Sukses

Bukalapak Masih Kejar EBITDA Positif meski Kantongi Laba Rp 1,9 Triliun pada 2022

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) mencatat pendapatan naik 94 persen menjadi Rp 3,62 triliun dan laba Rp 1,98 triliun paad 2022.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menunjukkan kinerja keuangan yang solid sepanjang 2022. Baik secara full year maupun secara kuartalan. Pendapatan Bukalapak pada kuartal IV 2022 tumbuh 97 persen YoY menjadi Rp 1,03 triliun, sementara pendapatan Bukalapak pada 2022 meningkat 94 persen YoY menjadi Rp 3,62 triliun.

Total Processing Value (TPV) selama kuartal IV 2022 tumbuh 20 persen menjadi Rp 41,8 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY). Sebanyak 75 persen TPV Perseroan berasal dari luar daerah Tier 1 di Indonesia, di mana penetrasi all-commerce dan tren digitalisasi warung serta toko ritel tradisional terus menunjukan pertumbuhan yang kuat.

"Perseroan memiliki komitmen untuk fokus pada strategi agar dapat mencapai pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan, diiringi dengan pengelolaan beban yang baik," kata Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Bukalapak, Teddy Oetomo dalam keterangan resmi, Selasa (28/3/2023).

Pada periode full year 2022, rasio beban umum dan administrasi (tidak termasuk kompensasi berbasis saham) terhadap TPV membaik menjadi 0,9 persen dibandingkan dengan 1,1 persen pada tahun sebelumnya. Margin kontribusi Bukalapak, yang dihitung sebagai laba kotor dikurangi beban penjualan dan pemasaran terhadap TPV, menunjukkan peningkatan dari -0,1 persen pada kuartal IV 2021 menjadi 0,2 persen terhadap TPV pada kuartal IV 2022.

"Manajemen perseroan berhasil membukukan pertumbuhan margin kontribusi positif di kuartal ini. Margin kontribusi Marketplace Bukalapak terhadap TPV Marketplace meningkat dari 0,3 persen di kuartal IV 2021 menjadi 0,6 persen di kuartal IV 2022, sementara margin kontribusi Mitra terhadap TPV Mitra membaik dari -0,5 persen di kuartal IV 2021 menjadi -0,3 persen di kuartal IV 2022,” beber Teddy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Modal yang Kuat

Bukalapak membukukan adjusted Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (adjusted EBITDA atau EBITDA yang disesuaikan) sebesar -Rp 235 miliar pada kuartal IV 2022. Di mana rasio adjusted EBITDA terhadap TPV menunjukkan peningkatan dari -1,1 persen di kuartal IV 2021 menjadi -0,6 persen di kuartal IV 2022.

Selanjutnya, Bukalapak membukukan laba operasional sebesar Rp 1,76 triliun pada 2022, atau mengalami peningkatan sebesar 203 persen dari rugi operasional sebesar Rp 1,71 triliun pada 2021, terutama disebabkan oleh laba nilai investasi marked-to-market dari PT Allo Bank Tbk.

Oleh karena itu, Perseroan juga mencatat laba bersih sebesar Rp 1,98 triliun pada 2022, atau meningkat 218 persen dari rugi bersih sebesar Rp 1,68 triliun pada 2021.

"Meskipun Perseroan telah mencatat laba bersih pada 2022, Perseroan tetap memiliki fokus pada kinerja operasional Perseroan. Oleh karena itu, manajemen Perseroan tetap menggunakan adjusted EBITDA sebagai indikator kinerja Perseroan,” kata Teddy.

Dengan peningkatan efisiensi yang diiringi oleh pertumbuhan yang kuat, Bukalapak juga memiliki permodalan yang kuat dengan posisi kas Perseroan, termasuk dengan investasi lancar seperti obligasi pemerintah dan reksadana sebesar Rp 20,3 triliun pada akhir kuartal IV 2022. Dengan rata-rata pendapatan bunga per kuartal dan meningkatnya EBITDA per kuartal, Bukalapak memiliki cash runway untuk lebih dari 50 tahun.

3 dari 4 halaman

Bukalapak Fasilitasi Pembelian Kelas Pelatihan Kartu Prakerja Skema Normal

Sebelumnya, PT Bukalapak.com (BUKA) sebagai salah satu mitra digital platform Kartu Prakerja, siap memfasilitasi pembelian kelas-kelas pelatihan kartu prakerja skema normal atau yang dilaksanakan secara daring, luring, maupun bauran.

Bekerja sama dengan berbagai Lembaga Pelatihan (LP), Bukalapak akan menyediakan akses ke lebih dari 600 kelas pelatihan bagi para Sobat Prakerja melalui platform marketplace Bukalapak.

CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak, Victor Lesmana mengaku cukup antusias untuk kembali memfasilitasi proses pembelian berbagai kelas pelatihan Kartu Prakerja tahun ini. Selain siap mendukung misi program Kartu Prakerja untuk peningkatan kompetensi dan skill para peserta demi tujuan karier dan pencapaian individu, perseroan juga berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan para LP dalam menggelar pelatihan gratis bagi masyarakat umum serta alumni Kartu Prakerja.

"Hal ini juga sejalan dengan misi Bukalapak dalam menciptakan dampak positif serta kesempatan yang sama bagi semua lapisan masyarakat lewat kekuatan teknologi,” ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (28/2/2023).

Sepanjang 2022, Bukalapak memfasilitasi proses pembelian kelas pelatihan Kartu Prakerja dari berbagai LP dengan jumlah transaksi yang terus meningkat. Selain itu, Bukalapak juga memberikan kelebihan ekstra berupa Kompetisi Prakerja yang diikuti Sobat Prakerja dengan hadiah pulsa dan modal usaha.

4 dari 4 halaman

Manfaat Transaksi di Bukalapak

"Kartu Prakerja akan terus membantu masyarakat mengembangkan kapasitas diri untuk meraih masa depan. Kelas-kelas pelatihan akan semakin menyesuaikan dengan permintaan tenaga kerja. Kolaborasi kami dengan para LP dan mitra platform digital, seperti Bukalapak yang sudah populer berperan besar untuk mewujudkannya,” kata Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem PMO Kartu Prakerja, Kurniasih Suditomo.

Pada tahun ini, para Sobat Prakerja yang melakukan transaksi pembelian kelas-kelas pelatihan melalui Bukalapak juga dapat kembali mengikuti Kompetisi Prakerja berhadiah ratusan juta rupiah.

Manfaat lain yang dapat dinikmati oleh para Sobat Prakerja di Bukalapak di antaranya pilihan-pilihan kelas yang makin bervariasi dengan jumlah kelas lebih dari 600, jangkauan kelas pelatihan yang luas di seluruh Indonesia, kelas-kelas gratis, hingga kegiatan-kegiatan pendampingan alumni. Untuk informasi lengkap seputar program Kartu Prakerja di Bukalapak, Sobat Prakerja dapat mengunjungi https://www.bukalapak.com/kartu-prakerja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.