Sukses

Intip Gerak Saham MUTU, HUMI, dan LMAX pada Perdagangan Perdana, Rabu 9 Agustus 2023

PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU), PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) dan PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX) catat saham perdana 9 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi kedatangan tiga emiten baru pada hari ini, Rabu 9 Agustus 2023. Tiga emiten baru tersebut antara lain, PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU), PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI), dan PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk (LMAX). Masing-masing akan menjadi perusahaan tercatat ke 60, 61, dan 62 di Bursa pada tahun ini.

Pada perdagangan perdananya, MUTU dan HUMI kompak berada di zona hijau. Sementara LMAX harus rela mengarungi zona merah. Melansir data RTI, saham MUTU berhasil menyentuh auto reject atas (ARA) atau naik 34,26 persen ke posisi 145.

Hingga pukul 10.00 WIB, frekuensi perdagangan shama MUTU tercatat sebanyak 5.464 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 27,43 juta lembar senilai Rp 3,98 miliar.

Saham HUMI naik 1 persen ke posisi 101. Saham HUMI sempat menguat ke posisi 120, sesaat setelah perdagangan dibuka, dan semat bergerak pada titik terendahnya hari ini pada level 92. Frekuensi perdagangan tercatat sebanyak 23.914 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 347,63 juta lembar senilai Rp 35,94 miliar.

Sementara, saham LMAX jeblok 10 persen ke posisi 180, sesat setelah perdagangan dibuka. Frekuensi perdagangan saham LMAX terpatau sebanyak 1.121 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 3,38 juta lembar senilai Rp 610 juta.

Sebelumnya, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengapresiasi langkah perusahaan untuk menjadi perusahaan tercatat di Bursa. Namun ia menegaskan bahwa pertarungan yang sebenarnya bukanlah saat IPO, melainkan setelahnya. Di mana perusahaan telah menjadi publik, dan diawasi oleh banyak mata.

"Kami ingatkan, real battle terjadi saat perusahaan melalui post IPO. Karena pada fase ini, perusahaan akan memasuki arena publik. Diawasi oleh regulator, investor, dan ada stakeholder lain. Pada fase ini akan ada banyak tantangan, begitupun kesempatan. Perusahaan tercatat akan banyak ekspektasi dari multiple stakeholder," kata Nyoman dalam Seremoni Pencatatan Perdana Saham MUTU, HUMI, & saham LMAX, Rabu, 9 Agustus 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Investor

Dia menerangkan, hasil riset menunjukkan ada beberapa hal yang menjadi harapan dari investor kepada perusahaan, yang pertama adalah bagaimana menghasilkan financial performance yang solid dan sustainable growth, good governance implementation, adaptif terhadap perkembangan yang ada, termasuk melek teknologi. Kemudian kontribusi terhadap lingkungan dan sosial dan yang terpenting adalah mempromosikan investor protection.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT mutuagung Lestari Tbk, Arifin Lambaga berterima kasih atas kontribusi seluruh pihak yang terlibat dalam proses pencatatan saham MUTU.

"Momen ini juga merupakan milestone terpenting dan strategis. Menjadi penanda awal positif MUTU Internasional untuk terus tumbuh berkembang menjadi perusahaan jasa di bidang testing inspection certification terbesar di Indonesia dengan fokus bisnis dan pengembangan pada sektor green ekonomi, syariah ekonomi dan digital ekonomi yang sangat perspektif," kata dia.

Dana IPO yang diperoleh tentunya menjadi dukungan bagi kami untuk menangkap peluang yang lebih besar di industri, dan memberikan kesempatan bagi perseroan untuk mengeksekusi seluruh rencana bisnis MUTU secara optimal.

3 dari 4 halaman

Harapan Humpuss Maritim Internasional

Direktur Utama PT Humpuss Maritim Internasional Tbk, Tirta Hidayat menyampaikan apresiasi serupa kepada pihak yang membantu melancarkan proses IPO. Telah beroperasi selama puluhan tahun, Tirta menyatakan perusahaan telah turut menunjang sejumlah program besar pemerintah.

Di antaranya, yang pertama adalah program kelistrikan yang dilaksanakan oleh PLN. Kemudian distribusi BBM, dan pada PT Pelindo. Selain itu, proses IPO perseroan disebut juga menunjang program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim.

"Kami ikut mendukung program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dengan meningkatkan potensi kemaritiman di PT Humi, kami tentunya telah ikut menyumbang juga menjadikan Indonesia sebagai poros maritim internasional," kata Tirta.

4 dari 4 halaman

IPO Jadi Momen Bersejarah Lupromax Pelumas Indonesia

Sementara, Direktur Utama PT Lupromax Pelumas Indonesia Tbk, Kartiko Soemargono mengatakan IPO menjadi momen yang bersejarah dan monumental.

Menurut dia, momentum ini adalah fase perseroan tidak hanya bekerja untuk mencapai keberhasilan bagi perusahaan. Tapi juga bagi para pemegang saham dan seluruh pihak yang telah menunjukkan kepercayaan kepada perseroan.

"Kepada Para investor dan pemegang saham kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan anda kepercayaan Anda adalah kekuatan kami untuk terus berkembang dan berinovasi. Kami berjanji untuk terus melakukan yang terbaik demi memenuhi harapan anda," ujar Kartiko.

Dia mengakui, perjalanan ini tentu tidak mudah. Namun dengan kerja sama dan kepercayaan dari semua pihak, perseroan yakin bahwa perusahaan dapat berkembang dan memberikan nilai yang optimal untuk semua pemangku kepentingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.