Sukses

Bergerak di Luar Kebiasaan, Bursa Pelototi Saham EURO dan LABA

Dalam sepekan, saham EURO naik 7,61 persen. ejak awal tahun atau secara year to date (YTD), saham EURO naik 27,71 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah memantau pergerakan saham PT Estee Gold Feet (Persero) Tbk (EURO) dan PT Green Power Group Tbk (LABA). Hal itu menyusul adanya indikasi pola transaksi yang tidak wajar pada saham EURO dan peningkatan harga saham LABA di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA).

“Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham EURO dan LABA tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini,” mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (20/8/2024).

Melansir data RTI, saham EURO ditutup naik 6,53 persen ke posisi 212 pada Senin, 19 Agustus 2024. Saat itu, frekuensi perdagangan saham EURO tercatat sebanyak 2,629 kali. Volume saham yang ditransaksikan tercatat sebanyak 178,69 juta kembar senilai 37,59 miliar.

Dalam sepekan, saham EURO naik 7,61 persen. ejak awal tahun atau secara year to date (YTD), saham EURO naik 27,71 persen.

Sementara saham LABA naik 24,68 persen ke posisi 384 pada Senin. Frekuensi perdagangan saham LABA tercatat sebanyak 12.248 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 101,88 juta lembar senilai Rp 36,59 miliar.

Dalam sepekan, saham LABA naik 38,13 persen. Adapun sejak awal tahun, saham LABA meroket 668,00 persen.

Sehubungan dengan terjadinya UMA pada saham EURO dan LABA, Bursa mengimbau kepada para investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat terkait atas permintaan konfirmasi bursa. Selain itu, juga mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Investor juga diimbau untuk mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. Serta mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IHSG Berpeluang Koreksi, Tengok Rekomendasi Saham Hari Ini 20 Agustus 2024

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang koreksi pada perdagangan Selasa (20/8/2024). IHSG akan berada di kisaran 7.059-7.232.

IHSG menguat 0,47 persen ke posisi 7.466 dan masih didominasi oleh volume pembelian pada perdagangan Senin, 19 Agustus 2024. Analis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana menuturkan, pada label hitam, ada kemungkinan IHSG sedang membentuk akhir wave (b) dari wave 2 pada pola running flat. Ia menuturkan,  selanjutnya, IHSG akan koreksi ke rentang area 7.059-7.232.

“Pada label merah, apabila IHSG mampu break 7.488, IHSG akan menuju ke 7.513-7.654,” ujar dia.

Herditya mengatakan, IHSG akan berada di level support 7.207,7.126 dan level resistance 7.488,7.514. pada Selasa pekan ini.

Dalam riset PT Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, IHSG berpotensi menguat terbatas dengan level support dan level resistance di 7.400-7.466.

“Hati-hati, potensi koreksi terjadi,” demikian seperti dikutip.

Analis PT RHB Sekuritas Indonesia, Muhammad Wafi menuturkan, IHSG terlihat kembali melakukan rebound dengan higher high (HH) level tetapi volume rendah.

“Meski berpeluang untuk kembali melakukan koreksi, tetapi selama di atas garis MA5 berpeluang untuk kembali rebound dan melanjutkan fase bullish-nya,” ujar Wafi.

Ia mengatakan, jika breakdown support garis moving average (MA)5, berpeluang untuk menguji support garis MA20 untuk kembali melanjutkan fase sideways-nya.

“Range pergerakan IHSG saat ini berada di kisaran 7.300 hingga 7.500,” ujar Wafi.

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Saham

Untuk rekomendasi saham hari ini, Wafi memilih saham PT Mita Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), dan PT Blue Bird Tbk (BIRD).

Sedangkan Herditya memilih saham PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Blue Bird Tbk (BIRD), PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), dan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Laba adalah keuntungan.

    laba

  • Bursa

  • Euro