Sukses

Genjot Literasi Keuangan di Kalangan GenZ, Mandiri Sekuritas Gelar Young Investor Camp

Mandiri Sekuritas melalui ‘Young Investor Camp’ berharap akan mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di kalangan mahasiswa atau Gen Z.

Liputan6.com, Jakarta - PT Mandiri Sekuritas kembali bekerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dalam menyelenggarakan program literasi keuangan ‘Young Investor Camp’ untuk 75 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program ini merupakan pembinaan lanjutan dari Mandiri Sekuritas yang telah dimulai sejak bulan Maret lalu dan akan berlangsung hingga akhir 2024.

"Melalui ‘Young Investor Camp’, kami berharap akan mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di kalangan mahasiswa atau Gen Z," kata Head of Corporate Secretary and Communications Mandiri Sekuritas, Nadya Siregar dikutip Sabtu (20/7/2024).

‘Young Investor Camp’ bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan berinvestasi pasar modal yang lebih terstruktur dan terukur kepada para mahasiswa, sehingga mereka dapat memulai investasi dengan lebih percaya diri.

Menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), angka investor individu di pasar modal Indonesia masih terus meningkat. Per akhir Mei 2024, tercatat jumlah investor individu pasar modal sudah mencapai 12,9 juta atau naik 17% dari 11,06 juta pada periode sama 2023. Sebanyak 55,58% di antaranya didominasi oleh kalangan berusia di bawah 30 tahun.

"Dalam program ini, kami mengajarkan pengetahuan dan keterampilan berinvestasi di pasar modal dengan menggunakan teknologi digital MOST by Mandiri Sekuritas, sehingga mereka dapat menerapkan langsung ilmu yang diperoleh," imbuh Nadya.

Program ‘Young Investor Camp’ juga membangun investing mindset sejak dini, sehingga mereka bisa menikmati proses berinvestasi yang dapat mengantarkan mereka kepada kestabilan finansial jangka panjang serta mencapai berbagai tujuan masa depan.

Selain literasi keuangan, Mandiri Sekuritas yang telah bekerja sama dengan KSE sejak 2020 juga secara konsisten memberikan berbagai pelatihan soft skills dengan topik beragam, seperti Personal Branding, Leadership, Organizational Communications, dan Public Speaking. Selama 4 tahun bekerja sama dengan KSE, Mandiri Sekuritas juga telah memberikan beasiswa kepada 95 mahasiswa dari berbagai PTN dari berbagai provinsi di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandiri Sekuritas Tawarkan SBR013, Apa Untungnya?

Sebelumnya, PT Mandiri Sekuritas kembali dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI sebagai mitra distribusi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR013.

SBR013 ditawarkan dalam 2 tenor atau jangka waktu investasi. Pertama, SBR013-T2 dengan tenor 2 tahun yang akan jatuh tempo pada 10 Juli 2026 dan kupon yang ditawarkan 6,45 persen per tahun. Kedua, SBR013-T4 dengan tenor 4 tahun yang jatuh tempo pada dan kupon yang ditawarkan sebesar 6,6 persen per tahun.

Direktur Retail Mandiri Sekuritas, Theodora VN Manik mengatakan Mandiri Sekuritas berkomitmen untuk mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan, kali ini melalui penawaran SBR013. Kehadiran SBR013 ini memberikan pilihan bagi nasabah dalam melakukan diversifikasi instrumen dan memperkuat landasan investasi mereka karena produk ini dijamin oleh pemerintah.

"Dengan memiliki SBR013, nasabah dapat memperoleh manfaat investasi untuk mendukung kemapanan keuangan masa depan sekaligus berkontribusi langsung terhadap ekonomi nasional. Berinvestasi di SBR013 berarti mendukung pemerintah dalam pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta memperkuat dan memperluas basis investor di pasar modal Indonesia," kata Theodora, dikutip Jumat (14/6/2024).

SBR013 merupakan alternatif diversifikasi investasi yang aman, mudah, dan menguntungkan serta likuid karena dijamin oleh negara. Instrumen ini dapat dibeli melalui platform digital Mandiri Online Securities Trading (MOST) SBN atau sbn.most.co.id. Penawaran SBR013 dibuka sejak 10 Juni dan berakhir pada 4 Juli 2024.

"SBR013 menguntungkan karena imbal hasil yang menarik dengan kupon floating with floor membantu melindungi dari dampak inflasi," imbuh Theodora.

 

3 dari 3 halaman

Cara Beli SBR013

Investor dapat membeli kedua jenis SBR013 dengan mudah dan aman melalui platform MOST SBN, dengan investasi mulai dari Rp1 juta dan maksimum pemesanan sebesar Rp 5 miliar untuk SBR013-T2 dan Rp 10 miliar untuk SBR013-T4. Nababah dapat memilih kedua opsi SBN ini, menyesuaikan dengan tujuan keangan dan investasinya masing-masing.

Melalui platform MOST SBN, masyarakat dapat berinvestasi di SBR013 dengan empat langkah mudah. Yaitu melakukan registrasi daring di register.most.co.id, melakukan pemesanan SBN, melakukan pembayaran melalui Bank Persepsi, dan monitor transaksinya. Penawaran SBR013 dibuka pada 10 Juni pukul 09.00 WIB.

Pembayaran kupon pertama SBR013 akan dibayarkan pada tanggal 10 Agustus 2024 dan akan terus dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan hingga masa jatuh tempo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.