Sukses

IHSG Dibuka Terjun ke Zona Merah, Cek Pergerakannya di Sini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun tipis pada awal perdagangan, meskipun masih berada di atas level 7.300 poin.

Liputan6.com, Jakarta Pasar modal Indonesia mengawali hari Rabu (24/7) dengan sedikit koreksi. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun tipis pada awal perdagangan, meskipun masih berada di atas level 7.300 poin.

Pada pukul 09.00 WIB, IHSG merosot 8,48 poin atau 0,12% ke 7.304,19. Pergerakan ini mencerminkan sedikit keraguan investor di tengah berbagai sentimen global dan domestik.

Meskipun demikian, masih terdapat optimisme di pasar. Terlihat dari 108 saham yang mengalami kenaikan harga, sedangkan 68 saham lainnya mengalami penurunan. Sementara itu, 268 saham lainnya stagnan tanpa pergerakan harga.

Secara sektoral, tujuh sektor menunjukkan penguatan, dengan sektor infrastruktur memimpin kenaikan. Di sisi lain, empat sektor lainnya mengalami koreksi, dengan sektor pertambangan menjadi yang terburuk.

Pergerakan IHSG hari ini masih dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kebijakan moneter global, harga komoditas, dan kinerja emiten. Investor perlu mencermati berbagai informasi dan data ekonomi untuk dapat mengambil keputusan investasi yang tepat.

Prediksi IHSG

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melemah terbatas pada perdagangan saham Rabu (24/7/2024). IHSG akan bergerak di kisaran 7.220-7.360.

IHSG melemah 0,11 persen ke posisi 7.313 disertai dengan munculnya volume penjualan pada perdagangan Selasa, 23 Juli 2024.

Analis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana menuturkan, selama IHSG belum mampu break 7.354 sebagai resistance terdekatnya, saat ini posisi IHSG diperkirakan berada pada bagian awal dari wave 2 dari wave (3) sehingga  penguatan IHSG ini akan relatif pendek. “IHSG akan rawan terkoreksi kembali. Adapun area koreksi IHSG diperkirakan menguji ke rentang 7.026-7.199,” ujar dia.

Herditya menuturkan, IHSG akan berada di level support 7.207,7.099 dan level resistance 7.354,7.396 pada Rabu pekan ini.

Dalam riset PT Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan berdasarkan analisis teknikal, indeks saham berpotensi melemah terbatas dengan level support dan level resistance di 7.220-7.360.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi Saham

Untuk rekomendasi saham hari ini, PT Pilarmas Investindo Sekuritas memilih saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Bank Jago Tbk (ERAA), dan PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL).

Sedangkan Herditya memilih saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini