20 April, Penawaran USD 54,20 per saham untuk Twitter juga mencakup "4,20."

4 dari 4 halaman

Saham Twitter Loyo Usai Elon Musk Batal Masuk Dewan Direksi

Sebelumnya, saham Twitter merosot pada perdagangan Senin pagi, 11 April 2022 usai CEO Parag Agrawal mengungkapkan Elon Musk telah membatalkan rencana untuk bergabung dengan dewan direksi perusahaan tersebut.

Saham perusahaan media sosial itu sempat anjlok lebih dari 8 persen menjadi kurang dari USD 43 per saham pada Senin pagi waktu setempat sebelum sedikit pulih. Pada pukul 05:20 ET, saham Twitter turun 4,28 persen dan diperdagangkan pada USD 44,25.

Seperti yang diketahui, pada 5 April 2022, Musk dan Twitter mengatakan dia akan bergabung dengan dewan direksi Twitter. Sehari sebelumnya, CEO Tesla dan SpaceX mengungkapkan melalui pengajuan keuangan dia adalah pemegang saham terbesar Twitter, memegang 9,2 persen saham di perusahaan tersebut.

Elon Musk diangkat ke dewan direksi Twitter pada Sabtu, 9 April 2022, tetapi orang terkaya di dunia memberitahu perusahaan kalau hari itu  dia sebenarnya tidak akan mengambil kursi dewan. Halaman hubungan investor Twitter belum diperbarui dan Musk masih terdaftar sebagai anggota dewan.

"Elon telah memutuskan untuk tidak bergabung dengan dewan kami," tulis Agrawal di Twitter, pada Minggu, 10 April 2022.

"Saya mengirim catatan singkat ke perusahaan, berbagi dengan Anda semua di sini,” ia menambahkan.

Dalam catatan tersebut, Agrawal mengatakan Musk tetap menjadi pemegang saham terbesar Twitter, dan perusahaan akan tetap terbuka untuk masukannya. "Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi dan menjelaskan tentang risikonya,” tulisnya

."Kami juga percaya bahwa memiliki Elon sebagai fidusia perusahaan di mana dia, seperti semua anggota dewan, harus bertindak demi kepentingan terbaik perusahaan dan semua pemegang saham kami adalah jalan terbaik ke depan,” ia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.