Sukses

Saham GOTO dan TOTO Kompak Lesu pada Jumat 4 Agustus 2023

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) susut 0,92 persen dan TOTO melemah 0,86 persen pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan saham PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO) kompak merah pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat 4 Agustus 2023. Dalam sepekan, saham TOTO dan GOTO  juga sama-sama mengalami koreksi.

Melansir data RTI, saham GOTO ditutup pada posisi 108, turun 0,92 persen dari penutupan sebelumnya. Saham GOTO hari ini dibuka pada posisi 108 dan sempat naik mencapai posisi 110 sebelum berbalik arah ke zona merah dan menyentuh posisi terendahnya hari ini di level 107. Frekuensi perdagangan hari ini tercatat sebanyak 13.981 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 1,22 miliar lembar saham senilai Rp 132,14 miliar.

Dalam sepekan, harga saham GOTO terkoreksi 2,70 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, harga saham GOTO terkoreksi 67,27 persen.

 

Informasi terakhir yang mengenai GOTO yang disampaikan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah terkait perubahan pemegang saham tertentu.

William Tanuwijaya selaku Komisaris GoTo Gojek Tokopedia, melakukan perpindahan 132.220.000 lembar saham dari satu rekening penyimpanan efek ke rekening penyimpanan efek lainnya tanpa menyebabkan perubahan kepemilikan efektif melalui rekening atas nama Bank of Singapore Limited.

Dalam proses tersebut telah dipindahkan sejumlah 132.220.000 Saham Seri A atau sebesar 0,01 persen dari modal disetor PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Dengan demikian, setelah proses ini dilakukan jumlah saham seri A dan seri B yang secara langsung dan tidak langsung yang dimiliki adalah tetap.

Rinciannya, sebesar 20.981.678.973 Saham seri A dan seri B atau setara dengan 1,77 persen yang terdiri dari kepemilikan langsung sejumlah 20.849.458.973 saham seri A dan seri B. Serta kepemilikan tidak langsung, sejumlah 132.220.000 saham seri A.

Gerak Saham TOTO

Serupa, saham TOTO ditutup turun 0,86 persen ke posisi 230 pada perdagangan hari ini. Saham TOTO dibuka pad aposisi 232 dan bergerak pada rentang 228-232. Frekuensi perdagangan saham TOTO tercatat sebanyak 200 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 1,1 juta lembar senilai Rp 252,48 juta.

Dalam sepekan, harga saham TOTO turun 1,71 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, harga saham TOTO turun 14,81 persen.

Adapun informasi terakhir mengenai TOTO yang disampaikan dalam keterbukaan informasi Bursa adalah terkait laporan keuangan perseroan untuk paruh pertama tahun ini. Pada periode tersebut, perseroan membukukan pendapatan Rp 986,49 miliar atau turun 5,33 persen yoy. Bersamaan dengan itu, laba periode berjalan hingga 30 Juni 2023 susut 19,26 persn yoy menjadi Rp 125,51 miliar.

 

 

2 dari 3 halaman

Patrick Walujo Resmi Jadi Direktur Utama GoTo Gojek Tokopedia

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memutuskan merombak jajaran dewan komisaris maupun direksi. Salah satunya secara resmi mengangkat Patrick Walujo menjadi Direktur Utama GOTO dan Agus D. W. Martowardojo menjadi Komisaris Utama GOTO.

Hal itu telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) serta Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). GoTo Gojek Tokopedia pun mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat guna meningkatkan tata kelola perseroan serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis dalam percepatan langkahnya menuju profitabilitas.

Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur dengan terselenggaranya RUPST dan RUPSLB ini, dan berterima kasih atas dukungan dan persetujuan pemegang saham terhadap seluruh agenda yang diajukan. 

"GoTo akan terus berkembang dengan memperhatikan sepenuhnya kebutuhan para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem kami. Kami berkomitmen untuk terus menjadi penyedia on-demand services, e-commerce, dan financial technology terkemuka di Indonesia," kata Koesoemohadiani dalam keterangan resminya, Jumat (30/6/2023).

Seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang memerlukan persetujuan pemegang saham telah disetujui, termasuk Laporan Tahunan Perseroan tahun 2022, dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian Perseroan dan entitas anak untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022.

Pemegang saham juga telah menyetujui mata acara RUPSLB yaitu penambahan anggota Direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B.

 

 

3 dari 3 halaman

Perubahan Susunan Dewan Komisaris dan Direksi

Sehubungan dengan pengawasan dan pengurusan Perseroan, RUPST juga telah memutuskan beberapa perubahan dalam susunan dewan komisaris dan direksi Perseroan, di antaranya menerima pengunduran Andre Soelistyo dari jabatannya sebagai Direktur Utama Perseroan dan kemudian menunjuk Andre Soelistyo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan. 

Selain itu, menerima pengalihan tugas dan wewenang Garibaldi Thohir yang semula sebagai Komisaris Utama Perseroan menjadi Komisaris Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

Lalu, menerima pengalihan tugas dan wewenang Agus D. W. Martowardojo yang semula sebagai Komisaris Perseroan menjadi Komisaris Utama Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

 

Video Terkini