Sukses

Saham Nvidia Ternyata Tak Menarik Buat Sejumlah Miliarder Meski Naik Tinggi, Mengapa?

Beberapa anggota Tiger 21 bahkan memilih untuk menghindari saham teknologi, dan karenanya tidak ada Nvidia dalam portofolio mereka, lebih memilih real estat atau sektor lain, kata Sonnenfeldt.

Liputan6.com, Jakarta - Nvidia tengah disorot dalam beberapa waktu terakhir, sebagai perusahaan termahal di dunia. Namun ternyata, tidak semua miliarder atau orang kaya tertarik untuk berinvestasi saham pada perusahaan pembuat chip tersebut.

Melansir CNBC International, Senin (9/9/2024) lebih dari separuh kelompok jaringan investor dengan kekayaan tinggi, Tiger 21 mengungkapkan tidak berinvestasi di Nvidia.

Laporan alokasi aset kuartal kedua jaringan tersebut mengungkapkan bahwa 57% anggotanya tidak berinvestasi di Nvidia.

“Meskipun Nvidia adalah pemimpin yang tak terbantahkan dalam AI saat ini, pertumbuhan perusahaan tidak ada yang bertahan selamanya, dan pesaing sering mengejar, yang mengarah pada kalibrasi ulang pasar,” kata Michael Sonnenfeldt, ketua Tiger 21.

Secara kolektif, anggota Tiger 21 memiliki aset pribadi bernilai lebih dari USD 165 miliar (Rp.2,5 kuadriliun) menurut data yang diberikan oleh Sonnenfeldt.

Anggota kelompok tersebut, yang didirikan pada tahun 1999 oleh Sonnenfeldt, saling berbagi saran tentang pelestarian kekayaan, investasi, dan upaya filantropi.

Tiger 21 memiliki 123 grup di 53 pasar. Jaringan ini memiliki lebih dari 1.450 anggota.

Dari 43% anggota yang telah berinvestasi di Nvidia, sebagian besar tidak berniat menambah saham, di tengah kekhawatiran bahwa sahamnya telah melambung terlalu tinggi.

Ketakutan tersebut tampaknya beralasan dengan anjloknya saham Nvidia hingga 9,5% dalam semalam, menghapus sekitar USD 280 miliar dari kapitalisasi pasarnya, di tengah aksi jual besar-besaran di pasar AS.

Sebanyak 43% anggota klub yang disurvei juga memperkirakan keberhasilan Nvidia tidak akan bertahan hingga dekade berikutnya.

Beberapa anggota Tiger 21 bahkan memilih untuk menghindari saham teknologi, dan karenanya tidak ada Nvidia dalam portofolio mereka, lebih memilih real estat atau sektor lain, kata Sonnenfeldt.

“Bagi yang lain, hal ini disebabkan oleh sifat investasi teknologi saat ini. Anggota Tiger 21 menyaksikan Tesla bangkit hanya untuk sekarang hampir semua produsen mobil besar menawarkan EV, jadi meskipun Nvidia adalah pemimpin saat ini, beberapa anggota Tiger 21 percaya bahwa ini hanya masalah waktu sebelum persaingan mengejar ketinggalan,” bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Fokus Menjaga Kekayaan

Sonnenfeldt juga mengatakan bahwa anggota Tiger21 lebih fokus pada pelestarian kekayaan daripada mengejar keuntungan tinggi.

“Mereka mungkin menghindari Nvidia karena volatilitasnya dan risiko yang terkait dengan investasi teknologi, meskipun pertumbuhannya mengesankan,” imbuhnya.

Optimis pada Industri AI

Namun, Sonnenfeldt optimis tentang industri AI yang lebih luas. “Potensi AI tampaknya menjadi salah satu — jika bukan — tema yang paling layak diinvestasikan dalam seluruh sejarah keuangan,” kata Sonnenfeldt.

Menurut laporan alokasi anggota terbaru Tiger 21, sebagian besar alokasi anggotanya adalah dalam ekuitas swasta, sebesar 28%. Real estat mengambil alih 26% dari portofolio anggota meskipun suku bunga tinggi, sementara ekuitas publik mencakup 22% dari alokasi aset mereka.

Saham Nvidia

Nvidia, yang dijuluki sebagai 'saham termahal di dunia,' memanfaatkan ledakan kecerdasan buatan hingga kapitalisasi pasarnya mencapai USD 3 triliun awal tahun ini, melonjak hampir sembilan kali lipat sejak akhir tahun 2022.

Namun, pertumbuhan perusahaan yang meroket sedikit terhenti musim panas ini.

Nvidia memimpin saham semikonduktor turun di tengah aksi jual di Wall Street pada hari Selasa, dengan saham terus merosot dalam perdagangan yang diperpanjang, turun 2%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini