Sukses

Nilai Transaksi Saham Lesu, Benarkah Ada Pergeseran Aset ke Kripto?

Head of Investment Solution Mirae Asset Sekuritas, Roger MM menuturkan, sejumlah investor suka yang volatile seperti kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Head of Investment Solution Mirae Asset Sekuritas, Roger MM mengungkapkan penyebab nilai transaksi saham di tanah air cenderung lesu, salah satunya adalah pasar modal Indonesia yang saat ini kurang volatile. 

Menurut Roger, ada investor lebih suka dengan aset yang volatile, hal tersebut bisa ditemukan pada aset kripto karena volatilitasnya lebih besar dibandingkan dengan saham

"Sebagian investor kita suka sama yang volatile. Di kripto itu harganya itu lebih volatile dibanding saham. Kemudian faktor yang mempengaruhi kripto tadi itu global. Harga kripto itu lebih menarik mungkin bagi spekulan, bagi trader itu di kripto,” kata Roger kepada wartawan usai acara Media Day Mirae Asset Sekuritas, Kamis (8/8/2024). 

Roger menjelaskan di saham cakupan emiten lebih sempit, misalnya investor mau beli saham emiten semen, hanya sektor semen yang mempengaruhi naik turunnya. Sedangkan untuk aset kripto jumlah pemainnya lebih besar dan secara global. 

Meskipun begitu, Roger menyebut masih banyak investor yang Fear of Missing Out (FOMO) dalam berinvestasi kripto sehingga tidak mengetahui risikonya. 

"Kadang yang suka kebablasan itu kita enggak kenal kripto, tiba-tiba ikut-ikutan FOMO, enggak tahu risikonya. Jadi enggak dipelajari dulu, lebih baik berinvestasi yang sudah dikenal,” jelasnya. 

Selain itu penyebab lesunya transaksi di pasar saham, menurut Roger adalah kebijakan Full Call Action (FCA) yang baru-baru ini diterapkan. 

“Makanya mungkin sebagian perusahaan sekuritas berpikir kenapa transaksi kita menurun ya di bursa, ya itu tadi satu full call auction, yang udah diprotes oleh banyak pelaku pasar, dan bursa diminta review kembali untuk full call auction,” lanjutnya. 

Meski dalam kondisi seperti ini, Roger menuturkan pasar saham masih menarik karena rilis laporan keuangan emiten untuk kuartal dua atau semester satu 2024. Selain itu adanya sentimen positif di depan mata seperti penurunan suku bunga The Fed membuat pasar saham masih menarik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mirae Asset Turunkan Target IHSG ke 7.585 hingga Akhir 2024, Saham-Saham Ini Jadi Pilihan

Sebelumnya, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia merevisi target Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke 7.585 hingga akhir tahun 2024. Sehingga masih ada ruang penguatan dibandingkan posisi sekarang di kisaran 7.100, seiring dengan penyesuaian suku bunga acuan oleh pelaku bisnis dan emiten.

Head of Research & Chief Economist Mirae Asset Sekuritas, Rully Arya Wisnubroto mengatakan, prediksi IHSG tersebut terutama didasari pertimbangan makroekonomi terkini terkait ruang penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia yang lebih terbatas dan posisi nilai tukar Rupiah.

"Di tahun 2024 ini sebetulnya kita expect di 8.100. Tapi memang kondisinya yang kita semua ketahui mungkin tidak sesuai dengan perkiraan sebelumnya, jadi kita menurunkan target IHSG dari 8.100 ke 7.585," kata Rully dalam Investor Network Summit 2024 by Mirae Asset, Rabu (3/2024).

Dengan prediksi tersebut, Tim Riset Mirae Asset memiliki 9 saham pilihan (top picks) yaitu ACES, ASII, BBRI, BBCA, BMRI, CPIN, MAPI, MYOR, dan TLKM. Terkait makroekonomi, Rully masih optimistis kondisi Indonesia akan positif dan prediksi ruang penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia masih akan dipengaruhi oleh posisi nilai tukar rupiah yang semakin stabil dan potensi penurunan suku bunga acuan AS (Fed Fund Rate/FFR).

Di tengah situasi yang penuh tantangan, dia juga memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan akan sesuai target pertumbuhan BI sebesar 10%-12%. Kebijakan BI yang diambil saat ini berfungsi untuk mendukung stabilitas, dan Mirae Asset memperkirakan hal ini akan bertahan lebih lama dengan pengaruh dari volatilitas Rupiah yang semakin terjaga.

 

3 dari 3 halaman

Ekonomi Global pada Semester II 2024

"Maka dari itu, kami memprediksi pertumbuhan PDB (pertumbuhan ekonomi) Indonesia menjadi 5,01% pada 2024 dan 5,02% pada 2025, karena kebijakan penurunan suku bunga yang kurang agresif dibanding perkiraan sebelumnya.”

Perekonomian global pada semester II/2024, lanjut Rully, diprediksi ditopang oleh AS dan India sebagai mesin pertumbuhan hingga tahun depan. Untuk AS, dia juga meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi negara Paman Sam akan moderat, didorong oleh dampak lambat dari pengetatan kebijakan moneter yang sangat agresif sejak 2022.

Sebagai faktor lain, dia meyakini ketidakpastian masih sangat tinggi dan sulit memprediksi berlanjutnya ketegangan geopolitik antara Iran dan Israel. Ketegangan geopolitik di daerah lain, menurut dia, dapat mendorong volatilitas jangka pendek, tetapi angka permintaan global masih lemah terutama karena lemahnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.