Sukses

Bentoel Group Soroti Capaian ESG dan Inovasi Produk, Apa Hasilnya?

PT Bentoel Internasional Investama Tbk atau Bentoel Group menegaskan komitmen mereka terhadap ESG

Liputan6.com, Jakarta PT Bentoel Internasional Investama Tbk atau Bentoel Group menegaskan komitmen mereka terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam acara IDX Channel ESG Conference.

Presiden Direktur Bentoel Group, William Lumentut menekankan pentingnya ESG sebagai bagian integral dari operasional bisnis Bentoel Group, sejalan dengan komitmen BAT Group untuk mencapai status NET Zero karbon pada tahun 2050.

Untuk mencapai tujuan ini, Bentoel Group mengimplementasikan berbagai inisiatif seperti reduce, reuse, recycle di seluruh lini bisnisnya.

Dalam presentasinya, William mengungkapkan bahwa capaian ESG Bentoel Group telah melampaui target perusahaan induk serta pesaingnya. Beberapa pencapaian utama tersebut meliputi:

  • Pengurangan emisi karbon untuk Scope 1 dan 2 sebesar 83% pada tahun 2023 dibandingkan baseline tahun 2020.
  • Daur ulan sebesar 94% sampah dari operasional bisnis.
  • Pengurangan penggunaan air hingga 75%.

William juga menanggapi perubahan tren konsumen dengan menjelaskan bahwa Bentoel Group terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen melalui pengenalan produk-produk alternatif seperti rokok elektronik dan vape.

"Produk-produk ini, meskipun tidak sepenuhnya bebas risiko, terbukti memiliki potensi risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok konvensional berdasarkan penelitian internal dan eksternal, baik dari luar negeri maupun Indonesia," katanya, Selasa (20/8/2024).

Inovasi

Inovasi ini adalah bagian dari komitmen Bentoel Group untuk menciptakan Masa Depan yang Lebih Baik dengan mengurangi dampak kesehatan dari bisnis.

"Perusahaan memiliki komitmen yang jelas dengan master plan terukur. Secara internal, kami memiliki slogan ‘ESG front and centre’ yang kami terjemahkan menjadi aksi nyata melalui kampanye ‘Bangun Bangsa’ yang menjadi pilar dan payung keberlanjutan di Indonesia," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Kampanye Bangun Bangsa

Melalui kampanye Bangun Bangsa, Bentoel Group menjalankan aksi nyata di berbagai bidang, termasuk:

1. Pengurangan emisi karbon

2. Pengelolaan sumber daya air

3. Pengolahan limbah

4. Menciptakan dampak sosial positif melalui pengembangan UMKM yang lebih inklusif

Dengan langkah-langkah ini, Bentoel Group terus menunjukkan komitmennya dalam membangun masa depan yang lebih baik melalui strategi ESG yang berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini