Sukses

Bumi Serpong Damai Bakal Akuisisi 91,99% Saham SMDM, Ini Alasannya

PT Bumi Serpong Damai Tbk menyatakan sedang negosiasi dengan Top Global Limited (TGL) atas rencana pengambilalihan PT Suryamas Dutamakmur Tbk (SMDM).

Liputan6.com, Jakarta - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) mengumumkan rencana pengambilalihan saham PT Suryamas Dutamakmur dari Top Global Limited (TGL) sebesar 91,99 persen.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Senin (5/8/2024), PT Bumi Serpong Damai Tbk menyatakan sedang dalam proses melaksanakan negosiasi dengan Top Global Limited (TGL) atas rencana pengambilalihan PT Suryamas Dutamakmur Tbk (SMDM). Bumi Serpong Damai akan membeli saham SMDM milik TGL sejumlah 91,99 persen dari total modal yang disetor dan ditempatkan dalam SMDM.

"Setelah penyelesaian transaksi pengambilalihan saham tersebut, Perseroan akan menjadi pengendali baru SMDM,” demikian dikutip dari keterbukaan informasi BEI.

Dalam keterbukaan informasi BEI, Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk Hermawan Wijaya menyampaikan, tujuan pengambilalihan saham SMDM sejalan dengan strategi Perseroan untuk menambah cadangan lahan di lokasi strategis, mendiversifikasi kehadian geografis dan penetrasi pasar.

Perseroan dan TGL telah menandatangani suatu perjanjian pembelian saham bersyarat sehubungan dengan rencana pengambilalihan pada 31 Juli 2024.

Jumlah saham SMDM milik TGL yang diambilalih sejumlah 4.390.121.595 saham atau setara 91,99 persen dari total modal yang disetor dan ditempatkan dalam SMDM. "Rencana pengambilalihan hanya dilakukan oleh satu pihak, yaitu Perseroan,” tulis dia.

Perseroan menyatakan pelaksanaan rencana pengambilalihan akan dilakukan dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku termasuk ketentuan di pasar modal.

Setelah penyelesaian rencana pengambilalihan, sebagai pengendali baru SMDM, Perseroan akan melaksanakan penawaran tender wajib sesuai dengan ketentuan dalam POJK Nomor 9/2018 untuk membeli sisa kepemilikan saham dalam SMDM. Hal ini dengan harga penawaran per saham yang paling tinggi antara harga rata-rata dari harga tertinggi perdagangan harian saham SMDM di BEI dalam jangka waktu 90 hari terakhir sebelum pengumuman negosiasi ini sehubungan dengan rencana pengambilalihan.

Kedua, harga pengambilalihan yang dibayarkan Perseroan kepada TGL untuk rencana pengambilalihan.

“Rencana pengambilalihan merupakan transaksi afiliasi sehingga Perseroan akan melaksanakan persyaratan dan prosedur serta melaksanakan keterbukaan informasi pada waktunya sesuai dengan ketentuan dalam POJK Nomor 42/POJK.04/2020 tentang transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan,”

Suspensi Saham SMDM

Seiring kabar tersebut, BEI pun suspensi atau hentikan sementara perdagangan saham SMDM pada 5 Agustus 2024. Suspensi saham SMDM dilakukan lantaran peningkatan harga yang signifikan sehingga memerlukan cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi investor.

Penghentian sementara perdagangan Saham PT Suryamas Dutamakmur Tbk. (SMDM) tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham PT Suryamas Dutamakmur Tbk. (SMDM).

“Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan,”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja Prapenjualan Semester I 2024

Sebelumnya, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) telah mengamankan 51 persen dari target prapenjualannya atau marketing sales dalam enam bulan pertama 2024.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI),ditulis Selasa (23/7/2024), PT Bumi Serpong Damai Tbk yang mencatat prapenjualan Rp 4,84 triliun, Perseroan menunjukkan kinerja positif menuju pencapaian target tahunan Rp 9,5 triliun. Prapenjualan itu naik 1 persen dari periode sama tahun sebelumnya Rp 4,79 triliun.

Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya menuturkan, kinerja penjualan yang kuat pada semester I 2024 mencerminkan keberhasilan efektifvitas strategi Perseroan, yang disertai dengan daya tarik Perseroan.

"Proyek unggulan kami, BSD City terus menjadi kontributor utama kesuksesan kami. Raihan angka penjualan kawasan residensial dan komersial mencerminkan respons positif dari konsumen,” kata dia seperti dikutip dari keterbukaan informasi BEI.

Selain itu, Bumi Serpong Damai berkomitmen untuk terus berkontribusi positif terhadap industri properti berkelanjutan di Indonesia. Berdasarkan lokasi, prapenjualan proyek-proyek di BSD City berkontribusi sekitar 71 persen dari total prapenjualan semester I 2024 antara lain Nava Park (8 persen), The Zora (7 persen), dan Hiera (5 persen).

 

 

3 dari 4 halaman

Kontribusi Kinerja

Sementara itu, Grand Wisata Bekasi dan Kota Wisata Cibubur masing-masing berkontribusi 12 persen dan 5 persen terhadap total prapenjualan semester I 2024.

Jika berdasarkan segmen, prapenjualan segmen residensial berkontribusi Rp 2,61 triliun atau 54 persen dari total prapenjualan. Sementara prapenjualan segmen komersial yang mencakup lot komersial, apartemen dan ruko berkontribusi Rp 1,67 triliun, mewakili 34 persen dari total prapenjualan.

Selain itu, penjualan tanah kepada perusahaan joint venture mencatatkan Rp 565 miliar atau 12 persen dari total prapenjualan selama semester I 2024.

Dari segmen residensial, pencapaian sebesar Rp 2,61 triliun terutama didukung oleh produk-produk di BSD City antara lain Enchante, Tresor, Nava Park, Hiera, The Zora, Eonna, Tanakayu dan Terravia.

Sementara itu, prapenjualan segmen komersial tercatat Rp 1,67 triliun pada semester I 2024 yang terdiri dari prapenjualan ruko sebesar Rp 986 miliar, lot komersial Rp 339 miliar, dan prapenjualan unit apartemen Rp 341 miliar.

4 dari 4 halaman

Peluncuran Produk Baru

Peluncuran produk baru antara lain Cascade Studio Loft, Akasa Promenade dan West Village di BSD City, Devant Business Loft di Kota Wisata Cibubur dan 7th Avenue Biztown di Grand City Balikpapan, beserta dengan penjualan produk-produk yang sudah berjalan, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pencapaian kinerja semester I 2024.

Penjualan unit apartemen terutama didorong oleh Southgate dan Aerium di Jakarta, serta Akasa dan Upper West di BSD City. Penjualan tanah kepada perusahaan joint venture, khususnya PT Sinar Mitbana Mas untuk proyek Hiera, turut berkontribusi sebesar Rp565 miliar terhadap prapenjualan pada paruh pertama 2024.

“Kami optimis bahwa dengan dukungan dari program penjualan nasional 'Infinite Living' dan kebijakan pengembalian PPN sepanjang tahun 2024, BSDE akan mencapai target prapenjualan sebesar Rp9,50 triliun pada akhir tahun 2024," ujar Hermawan.

Pada penutupan perdagangan Selasa, 23 Juli 2024, saham BSDE melemah 0,48 persen ke posisi Rp 1.035 per saham. Saham BSDE dibuka stagnan di posisi Rp 1.040 per saham. Saham BSDE berada di level tertinggi Rp 1.045 dan terendah Rp 1.030 per saham. Total frekuensi perdagangan 937 kali dengan volume perdagangan 89.546 saham. Nilai transaksi Rp 9,3 miliar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini