Sukses

RANS Entertainment Ingin IPO, Begini Respons BEI

Direktur Penilaian Efek BEI I Gede Nyoman Yetna menuturkan, pihaknya akan berkunjung ke perusahaan yang IPO dapatkan undangan dan bagian dari evaluasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan selebritas kondang Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bakal membawa RANS Entertainment melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). 

Direktur Penilaian Efek BEI I Gede Nyoman Yetna menuturkan, pihaknya belum menerima dokumen dari pihak RANS untuk melakukan proses IPO.

"Artinya apa? Penyerahan dokumen belum kita terima," kata dia saat ditemui di Pacific Place, Kamis (2/2/2023).

Menurut ia, pihak BEI akan melakukan dua hal bagi perusahaan yang akan melakukan IPO. 

BEI akan berkunjung ke perusahaan yang akan IPO karena mendapatkan undangan dan menjadi bagian dari evaluasi.

"Kita bursa melakukan visit dengan perusahaan ada dua hal karena kita diundang dan kedua bagian dari evaluasi," kata Nyoman.

Dia menjelaskan, BEI akan melakukan visit sebagai bagian dari evaluasi apabila dokumen sudah disampaikan dan sudah memenuhi ketentuan alias layak.

"Kita di bursa akan melakukan visit sebagai bagian dari evaluasi pada saat dokumen sudah disampaikan dan sudah layak," kata dia.

2 dari 3 halaman

Ingin IPO, Raffi Ahmad Ingin RANS Punya Rapor Hijau

Di lain kesempatan, Founder RANS Entertainment, Raffi Ahmad memastikan perusahaan memiliki rapor hijau sebelum debut di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Raffi menuturkan, hal itu sekaligus untuk meyakinkan investor RANS Entertainment bukan hanya soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, tetapi perusahaan tersebut telah menjelma menjadi korporasi dengan lini bisnis yang menggurita.

"Jadi ini menuju IPO kita kuatkan kaki-kaki (bisnis) kita. Jadi orang lihatnya RANS bukan hanya soal Raffi dan Nagita. Tidak harus depend on us. Kita buat bisnis yang secara buku juga biar hijau semua," kata Raffi Ahmad dalam Konferensi Pers di Alila SCBD, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Sayangnya, baik Raffi maupun Nagita enggan berkomentar saat dicecar kapan perusahaan akan gelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) tahun ini. Keduanya menegaskan yang diupayakan saat ini adalah membangun infrastruktur dan memantapkan lini bisnis agar dapat memberikan nilai tambah lebih di kemudian hari.

"Doain saja. Pokoknya pasti mantep. Waktunya belum tahu, kita cari momen yang tepat. Kita sedang persiapan supaya kakinya semakin kuat," imbuh Raffi.

Asal tahu saja, Raffi Ahmad menyebut saat ini RANS memiliki valuasi sekitar Rp 3 triliun. Angka tersebut merupakan perhitungan dari pihak lain yang berpotensi bergabung dengan RANS.

"RANS itu sekarang value nya sudah Rp 3 triliun, valuasi nya bukan duitnya," kata Raffi dalam kanal YouTube Noice, ditulis Sabtu, 28 Januari 2023. 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Berawal dari Garasi

Raffi menceritakan, RANS Entertainment awalnya hanya dikendalikan oleh tiga orang dan beroperasi di garasi alias belum memiliki kantor sendiri.

"Jadi RANS ini dari cuma di garasi doang, cuma tiga orang sekarang hampir Rp 3 triliun valuasi nya, bukan duitnya," kata dia.

Sosok ayah Rafathar ini mengatakan, pada dasarnya setiap perusahaan memiliki cara masing-masing untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Salah satu cara perusahaan untuk berkembang adalah melalui IPO di pasar modal, sebab dengan IPO perusahaan akan mendapatkan dana segar dari masyarakat untuk ekspansi.

"Alhamdulillah guys RANS mau menuju IPO, RANS itu bayangin dari garasi doang. Siapa yang enggak pengen go to market, to publik, IPO enggak IPO semua punya jalan masing-masing," kata Raffi.

Raffi menegaskan, perhitungan valuasi Rp 3 triliun tidak dilakukan oleh pihak RANS sendiri. Namun, ada beberapa pihak yang akan masuk ke RANS sekaligus menaksir valuasi perusahaan tersebut.

"Kemarin ada beberapa yang sudah masuk ke kita dengan value segitu," kata dia.

 

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Rans Entertainment merupakan salah satu perusahaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

    Rans Entertainment

  • IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering.

    IPO