Sukses

Saham Alibaba Naik 3% Usai Regulator China Denda Grup Ant

Penawaran umum perdana Ant Group dihentikan pada akhir 2020 karena tidak memenuhi persyaratan pencatatan.

Liputan6.com, Jakarta - Saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong naik 3 persen pada Senin waktu setempat di tengah harapan pengawasan selama bertahun-tahun dari cabang keuangan Grup Ant akan segera berakhir.

Pada hari Jumat, regulator China mengeluarkan denda USD 985 juta untuk Ant Group. Hal itu menandai akhir dari tindakan keras Beijing terhadap perusahaan teknologi domestiknya.

Penawaran umum perdana Ant Group dihentikan pada akhir 2020 karena tidak memenuhi persyaratan pencatatan. Alibaba terkena denda antitrust USD 2,8 miliar pada 2021 sementara raksasa pengiriman makanan Meituan didenda 3,44 miliar yuan karena melanggar peraturan antimonopoli pada tahun yang sama. Raksasa ride-hailing Didi dikenai denda 8,02 miliar yuan pada 2022 karena melanggar peraturan keamanan data.

Sementara itu, regulator China pada hari Jumat mengatakan sebagian besar masalah luar biasa yang terkait dengan bisnis keuangan perusahaan platform telah diselesaikan dan industri teknologi dalam negeri akan melihat “pengawasan yang dinormalisasi”.

Sementara itu, pada bulan Maret, Alibaba mengumumkan restrukturisasi besar-besaran pada bisnisnya, yang menurut beberapa analis dapat menandakan pemerintah China dapat melonggarkan cengkeramannya pada industri teknologi dalam negeri.

“Namun, regulator juga telah menekankan perlunya peraturan tambahan yang lebih luas di seluruh industri untuk secara efektif mengatur seluruh sektor,” kata analis ekuitas di LightStream Research Kumarasiri dalam sebuah laporan yang diterbitkan di platform penelitian Smartkarma seperti dilansir CNBC, Selasa, (11/7/2023).

“Hal ini menunjukkan bahwa optimisme mengenai berakhirnya pengawasan peraturan mungkin terlalu dini, karena peraturan baru yang lebih luas bisa sama ketatnya,” kata Kumarasiri.

 

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Alibaba Terancam Dibatasi

Ronald Wan, ketua non-eksekutif Partners Financial Holdings, mengatakan kepada “Street Signs Asia” CNBC bahwa tingkat pertumbuhan Alibaba dan Ant Group akan “dibatasi secara signifikan di masa depan”.

“Meskipun kami telah melihat kabar baik dari penyelesaian perselisihan di bidang regulasi, itu berarti, di masa depan, Ant Group dapat beroperasi seperti bank milik negara di China,” kata Wan.

Shawn Yang sebagai direktur pelaksana Blue Lotus Research Institute bersikap optimis terhadap Alibaba menyusul denda Ant Group.

“Kami menghitung bahwa Ant Group akan bernilai USD 89 miliar~ di mana saham Alibaba adalah USD 29,4 miliar~ mengingat 33 persen kepemilikan mereka di Ant Group. Kami menyarankan penilaian seperti itu menyajikan keuntungan dari konsensus,” kata Yang, mengacu pada penilaian Bloomberg terhadap Ant Group hanya USD 22 miliar hingga USD 57 miliar.

 

 

3 dari 3 halaman

Buyback Saham

“Dalam pandangan kami, kisaran penilaian Bloomberg terlalu rendah karena Ant Group sebanding dengan PayPal. Dengan berakhirnya peraturan yang berlebihan pada Ant Group, kami menyarankan agar itu dapat dinilai dengan kelipatan yang lebih mirip dengan PayPal, yang menunjukkan kenaikan dari penilaian Bloomberg,” kata Yang.

Pada Sabtu, Ant Group mengumumkan pembelian kembali saham yang menghargai perusahaan tersebut sebesar USD 78,53 miliar, menurut media pemerintah CGTN. Ini lebih rendah dari valuasi Ant sebesar USD 315 miliar saat mencoba mendaftar pada 2020.

Kumarasiri mengatakan bahwa pembelian kembali tersebut “menimbulkan pertanyaan, terutama jika perusahaan memiliki rencana IPO dalam waktu dekat”.

“Justifikasi perusahaan untuk pembelian kembali, yang mencakup penyediaan likuiditas kepada investor yang ada dan menarik atau mempertahankan individu berbakat melalui insentif karyawan, tampaknya tidak diperlukan jika IPO sudah dekat.”