Sukses

Harga Saham SMDM Ngacir Usai Kabar Mau Dibeli, Sempet Koleksi Engga?

SMDM mengumumkan adanya proses negosiasi pengambilalihan dari Top Global Limited (TGL) ke PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dengan melakukan pembelian saham-saham perseroan

Liputan6.com, Jakarta - PT Suryamas Dutamakmur Tbk (SMDM) buka suara mengenai peningkatan harga saham perseroan secara signifikan dalam beberapa waktu lalu. Bahkan, Bursa sempat melakukan penghentian sementara (suspensi) pada saham SMDM dalam rangka cooling down pada 5 Agustus 2024, sebelum dibuka kembali pada keesokan harinya, 6 Agustus 2024.

Direktur PT Suryamas Dutamakmur Tbk, Ratna Juwanita Haliman menjelaskan, kenaikan harga saham SMDM terjadi usai perusahaan mengumumkan keterbukaan informasi pada 1 Agustus 2024.

Dalam keterbukaan tersebut, SMDM mengumumkan adanya proses negosiasi pengambilalihan dari Top Global Limited (TGL) ke PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dengan melakukan pembelian saham-saham perseroan yang dimiliki sejumlah 91,99 persen dari total modal yang disetor dan ditempatkan perseroan. Nantinya, BSDE akan menjadi pengendali baru perseroan.

"Perseroan berpendapat kenaikan harga saham SMDM terjadi karena adanya keterbukaan informasi yang menyatakan bahwa perseroan akan diakuisisi oleh BSDE," kata Ratna dalam paparan publik insidentil, Kamis (8/8/2024).

Sehubungan dengan rencana akuisisi oleh BSDE, Ratna menjelaskan perkembangannya saat ini masih dalam tahap penandatanganan conditional shares purchase agreement (CSPA). Namun demikian, perseroan belum mengetahui sudah sejauh mana proses pengambilalihan yang berlangsung antara TGL dan BSDE.

"Perseroan saat ini masih melakukan aktivitas operasional seperti biasanya dan masih mengikuti proses pengambilalihan ini, dan akan sampaikan ke Bursa sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pasar Modal yang berlaku," jelas Ratna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya Sudah Naik 100%

Ratna menjabarkan, sebelum adanya keterbukaan informasi pada 1 Agustus 2024, harga saham SMDM sudah naik dua kali lipat atau 100 persen dari posisi 173 pada 1 Juli 2024, ke posisi 346 pada akhir Juli 2024. Namun pada kondisi ini, Ratna mengatakan perseroan tidak mengetahui penyebab kenaikan yang terjadi.

Kemudian setelah adanya keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan pada 1 Agustus 2024, harga saham SMDM naik 24,59 persen dari posisi 366 pada 1 Agustus, ke posisi 456 pada 2 Agustus 2024, sebelum suspensi pada 6 Agustus 2024.

Pada posisi harga 456, saham SMDM bahkan masuk dalam jajaran top gainer sepekan dengan kenaikan 71,43 persen selama periode 29 Juli sampai 2 Agustus 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.