Sukses

Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Dapat Kontrak dari ExxonMobile, Nilainya Raksasa

Harga saham Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari mencapai harga tertinggi di posisi Rp 316 per saham meningkat 38% dibanding tahun lalu yaitu Rp 228 per saham.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) mendapatkan kepercayaan dari ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) dengan memenangkan kontrak durasi 5 tahun hingga 2029 untuk menyediakan 2 unit Kapal jenis Anchor Handling Tug Supply (AHTS). Nilai kontrak yang didapat ELPI ini mencapai USD 25,9 juta, atau sekitar Rp 420,46 miliar (asumsi kurs USD 16.324 per USD).

Chief Operating Officer (COO) Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Dave Ritandhaka menjelaskan, kapal AHTS tersebut telah dijadwalkan on hire pada Agustus 2024 di wilayah perairan Lamongan Shore Base mendukung pekerjaan lepas pantai pada FSO Operating area di wilayah Tuban, Jawa Timur khususnya FSO Gagak Rimang, Terminal Khusus Banyu Urip Marine Terminal.

“Kontrak ini kami dapatkan setelah memenangkan tender pada EMCL dengan proses tender sejak bulan Maret 2024 yang diikuti oleh marine contractor lainnya. Kami bersyukur dan bangga ELPI mendapatkan kepercayaan ini di mana tentunya EXXON telah melihat kinerja ELPI selama ini,” kata Dave.

ELPI sendiri telah membuktikan salah satu kinerja dengan memenangkan Best Safety Contractor pada EXXON selama 3 tahun beruturut-turut. Sesuai dengan timeline tender yang ditentukan, Bid submission dan Vessel Inspection Tender Process dilakukan ELPI pada pertengahan April, dilanjutkan dengan Awarding pada Mei dan Proses OVID pada pertengahan Juni.

“Awal bulan Agustus Kapal AHTS dalam proses on hire di wilayah Lamongan Shore Base dengan pekerjaan lifting, towing, hose handling & mooring, Field Maintenance Support, Cargo Transport Service serta service lainnya yang menunjang kegiatan offshore project EMCL tersebut,” tambah Marketing Comercial ELPI, Zulficar Rachim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Saham

Sepanjang 2024 ini ELPI telah mendapatkan kontrak baru maupun perpanjangan kontrak eksisting dari beberapa K3S yang memberikan kontribusi pertumbuhan pendapatan di tahun 2024 ini. Dengan kinerja keuangan positif yang memicu fundamental ELPI semakin menguat telah mampu meningkatkan kepercayaan Investor.

Hal ini tercermin dari kenaikan harga saham ELPI pada penutupan perdagangan Jumat, 02 Agustus 2024 lalu. Meskipun IHSG tercatat melemah namun harga saham ELPI mencapai harga tertinggi di posisi Rp 316 per saham meningkat 38% dibanding tahun lalu yaitu Rp 228 per saham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini