Sukses

Dorong Dekarbonisasi, BEI Selenggarakan Program IDX Net Zero Incubator

Program IDX Net Zero Incubator akan diselenggarakan pada bulan Agustus hingga November 2024. Program ini mendorong perusahaan tercatat untuk merencanakan upaya dekarbonisasi yang berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus aktif mendorong upaya penerapan dekarbonisasi di pasar modal Indonesia, salah satunya dengan menyelenggarakan program IDX Net Zero Incubator.

Program tersebut untuk mendorong perusahaan tercatat untuk merencanakan upaya dekarbonisasi yang berkualitas melalui edukasi serta asistensi dalam melakukan decarbonization journey.

BEI dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (27/7/2024) mengungkapkan bahwa Program IDX Net Zero Incubator merupakan kerja sama dengan beberapa knowledge partners dalam bentuk pelatihan yang terbagi dalam beberapa modul berkesinambungan, seperti pengenalan risiko perubahan iklim, penghitungan emisi, perencanaan target dekarbonisasi, dan climate reporting.

Program ini juga akan menyediakan alat bantu yang dapat digunakan untuk melakukan penghitungan emisi, sehingga diharapkan perusahaan tercatat dapat meningkatkan transparansi dan akurasi pelaporan emisi dalam laporan keberlanjutan, ungkap BEI.

Penawaran menarik lainnya, program ini tidak memungut biaya, dan akan diselenggarakan pada bulan Agustus hingga November 2024.

Adapun sertifikat untuk peserta yang mengikuti rangkaian program secara penuh.

Perusahaan tercatat yang berminat mengikuti program ini dapat melakukan pendaftaran melalui bit.ly/PendaftaranIDXNetZeroIncubator sebelum 31 Juli 2024.

BEI mencatat, data perdagangan saham ditutup bervariasi selama periode 22 sampai 26 Juli 2024.

Peningkatan tertinggi terjadi pada rata-rata volume transaksi harian sepekan sebesar 9,00% menjadi 17,972 miliar lembar saham dari 16,488 miliar lembar saham pada penutupan pekan sebelumnya.

Kapitalisasi pasar Bursa juga mengalami peningkatan, yaitu hingga 0,04% menjadi Rp12.362 triliun dari Rp12.358 triliun pada pekan sebelumnya.

Perubahan pun terjadi pada pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 0,09% pada posisi 7.288,167 dari 7.294,495 pada penutupan pekan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rata-rata Nilai Transaksi Harian Bursa

Adapun rata-rata nilai transaksi harian Bursa selama sepekan mengalami perubahan sebesar 11,41% menjadi Rp. 8,506 triliun dari Rp. 9,601 triliun pada pekan sebelumnya.

Transaksi frekuensi harian Bursa selama sepekan mengalami perubahan sebesar 0,92% menjadi 993 ribu kali dari pekan lalu sebanyak 1 juta kali transaksi.

Pergerakan investor asing hari ini mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp.366,69 miliar dan sepanjang tahun 2024 investor asing mencatat nilai jual bersih sebesar Rp. 2,46 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.