Sukses

Strategi LPKR Jadi Agen Perubahan Berkelanjutan, Kelola Limbah hingga Serap Tenaga Kerja Lokal

Lippo Cikarang mencatatkan serangkaian inisiatif untuk memperkuat kontribusi terhadap keberlanjutan dengan mengambil peran unik sebagai pengembang properti dan pengelola kota mandiri Lippo Cikarang Cosmopolis.

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), pengembang properti daerah perkotaan berstandar internasional Lippo Cikarang Cosmopolis, berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Presiden Direktur Lippo Cikarang Gita Irmasari menyampaikan, pada 2023, Lippo Cikarang mencatatkan serangkaian inisiatif untuk memperkuat kontribusi terhadap keberlanjutan dengan mengambil peran unik sebagai pengembang properti dan pengelola kota mandiri Lippo Cikarang Cosmopolis.

Hal mana tercermin pada desain kawasan hunian Lippo Cikarang Cosmopolis yang tidak hanya modern dan inovatif, akan tetapi juga mengutamakan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Perusahaan tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman bagi penghuninya, namun berperan juga dalam memelihara dan melestarikan lingkungan sekitar.

"Selain itu, LPCK menyediakan fasilitas-fasilitas seperti pendidikan, kesehatan, olahraga, ruang terbuka hijau, serta pusat perbelanjaan modern dan tradisional, yang bertujuan memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi seluruh penghuni kawasan hunian," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (19/8/2024).

Di samping itu, Lippo Cikarang  juga telah mengembangkan kawasan industri yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Melalui pengembangan ini, Perusahaan berhasil menyerap tenaga kerja lokal yang signifikan, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya.

"Ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi langsung bagi masyarakat sekitar, tetapi juga menciptakan kesempatan kerja dan pengembangan karir bagi penduduk setempat," tambah Gita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghemat Air

Dari perspektif lingkungan, terutama terkait pengelolaan air, pengolahan limbah, dan pengendalian emisi, Perusahaan mengoptimalkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (WTP) dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk memastikan pengelolaan air secara optimal.

WTP Perusahaan sendiri telah menerapkan mekanisme yang berfungsi untuk menghemat air serta meningkatkan efisiensi sistem distribusi air, dan mengurangi biaya yang terkait dengan pemborosan air.

Sementara untuk pengolahan air limbah, melalui kerjasama dengan vendor eksternal, IPAL Perusahaan mengutamakan pengelolaan limbah berbahaya yang berasal dari industri. Selain itu, IPAL juga melakukan pengelolaan air limbah industri yang kemudian dikirim ke situs pembuangan yang aman.

Adapun terkait emisi, LPCK selalu mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk memiliki kesadaran dan perilaku ramah lingkungan.

 

3 dari 3 halaman

Inisiatif Sosial

Untuk inisiatif sosial di Lippo Cikarang Cosmopolis, Perusahaan menempatkan dampak sosial sebagai salah satu aspek yang sangat penting, yang merujuk kepada kerangka kerja PASTI sebagai kerangka keterlibatan masyarakat. Sebagai bagian dari komitmen kepada masyarakat, LPCK secara aktif terlibat dalam kegiatan sosial bagi masyarakat.

Untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang harmonis, selain memberikan bantuan sosial, Perusahaan juga berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendampingan UMKM lokal.

Pada tahun 2023, misalnya, LPCK menyelenggarakan festival, bazaar, dan berbagai kegiatan untuk menarik dan menampilkan UMKM dari wilayah Cikarang secara gratis. Selain itu, Perusahaan juga mendukung perekrutan lebih dari 500 tenaga kerja lokal di beberapa kota sebagai wilayah operasional Perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini