Sukses

Terkuak, Bunyi Lengkap Memo PHK Karyawan Google Dikirim via Email

Buat yang ingin tahu berikut isi memo lengkap dikirimkan Sundar perihal PHK karyawan Google.

 

Liputan6.com, Jakarta Langkah mengejutkan diambil perusahaan teknologi raksasa dunia, Google. Persusahaan ini  memberhentikan alias PHK karyawan sebanyak 12.000 pekerja. Pengumuman PHK dilakukan sang bos Sundar Pichai, CEO Google dan perusahaan induk Alphabet, melalui email yang dikirim ke staf perusahaan pada hari Jumat waktu setempat.

Melansir laman CNBC, Sabtu (21/7/2023), rencana awal, Perusahaan akan segera melakukan PHK di Amerika Serikat (AS). Sementara di negara lain, prosesnya “akan memakan waktu lebih lama karena undang-undang dan praktik setempat,” jelas isi surat tersebut.

 

Buat yang ingin tahu berikut isi memo lengkap dikirimkan Sundar perihal PHK karyawan Google:

Googler,

Saya ingin mengabarkan beberapa hal yang sulit untuk dibagikan. Kami telah memutuskan untuk mengurangi sekitar 12.000 pekerja. Kami telah mengirimkan email terpisah kepada karyawan di AS yang terdampak kebijakan ini. Di negara lain, proses ini akan memakan waktu lebih lama karena undang-undang dan praktik setempat.

Ini berarti kami harus mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa orang yang sangat berbakat yang telah bekerja keras untuk kami pekerjakan dan senang bekerja dengan kalian. Saya sangat menyesal untuk langkah ini. Fakta bahwa perubahan ini akan mempengaruhi kehidupan karyawan Google sangat membebani saya, dan saya bertanggung jawab penuh atas keputusan yang membawa kita ke sini.

Selama dua tahun terakhir, kami telah melihat periode pertumbuhan yang dramatis. Untuk mencocokkan dan mendorong pertumbuhan itu, kami melihat realitas ekonomi yang berbeda dari yang kami hadapi saat ini.

Saya yakin tentang peluang besar di depan berkat kekuatan mis, nilai produk dan layanan, dan investasi awal kami di AI. Untuk menangkapnya sepenuhnya, kami harus membuat pilihan yang sulit. Jadi, kami telah melakukan tinjauan secara ketat di seluruh area produk dan fungsi untuk memastikan bahwa orang dan peran kami selaras dengan prioritas tertinggi kami sebagai sebuah perusahaan. Beberapa bagian yang kami hilangkan mencerminkan hasil dari tinjauan tersebut. Pekerja tersebut antara yang berada di Alfabet, area produk, fungsi, level, dan wilayah.

Kepada Googler yang meninggalkan kami: Terima kasih telah ikut bekerja keras di mana saja. Kontribusi Anda sangat berharga dan kami berterima kasih untuk itu.

Meskipun transisi ini tidak akan mudah, kami akan mendukung karyawan saat mereka mencari peluang berikutnya.

Di Amerika:

Kami akan membayar karyawan selama periode pemberitahuan penuh (minimum 60 hari).

Kami juga akan menawarkan paket pesangon mulai dari gaji 16 minggu ditambah dua minggu untuk setiap tahun tambahan di Google, dan mempercepat setidaknya 16 minggu vesting GSU.

Kami akan membayar bonus 2022 dan sisa waktu liburan. Kami akan menawarkan perawatan kesehatan selama 6 bulan, layanan penempatan kerja, dan dukungan imigrasi bagi mereka yang terkena dampak.

Di luar AS, kami akan mendukung karyawan sesuai dengan praktik setempat. 

Sebagai perusahaan yang berusia hampir 25 tahun, kami pasti akan melalui siklus ekonomi yang sulit. Ini adalah momen penting untuk mempertajam fokus kami, merekayasa ulang basis biaya, dan mengarahkan bakat dan modal kami ke prioritas tertinggi kami.

Dibatasi di beberapa area memungkinkan kita untuk bertaruh besar pada orang lain. Memutar perusahaan menjadi AI-pertama tahun lalu menghasilkan terobosan kemajuan di seluruh bisnis kami dan seluruh industri.

Berkat investasi awal tersebut, produk Google menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan kami bersiap untuk membagikan beberapa pengalaman yang benar-benar baru untuk pengguna, developer, dan bisnis juga. Kami memiliki peluang besar di depan kami dengan AI di seluruh produk kami dan siap untuk mendekatinya dengan berani dan bertanggung jawab.

Semua pekerjaan ini merupakan kelanjutan dari "mengabaikan yang tidak mungkin secara sehat" yang telah menjadi inti budaya kita sejak awal. Saat saya melihat-lihat Google hari ini, saya melihat semangat dan energi yang sama mendorong upaya kami. Itulah mengapa saya tetap optimis tentang kemampuan kami untuk mewujudkan misi kami, bahkan di hari-hari terberat kami. Hari ini tentu salah satunya.

Saya yakin Anda memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana kami akan bergerak maju. Kami akan mengadakan pertemua. Periksa kalender Anda untuk detailnya. Sampai saat itu, harap jaga diri Anda baik-baik saat menyerap berita sulit ini. Sebagai bagian dari itu, jika Anda baru memulai hari kerja, silakan bekerja dari rumah hari ini.

-Sundar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.