Sukses

Bursa Saham Asia Menghijau Jelang Keputusan Bank Sentral Jepang

Berlawanan dengan wall street, bursa saham Asia Pasifik bervariasi pada perdagangan Rabu, 18 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Asia Pasifik dibuka naik pada Rabu (18/1//2023) seiring investor menunggu hasil pertemuan kebijakan moneter bank sentral Jepang (Bank of Japan/BOJ).

Melansir CNBC, indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,66 persen pada jam pertama perdagangannya, dan indeks Topix naik tipis 0,39 persen,

Pergerakan indeks acuan di bursa saham Jepang itu seiring bank sentral Jepang memasuki hari kedua diskusi kebijakan moneter, yang datang di tengah imbal hasil obligasi pemerintah yang tinggi dan yen yang kuat dengan beberapa ekonom mengharapkan bank sentral untuk membatalkan kebijakan pengendalian kurva imbal hasil.

Yen Jepang terakhir berdiri di 128,25 melawan USD. S&P/ASX 200 Australia diperdagangkan datar. Kospi naik tipis sementara Kosdaq bertambah 0,3 persen.

Pesanan manufaktur sektor swasta Jepang untuk November turun 8,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya, menurut data resmi. Penurunan tersebut secara signifikan lebih besar dari ekspektasi Reuters tentang penurunan 0,9 persen. Secara tahunan, pesanan manufaktur turun 3,7 persen.

Angka-angka mesin sektor swasta mengecualikan pesanan dari yang tidak stabil untuk kapal dan perusahaan tenaga listrik.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun untuk mengakhiri hari, karena saham Goldman Sachs membebani indeks saham.

Dow kehilangan 391,76 poin, atau 1,14 persen, ditutup pada 33.910,85. S&P 500 turun 0,2 persen menjadi 3.990,97. Nasdaq Composite naik 0,14 persen untuk mengakhiri hari di 11.095,11.

Sementara itu, resesi mungkin tidak akan dimulai sekarang sampai nanti pada 2023 karena belanja konsumen telah lebih kuat dari yang diharapkan dan bank sentral AS atau the Fed melonggarkan kenaikan suku bunga, menurut Bank of America.

"Kami menunda waktu perkiraan kami untuk resesi ringan dalam ekonomi AS sekitar seperempat mengingat daya tahan belanja konsumen karena pasar tenaga kerja yang kuat, penghematan berlebih, penurunan harga energi, dan kondisi keuangan yang lebih mudah," kata perusahaan itu dalam catatan klien, dikutip dari CNBC.

2 dari 4 halaman

Bank of America

Meskipun demikian, mereka pikir hambatan akan membuat konsumen mengurangi pengeluaran dan mendorong tingkat tabungan lebih tinggi seiring berjalannya tahun.

Hal itu menempatkan resesi ke kuartal II, didorong oleh pelambatan investasi yang bocor ke belanja konsumen.

Setelah menaikkan suku bunga acuan sebesar 4,25 poin persentase pada 2022, the Fed diperkirakan akan melonggarkan kembali, dengan kenaikan 0,25 poin persentase pada Februari. Itu diperkirakan akan diikuti oleh kenaikan seperempat poin tambahan pada Maret dan Mei. Pemotongan suku bunga kemungkinan tidak akan terjadi hingga 2024, kata perusahaan itu.

Saham Goldman Sachs turun 2,4 persen setelah bank investasi Wall Street itu membagikan hasil pendapatan kuartal keempat yang meleset dari ekspektasi analis di garis atas dan bawah.

Bank melaporkan laba USD 3,32 per saham dengan pendapatan USD 10,59 miliar. Perkiraan konsensus menyerukan pendapatan USD 5,48 per saham dari pendapatan USD 10,83 miliar, menurut analis yang disurvei oleh Refinitiv. Penyisihan kerugian kredit juga terjadi sedikit di atas ekspektasi.

 

3 dari 4 halaman

Penutupan Wall Street 17 Januari 2023

Sebelumnya, bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street bervariasi pada perdagangan saham, Selasa, 17 Januari 2023. Indeks Dow Jones anjlok seiring investor berjuang terus membangun awal momentum 2023 dan menimbang hasil laporan laba perusahaan.

Pada penutupan perdagangan wall street, indeks Dow Jones anjlok 391,76 poin atau 1,14 persen ke posisi 33.910,85. Indeks S&P 500 tergelincir 0,2 persen ke posisi 3.990,97. Indeks Nasdaq naik 0,14 persen ke posisi 11.095,11.

Di sisi lain, saham Goldman tergelincir 6,4 persen setelah bank melaporkan kehilangan laba terburuk dalam satu dekade pada kuartal IV 2022. Dengan demikian, hasilnya ditekan penurunan pendapatan perbankan dan aset manajemen.

Morgan Stanley membukukan angka lebih baik dari perkiraan, sebagian berkat rekor pendapatan wealth management. Saham Morgan Stanley naik 5,91 persen.

Hasil tersebut muncul setelah bank besar lainnya antara lain JPMorgan dan Citigroup melaporkan laporan kuartalan yang beragam.

“Goldman dan Morgan Stanley hampir mencerminkan aksi harga hari ini setelah pendapatan mereka,” ujar Chief Investment Strategist BMO Wealth Management Yung-Yu Ma seperti dikutip dari CNBC, Rabu (18/1/2023).

Ia menuturkan, bahkan di dalam sektor keuangan, masing-masing lini bisnis memiliki nasib sangat berbeda dan segmen wealth management Morgan Stanley memberikan pemberat yang kuat.

“Perbedaan ini merupakan indikasi dari apa yang kami perkirakan pada musim laporan lab aini, kekayaan yang berbeda berdasarkan industri dan sub-industri,” ia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Kinerja Indeks Acuan di Wall Street

Adapun sekitar 7 persen dari hasil laba perusahaan yang masuk S&P 500 telah melaporkan laba hingga Selasa, 17 Januari 2023, menurut Facset. Dari perusahaan tersebut, 70 persen telah mengalahkan harapan. United Airlines akan melaporkan hasil kuartalan setelah bel.

Wall street menghasilkan kinerja mingguan positif berturut-turut untuk memulai tahun baru. Namun, menurut Chief US Equity Strategist Morgan Stanley Mike Wilson menuturkan, investor mungkin telah memposisikan ulang.

“Reli tahun ini dipimpin oleh kualitas rendah dan sangat pendek. Namun, itu juga menyaksikan pergerakan kuat dalam saham siklikal relatif terhadap saham defensif. Langkah ini khususnya meyakinkan investor kalau kehilangan sesuatu dan harus memposisikan ulang,” ujar Wilson.

Wilson menambahkan, ini merupakan perubahan yang kuat tetapi juga disadari kalau bear market atau pasar tren koreksi mengoceh pelaku pasar sebelum selesai. “Kami tidak gigit reli pasar palsu atau bear market karena pekerjaan dan proses kami sangat meyakinkan dan mempercayainya,” ujar dia.

Sepanjang tahun ini, indeks Nasdaq memimpin kenaikan 6,01 persen seiring investor membeli saham teknologi di tengah meningkatnya harapan membaik untuk growth stock. Indeks S&P 500 dan Dow Jones telah naik masing-masing 3,95 persen dan 2,3 persen sejak awal tahun.

Keuntungan telah datang di belakang rilis data inflasi yang telah ditafsirkan oleh investor sebagai indikasi ekonomi yang berkontraksi. Investor berharap ini akan memberikan pembenaran the Federal Reserve (the Fed) untuk memperlambat kenaikan suku bunga. Pekan lalu, indeks harga konsumen pada Desember 2022 menunjukkan inflasi melandai 0,1 persen dari bulan sebelumnya, tetapi inflasi masih lebih tinggi 6,5 persen dari bulan sama tahun lalu.