Sukses

Perkuat Bisnis Kapal LNG, Anak Usaha Humpuss Maritim Bikin Perusahaan Patungan

Manajemen Humpuss Maritim Internasional menegaskan, perusahaan patungan ini akan fokus pada perluasan penyediaan awak kapal terutama kapal LNG.

Liputan6.com, Jakarta - PT MCS Internasional (MCSI) anak usaha PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) dan Mitsui OSK Lines Ltd. (MOL) mengumumkan pendirian perusahaan patungan baru yang akan membawa sinergi baru dalam industri penyediaan awak kapal khususnya LNG, PT McMOL Crewing International, 21 Agustus 2023.

"Dengan penggabungan sumber daya, pengetahuan, dan keahlian dari kedua perusahaan, tujuan utama dari perusahaan patungan ini adalah untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis," kata Direktur Utama Humpuss Maritim Internasional Tirta Hidayat dalam keterbukaan informasi, Senin (28/8/2023).

Dia bilang, perusahaan patungan ini akan berfokus pada perluasan penyediaan awak kapal khususnya kapal LNG kepada Grup MOL dan Grup HUMI dengan awak kapal yang berkualifikasi dan menjalankan semua aktivitas yang berkaitan dengan keagenan awak kapal LNG.

"Kami percaya bahwa pendekatan kolaboratif ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan kami, " kata dia.

Sementara itu, Direktur MCSI, Johan Novitrian mengatakan, pihaknya sangat antusias mengumumkan langkah penting ini dalam perjalanan bisnis MCSI.

“Kami yakin bahwa kombinasi pengalaman dari kedua tim akan membawa inovasi yang lebih besar dan kesempatan pertumbuhan yang tidak terbatas,” kata Johan. 

Menurut ia, kemitraan ini adalah langkah logis untuk menggabungkan kekuatan MCSI dan menciptakan dampak positif yang lebih besar. Dengan begitu, ia berharap dapat memberikan nilai yang signifikan bagi industri yang dilayaninya. 

“Kami akan terus memberikan informasi kepada publik mengenai perkembangan perusahaan patungan ini, serta inisiatif-inisiatif yang akan kami lakukan untuk memajukan industri pelayaran ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meneropong Prospek Bisnis Humpuss Maritim Internasional Usai Melantai di BEI

Sebelumnya, saham PT Humpuss Maritim Internasional Tbk resmi tercatat dan diperdagangkan di bursa sejak hari ini, Rabu 9 Agustus 2023.

Saham Humpuss Maritim Internasional diperdagangkan dengan kode HUMI. Selain untuk memperoleh alternatif sumber dana dari pasar modal, Direktur Utama PT Humpuss Maritim Internasional Tbk, Tirta Hidayat mengatakan masuknya HUMI di pasar modal juga untuk meningkatkan transparansi dan profesionalitas dalam melakukan tata kelola perusahaan. Beroperasi lebih dari 32 tahun, Tirta mengatakan perseroan turut menunjang sejumlah program besar pemerintah.

Di antaranya, yang pertama adalah program kelistrikan yang dilaksanakan oleh PLN. Kemudian distribusi BBM, dan telah lama menjadi mitra PT Pelindo. Selama ini operasional perusahaan tidak hanya di dalam negeri. Namun, juga bermitra dengan sejumlah perusahaan internasional.

Dia menuturkan, sudah 30 tahun lebih perusahaan berpartner dengan dua perusahaan besar di Jepang yaitu Mitsui O.S.K Lines (MOL) dan LNG Japan. Hal yang membanggakan, mengingat Jepang enggak gampang percaya sama anak bangsa.

"Jadi kami butuh 10 tahun untuk kapal-kapal itu bisa diawaki 100 persen orang Indonesia. Nah, mulai tahun depan mereka meminta kami tidak hanya menangani kapal-kapal mereka di Indonesia, tapi juga kapal-kapal mereka di luar negeri. yang kedua, kami baru saja melakukan kerja sama dengan CTI USA, penyuplai tenaga kerja untuk kapal-kapal pesiar di Amerika Utara dan Karibia," ujar Tirta.

 

3 dari 3 halaman

Target Perseroan

Saat ini, perseroan mengelola sekitar 1.600 kru. Dalam waktu lima tahun, jumlah itu akan ditingkatkan menjadi 10.000 kru. Suatu peningkatan yang luar biasa. Perusahaan saat ini juga sedang melakukan negosiasi juga dengan perusahaan lain di Amerika dan juga dengan Qatar

"Dengan ini saya ingin meyakinkan kepada investor.Ke depan itu saya sangat yakin kami sangat yakin bahwa company value dan fundamental kami akan meningkat sangat baik. Kalau ini terjadi, investasi pada saham HUMI juga akan meningkat," imbuh Tirta.

Perseroan menjalankan kegiatan usaha dalam bidang pengapalan LNG, minyak dan kimia dari terminal penjual ke terminal pembeli, dan didistribusikan ke pengguna akhir. Perseroan juga mengelola kapal dan menyediakan awa kapal serta pengembangan awak kapal melalui pusat pelatihan awak kapal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.