Sukses

Wall Street Anjlok Parah, S&P 500 dan Nasdaq Cetak Kinerja Terburuk

Di Wall Street, indeks saham S&P 500 turun 1,73% dan ditutup pada level 5.408,42. Sementara Nasdaq Composite turun 2,55% dan ditutup pada level 16.690,83.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau sering disebut dengan Wall Street mengalami tekanan yang sangat dalam pada penutupan perdagangan saham Jumat.

Indeks saham S&P 500 catat kinerja mingguan terburuk sejak 2023 sedangkan Nasdaq anjlok 2% dan juga mencetak kinerja mingguan terburuk sejak 2022.

Penurunan bursa saham AS ini karena investor menilai dampak dari laporan pekerjaan bulan Agustus 2024 yang sangat lemah. Selain itu, pelemahan Wall Street juga karena investor membuang saham-saham teknologi terkemuka.

Mengutip CNBC, Sabtu (7/9/2024), S&P 500 turun 1,73% dan ditutup pada level 5.408,42. Sementara Nasdaq Composite turun 2,55% dan ditutup pada level 16.690,83. Indeks yang sarat teknologi ini mengakhiri sesi dengan selisih lebih dari 10% dari rekor penutupannya.

Sedangkan Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 410,34 poin atau 1,01% dan ditutup pada level 40.345,41.

"Ini adalah pergerakan yang sebagian besar didorong oleh sentimen kekhawatiran pertumbuhan," kata analis investasi John Hancock Investment Management, Emily Roland.

"Pasar berfluktuasi antara gagasan apakah berita buruk adalah berita buruk, atau apakah berita buruk adalah berita baik. Perasaan bahwa hal itu dapat menghidupkan kembali harapan bahwa Fed bergerak lebih agresif daripada yang diantisipasi pasar." tambah dia.

Saham Teknologi

Saham teknologi dengan kapitalisasi besar anjlok karena investor membuang aset berisiko di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi AS.

saham Amazon turun 3,7% dan Alphabet merosot 4%. Sementara itu, saham Meta Platforms turun lebih dari 3%. Broadcom turun 10% karena panduan kuartal saat ini yang kurang bersemangat.

Nama-nama saham-saham semikonduktor lainnya juga ikut terseret dengan Nvidia dan Advanced Micro Devices masing-masing turun sekitar 4%.

VanEck Semiconductor ETF (SMH) turun 4% dan membukukan minggu terburuknya sejak Maret 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minggu yang Sulit

Pergerakan Wall Street hari Jumat menutup minggu yang sulit bagi pasar saham. S&P 500 mencatat penurunan 4,3% dan minggu terburuknya sejak Maret 2023. Nasdaq merosot 5,8% untuk minggu terburuknya sejak 2022, sementara Dow yang terdiri dari 30 saham merosot 2,9%.

Data pekerjaan terbaru bulan Agustus menambah kekhawatiran akan melambatnya pasar tenaga kerja. Serangkaian data yang lemah telah memicu kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi, membuat pasar khawatir, dan mengurangi selera risiko dalam beberapa minggu terakhir. Penggajian nonpertanian tumbuh sebesar 142.000, dibandingkan dengan kenaikan 161.000 yang diharapkan oleh para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones. Namun, tingkat pengangguran turun menjadi 4,2%, sesuai dengan ekspektasi.

“Pasar secara umum mencari arah, dan itu akan datang dari Federal Reserve,” kata Charles Ashley, manajer portofolio di Catalyst Capital Advisors.

Investor memperkirakan The Fed akan memangkas suku bunga setidaknya seperempat poin persentase pada akhir pertemuan kebijakannya akhir bulan ini, tetapi tren pasar tenaga kerja yang melemah telah meningkatkan taruhan bahwa bank sentral dapat melakukan pemangkasan yang lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini