Sukses

Taeil Keluar dari NCT Usai Diduga Terlibat Kasus Pelecehan Seksual, Begini Gerak Saham SM Entertainment

Berikut gerak saham SM Entertainment usai mendepak Taeil dari NCT setelah ada kasus tuduhan pelecehan seksual.

Liputan6.com, Jakarta - SM Entertainment mengumumkan telah mengeluarkan Taeil dari NCT usai ada kasus tuduhan pelecehan seksual. Sentimen itu menekan harga saham SM Entertainment pada Kamis (29/8/2024).

Mengutip data Google, saham SM Entertainment Co Ltd merosot 4,86 persen menjadi 62.700 won Korea Selatan. Harga saham SM Entertainment Co Ltd berada di level tertinggi 64.600 dan terendah 62.300. Kapitalisasi pasar saham SM Entertainment tercatat 1,48 triliun won.

Penurunan harga saham SM Entertainment Co Ltd itu dipicu anggota NCT Taeil yang dituntut atas dugaan kejahatan seksual dan dikeluarkan dari grup.

Mengutip Yahoo News, SM Entertainment telah mengeluarkan Taeil dari NCT. Pernyataan itu disampaikan di media sosial resmi SM Entertainment. “Ini adalah SM Entertainment. Kami mengkonfirmasi Taeil telah terlibat dalam kasus pidana terkait kejahatan seksual.”

“Saat menyelidiki situasi tersebut, kami menyadari masalah ini sangat serius, dan kami telah memutuskan Taeil tidak dapat lagi melanjutkan aktivitas tim. Kami telah membahas masalah ini dengan Taeil dan telah diputuskan ia akan dikeluarkan dari grup,”

“Saat ini, Taeil bersikap kooperatif dengan penyelidikan. Kami akan membagikan pernyataan tambahan seiring berjalannya penyelidikan,”

SM Entertainment pun meminta maaf atas keterlibatan Taeil terkait tudingan tersebut. “Kami sangat meminta maaf atas kontroversi yang disebabkan oleh artis kami,” demikian pernyataan SM Entertainment.

Kepada TenAsia, SM Entertainment menyampaikan kalau pihaknya dan Taeil mengetahui gugatan atas dugaan kejahatan seksual itu pada pertengahan Agustus 2024. “Taeil diperiksa oleh polisi pada 28 Agustus 2024,”

Berdasarkan kantor polisi Seoul Bangbae pada hari yang sama, laporan mengenai dugaan kejahatan seksual Taeil diajukan pada Juni. Hal ini menimbulkan kontroversi di kalangan penggemar yang menuduh SM dan Taeil menyembunyikan gugatan itu dan membiarkan Taeil ikut partisipasi dalam kegiatan grup. Demikian mengutip dari laman kbizoom.com.

NCT 127, tempat Taeil bernaung comeback pada Juli dengan album WALK. Taeil meski tidak muncul dalam siaran musik karena cedera akibat kecelakaan tetapi berpartisipasi dalam rekaman album dan syuting video musik. Ia juga menghadiri fan meeting NCT 127 pada 3 dan 4 Agustus 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SM Entertainment Bantah Tudingan Menutupi Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Taeil Eks NCT

Sebelumnya, perwakilan SM Entertainment menanggapi spekulasi yang berkembang bahwa kasus dugaan pelecehan seksual yang melibatkan mantan anggota NCT, Taeil, telah ditutupi selama sekitar 2 bulan.

Spekulasi ini muncul setelah laporan dari Kantor Polisi Bangbae Seoul yang menyebutkan bahwa seorang perempuan melaporkan Taeil eks NCT atas tuduhan pelanggaran seksual pada Juni. Demikian mengutip dari Kanal Showbiz Liputan6.com.

Tak butuh waktu lama, SM Entertainment akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi. Pihaknya menyanggah spekulasi tersebut.

“Baik SM Entertainment maupun Taeil diberi tahu tentang penyelidikan pada pertengahan Agustus. Taeil kemudian dipanggil untuk diperiksa pada 28 Agustus 2024,” kata pihak SM Entertainment dikutip dari situs Allkpop.

 

 

3 dari 4 halaman

Tak Tahu hingga Datang Panggilan Pemeriksaan

Pernyataan agensi ini mengindikasikan meski laporan kriminal telah diajukan pada Juni, polisi tidak segera memberi tahu Taeil tentang penyelidikan yang dilakukan. Sebagai hasilnya, Taeil dan agensinya baru mengetahui kasus ini beberapa bulan kemudian.

Dengan demikian, SM Entertainment menekankan, tidak ada upaya menutupi kasus ini, dan mereka berkomitmen untuk bekerja sama sepenuhnya dalam proses hukum yang sedang berjalan.

 

 

4 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi Polisi

Diberitakan sebelumnya, polisi telah merilis pernyataan resmi terkait kasus dugaan pelecehan seksual yang melibatkan Taeil eks NCT. Kamis (29/8/2024), Kepolisian Bangbae Seoul memberi informasi lebih lanjut terkait penyelidikan terhadap artis tersebut.

Polisi mengonfirmasi bahwa Taeil secara resmi diperiksa setelah laporan diajukan pada bulan Juni oleh seorang wanita dewasa yang diidentifikasi sebagai "A."

Sayang, pihak kepolisian belum membeberkan detail kasusnya karena proses penyelidikan saat ini masih berlangsung, dan informasi lebih lanjut kemungkinan akan dirilis seiring berjalannya kasus ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.