Sukses

Meneropong Prospek Saham UNVR, Masih Cerah?

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) catat penurunan penjualan dan laba pada kuartal I 2023. Namun, saham UNVR masih cenderung menguat sepekan terakhir. Bagaimana rekomendasi saham UNVR oleh analis?

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menguat 4,76 persen pada sepekan terakhir. Analis Jasa Utama Capital Sekuritas, Cheril Tanuwijaya menilai prospek saham UNVR masih cerah, ini mengingat konsumsi masyarakat berpotensi meningkat di tengah masa kampanye politik.

"Kinerja UNVR pada kuartal I 2023, menunjukkan perbaikan marjin meskipun masih dibawah level pre pandemi. Progress perbaikan ini didukung oleh stabilisasi harga komoditas yang berpengaruh pada biaya produksi yang rendah, efisiensi dan kenaikan penjualan di produk premium," kata Cheril kepada Liputan6.com, ditulis Senin (1/5/2023).

Dia melihat, pada semester II 2023, Indonesia akan memasuki masa kampanye di mana perputaran uang dan konsumsi berpotensi meningkat meskipun risiko lain adalah ketatnya persaingan Unilever dengan kompetitor. 

Dengan demikian, Cheril merekomendasikan beli saham UNVR dengan target harga Rp 4.700 per saham. 

"Sehingga, rekomendasinya buy TP 4700. Secara valuasi juga saat ini murah karena berada di kisaran -1,8 standar deviasi untuk 5 tahun PER," kata dia.

Sejalan dengan Cheril, Analis RHB Sekuritas Indonesia Vanessa Karmajaya merekomendasikan beli saham UNVR dengan target harga Rp 4.700 per saham. 

"Kami melihat pengurangan stok perdagangan Unilever Indonesia strategi terbayar karena berbagai inisiatifnya mulai membuahkan hasil (misalnya penurunan volume yang lebih lembut, ekspansi margin kotor, dan peningkatan pangsa pasar)," kata Vanessa.

Selain itu, RHB Sekuritas mencatat UNVR memiliki mulai memperoleh keuntungan dari harga komoditas yang lebih rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Saham Unilever

Analis Bahana Sekuritas Christine Natasya mengatakan, pihaknya tetap optimis untuk 2023, karena UNVR terus mengelola tingkat persediaan yang sehat setelah menyelesaikan pengurangan stok perdagangan pada kuartal I 2023. 

"Itu perusahaan akan terus fokus pada premiumisasi, karena produk premium ditawarkan margin yang lebih tinggi, dan akan sangat selektif dalam mendistribusikan segment value," kata Christine.

Bagi para investor, Christine merekomendasikan hold untuk saham UNVR. Ia juga menargetkan harga saham UNVR di level Rp 4.100 per saham.

Perseroan mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 10,60 triliun atau turun 2,12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 10,83 triliun.

Mengutip laporan keuangan Unilever Indonesia, Rabu, 19 April 2023, hingga akhir Maret 2023 perseroan membukukan laba Rp 1,40 triliun atau turun 30,69 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 2,02 triliun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Inflasi Terkendali, Unilever Indonesia Pastikan Harga Produk Tetap Terjangkau

Sebelumnya, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) terus memantau perkembangan inflasi beserta dampak terhadap kelangsungan bisnis perseroan.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti mengaku, tingkat inflasi Indonesia pada 2022 cukup tinggi. Namun, tingkat inflasi nasional sudah mulai menurun ketika memasuki kuartal I 2023, sehingga cukup melegakan bagi para pelaku industri.

"Berdasarkan data dari pemerintah, inflasi Indonesia pada tahun ini akan berkisar 3 sampai 4 persenan. Tingkat inflasi ini cukup managable bagi kami," ungkap dia dalam konferensi pers, Rabu (19/04/2023).

Dia memastikan harga produk-produk Unilever akan tetap terjangkau bagi konsumen sekaligus tetap kompetitif dibandingkan produk kompetitor. Dalam hal ini, produk-produk Unilever tidak terlalu mahal bagi konsumen, tapi tidak terlampau murah juga.

Unilever pun selalu berhati-hati dalam menerapkan kebijakan penyesuaian harga di pasar. Ini mengingat kebijakan harga produk selalu didasari oleh kemampuan daya beli masyarakat.

Sebagai informasi, Unilever Indonesia mengumumkan laporan kinerja keuangan pada kuartal I 2023. Perseroan mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 10,60 triliun atau turun 2,12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 10,83 triliun.

Hingga akhir Maret 2023 perseroan membukukan laba Rp 1,40 triliun atau turun 30,69 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 2,02 triliun.

 

4 dari 4 halaman

Cuan dari Pesta Politik

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencermati efek pesta politik terhadap bisnis konsumer. Sebagaimana diketahui, pemilihan umum (pemilu) akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti meyakini pemilu akan memberikan dampak positif terhadap industri barang konsumer di Indonesia. Ini mengingat secara historis tren konsumsi masyarakat rumah tangga cenderung meningkat saat tahun pemilu.

"Kami percaya kalau dilihat ke belakang saat tahun pemilu ada kebaikan konsumsi masyarakat. Karena directing money naik," kata Ira dalam konferensi pers, Rabu (19/4/2023).

Ira memperkirakan kenaikan konsumsi akan terjadi pada kuartal IV 2023. Tren kenaikan tersebut akan semakin terasa saat memasuki kuartal I 2024.

Lantas, keberadaan pemilu akan memberikan peluang bisnis yang menjanjikan bagi perusahaan konsumer seperti Unilever. Terlebih lagi, Unilever memiliki produk yang menjadi pemimpin pasar di segmennya masing-masing.

"Kami memiliki produk yang digunakan oleh masyarakat mulai dari ujung kepala sampai kaki," kata dia.

Unilever memiliki berbagai produk perawatan diri seperti mulai dari sampo merek Clear dan Sunsilk, pasta gigi Pepsodent, sabun Lifebuoy dan Lux, produk body care Glow & Lovely, Citra, Ponds, Rexona, dan lain-lain.

Selain itu, Unilever juga memiliki produk bahan makanan seperti kecap Bango, bumbu masakan Royco, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Unilever juga dikenal dengan merek es krim Walls. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.