Sukses

Silicon Valley Bank Bangkrut, Investor Berburu Emas dan Obligasi

Investor berburu obligasi dan emas di tengah rencana pemerintah Amerika Serikat (AS) mendukung sistem perbankan dan batasi dampak dari keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB).

Liputan6.com, Jakarta - Investor berbondong-bondong beralih ke aset safe haven seperti treasury dan emas pada Senin di tengah rencana luar biasa untuk mendukung sistem perbankan dan membatasi dampak dari keruntuhan Silicon Valley Bank.

Melansir CNBC, ditulis Rabu (15/3/2023), hasil benchmark treasury 10-tahun turun hampir 20 basis poin menjadi 3,50 persen, menyentuh level terendah sejak 3 Februari. Tingkat 10 tahun terakhir diperdagangkan sekitar 3,54 persen.

Hasil pada treasury 2 tahun jatuh lebih dari 40 basis poin menjadi 4,16 persen, juga terendah dalam lebih dari lima minggu. Hasil bergerak terbalik dengan harga dan satu basis poin sama dengan 0,01 persen. ETF Obligasi Negara iShares 20+ melonjak 3 persen.

Sementara itu, harga emas mencapai level tertinggi sejak awal Februari di USD 1.893,96. Emas berjangka AS naik 1,2 persen menjadi USD 1.889,40, sedangkan SPDR Gold Trust naik hampir 2 persen.  

Investor cenderung beralih ke logam selama guncangan keuangan. Terlebih lagi, suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas tanpa hasil.

Investor mencari keamanan karena regulator perbankan bergegas untuk mendukung deposan dengan uang di Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank yang sekarang hancur, berusaha meredakan ketakutan penularan sistemik.  

Deposan di kedua institusi yang gagal akan memiliki akses penuh ke simpanan mereka sebagai bagian dari beberapa langkah yang disetujui pejabat selama akhir pekan.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saham First Republic Bank Memimpin Koreksi

"Kecemasan tentang apa yang mungkin menjadi 'sepatu berikutnya jatuh' menyebar ke seluruh pasar seperti api. Kami terus percaya itu sementara kami belum keluar dari hutan," kata kepala strategi investasi di Oppenheimer Asset Management, John Stoltzfus.

Saham berjangka awalnya dibuka lebih tinggi pada Minggu malam karena rencana pemerintah, tetapi sejak itu telah bergulir. Kekhawatiran tentang kesehatan bank regional yang lebih kecil semakin dalam setelah regulator menutup lembaga kedua pada Minggu.  

Selain itu, First Republic Bank memimpin penurunan saham bank pada Senin setelah mengatakan pada Minggu telah menerima tambahan likuiditas dari bank sentral AS (Federal Reserve) dan JPMorgan Chase.

Saham First Republic San Francisco merosot 70 persen dalam perdagangan premarket Senin setelah turun 33 persen minggu lalu. PacWest Bancorp turun 37 persen, dan Western Alliance Bancorp anjlok 29 persen di premarket. Zions Bancorporation turun 11 persen, sementara KeyCorp turun 10 persen. Runtuhnya SVB menandai kegagalan perbankan AS terbesar sejak krisis keuangan 2008 dan terbesar kedua yang pernah ada.  

Meski demikian, HSBC pada Senin mengumumkan kesepakatan untuk membeli anak perusahaan Inggris dari pemberi pinjaman startup teknologi AS yang gagal setelah pembicaraan sepanjang malam.

3 dari 4 halaman

Tim Mayopoulos Diangkat Jadi CEO Silicon Valley Bank

Sebelumnya, Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) menunjuk mantan kepala Fannie Mae Tim Mayopoulos sebagai Chief Executive Officer (CEO) Silicon Valley Bank, anak perusahaan dari SVB Financial Group yang sudah tidak beroperasi.

Melansir Yahoo Finance, ditulis Rabu (15/3/2023), dia melangkah masuk setelah regulator menutup pemberi pinjaman yang berfokus pada startup pada Jumat setelah kehabisan simpanan yang membuatnya kekurangan modal.

Mayopoulos menjabat sebagai kepala eksekutif pemodal hipotek Fannie Mae selama lebih dari enam tahun sebelum bergabung dengan fintech Blend.

Runtuhnya SVB, bank terbesar yang gagal sejak krisis keuangan pada 2008, telah melumpuhkan saham dan memicu kekhawatiran akan penularan di seluruh pasar global.

Pekan lalu, bank gagal meningkatkan modal untuk menutup kerugian USD 1,8 miliar atau Rp 27,70 triliun (asumsi kurs Rp 15.391 per dolar AS) dari penjualan portofolio sekuritas tersedia untuk dijual senilai USD 21 miliar yang memicu arus keluar deposit besar-besaran.

Regulator juga telah mentransfer semua simpanan baik yang diasuransikan maupun yang tidak diasuransikan dan secara substansial semua aset bank ke bank perantara yang baru dibuat.

4 dari 4 halaman

Silicon Valley Bank Bangkrut, Karyawan Marah terhadap CEO Greg Becker

Sebelumnya, permainan menyalahkan siapa yang menyebabkan keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB) dan sektor teknologi menuding CEO SVB Greg Becker karena membiarkan perusahaannya kolaps dalam sejarah sebagai kegagalan perbankan Amerika Serikat (AS) terbesar kedua dalam catatan.

Melansir CNN, Rabu (15/3/2023), seorang karyawan Silicon Valley Bank, yang meminta identitasnya dirahasiakan untuk berbicara terus terang, ia tercengang oleh bagaimana Greg Becker secara terbuka mengakui sejauh mana masalah keuangan bank sebelum secara pribadi mengatur dukungan keuangan yang diperlukan untuk keluar dari badai.

Ini mengatur panggung untuk kepanikan yang terjadi saat pelanggan berebut untuk menarik uang mereka.

 "Itu benar-benar bodoh," kata karyawan yang bekerja di sisi manajemen aset Silicon Valley Bank itu kepada CNN dalam sebuah wawancara.

"Mereka sangat transparan. Ini kebalikan dari apa yang biasanya Anda lihat dalam sebuah skandal. Tapi transparansi dan kejujuran mereka berhasil," kata dia.

Becker dan tim kepemimpinannya mengungkapkan Rabu 8 Maret 2023 sebuah harapan (namun tidak ada komitmen pasti) untuk meningkatkan modal sebesar USD 2,25 miliar atau Rp 34,66 triliun (asumsi kurs Rp 15.408 per dolar AS) serta penjualan aset sebesar USD 21 miliar yang memicu kerugian sebesar USD 1,8 miliar.

Berita itu memicu gelombang ketakutan di Silicon Valley, di mana bank berfungsi sebagai pemberi pinjaman utama untuk perusahaan rintisan teknologi. Banyak dari mereka panik, menarik USD 42 miliar Kamis lalu saja ketika saham Silicon Valley Bank anjlok 60 persen, menurut pengajuan oleh regulator California.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.