Sukses

Harga Saham HYBE Tergelincir Setelah NewJeans Tuntut Kembalikan CEO Min Hee Jin

Harga saham Hybe Co Ltd melemah pada Kamis, 12 September 2024 usai NewJeans rilis video yang ungkap ketidakadilan yang dihadapi. Harga saham Hybe turun saat saham agensi K-Pop lain melesat.

Liputan6.com, Jakarta - Saham Hybe Co Ltd, agensi grup BTS hingga NewJeans merosot pada perdagangan Kamis (12/9/2024). Hal ini usai girl group NewJeans merilis pernyataan secara terbuka mengenai ketidakadilan yang dihadapinya.

Mengutip data Google, harga saham Hybe Co Ltd merosot 2,82 persen ke posisi 169.000 won Korea Selatan. Harga saham Hybe berada di level tertinggi 171.200 dan level terendah 163.200 won Korea Selatan. Kapitalisasi pasar tercatat 7,04 triliun won Korea Selatan.

Saham Hybe melemah sendirian di antara saham agensi K-pop lainnya pada Kamis ini. Harga saham YG Entertainment Inc naik 3,23 persen ke posisi 32.000 won Korea Selatan. Selain itu, harga saham SM Entertainment Co Ltd melonjak 1,58 persen ke posisi 58.000 won Korea Selatan.Sementara itu, saham JYP Entertainment Corp melesat 1,88 persen ke posisi 46.000 won Korea Selatan.

Mengutip kbizoom.com, harga saham Hybe merosot kemungkinan besar disebabkan video terbaru NewJeans yang mengungkap ketidakadilan di perusahaan. Grup yang terdiri dari Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein ini juga menuntut kembalinya CEO ADOR Min Hee jin dan mengungkapkan kekhawatiran mengenai masa depan grup tersebut.

“Ada begitu banyak hal tidak masuk akal yang tidak dapat kami pahami bahkan setelah kami debut,” ujar Haerin dalam siaran langsung NewJeans seperti dikutip dari Kanal Showbiz Liputan6.com, Rabu, 11 September 2024.

Pernyataan ini terkait dengan video trainee NewJeans yang dirilis oleh Dispatch pada Juli. "Data pribadi kami seperti klip video dan catatan medis saat kami masih trainee dirilis. Kami benar-benar terkejut saat pertama kali melihatnya," ujar Haerin.

Haerin mengatakan tidak dapat memahami mengapa perusahaan yang seharusnya melindungi, justru mengungkap data tersebut. "Tentu saja, kami tidak punya pilihan selain merasa khawatir bahwa data aneh dan fakta palsu dapat menyebar di masa mendatang," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merasa Bingung

Anggota NewJeans mengaku telah mengajukan masalah dengan orangtua dan CEO Min Hee Jin, tetapi HYBE belum menyelesaikannya dan tidak ada tindakan aktif. Sementara itu, NewJeans merasa bingung harus percaya dan mengandalkan siapa lagi di masa mendatang setelah CEO mereka dipecat.

Sebelumnya, pada 27 Agustus 2024, ADOR memberhentikan mantan CEO Min Hee Jin. Kemudian perusahaan itu mengangkat Kim Joo Young sebagai CEO yang baru. 

NewJeans Terasa Muram Saat Siaran Langsung

ADOR mengatakan bahwa meskipun mantan CEO Min Hee Jin mengundurkan diri, ia akan tetap bertanggung jawab atas produksi NewJeans dan mempertahankan posisinya sebagai direktur internal. Tetapi Hee Jin memprotes karena ia diberitahu secara sepihak tentang pemecatannya oleh perusahaan.

Selain itu Hee Jin mengatakan bahwa isi kontrak komisi bisnis yang mengusulkannya untuk mengambil alih produksi juga tidak masuk akal. Banyak hal selain peran Hee Jin yang dibahas oleh personel NewJeans.

Siaran langsung NewJeans dimulai dengan suasana yang berat, mereka mengenakan pakaian hitam dan memasang ekspresi muram dan tertekan. Meskipun terikat kontrak dengan HYBE, NewJeans menegaskan bahwa Hee Jin adalah orang yang menciptakan identitas grup tersebut dan tidak dapat digantikan. 

Sepanjang siaran langsung, NewJeans berbagi bahwa mereka merasa terisolasi di ADOR yang baru, tanpa atasan yang dapat mereka percaya. Hanni juga mengungkapkan keterkejutannya karena diabaikan oleh staf HYBE.

Idola wanita tersebut mengisyaratkan bahwa seorang manajer telah meminta artis lain untuk mengabaikannya. Ketika dia menyapa grup lain, manajer grup tersebut menyuruh mereka untuk "mengabaikannya", membuat Hanni merasa sakit hati. 

3 dari 4 halaman

Minta HYBE Kembalikan ADOR ke Kondisi Semula

Hanni melanjutkan ceritanya dengan mengatakan, "Saya memberi tahu CEO baru kami tentang hal itu (pengabaian dari artis lain), tetapi dia mengatakan kepada saya bahwa tidak ada bukti dan sudah terlambat untuk melakukan sesuatu tentang hal itu sekarang."

Melihatnya respons CEO ADOR yang baru, Hanni merasa NewJeans telah kehilangan pelindung, ia pun merasa (CEO barunya) tidak mengkhawatirkan grup tersebut. NewJeans merasakan perbedaan besar saat ADOR masih dipimpin Min Hee Jin yang banyak memperjuangkan grup itu.

"Para (eksekutif) baru mengatakan dari luar bahwa mereka akan membantu kami, tetapi mereka hanya membuat alasan dan mengatakan itu adalah insiden yang tidak dapat mereka lakukan apa pun," lanjut Hanni.  

Haein menambahkan tentang kondisi ADOR yang dirasa tidak senyaman dulu. Ia berkata, "Cara kerja HYBE tidaklah jujur ​​atau benar seperti yang kami alami. Tolong jangan ganggu pekerjaan kami. Tolong kembalikan CEO Min Hee-jin."

Danielle juga berkata, "HYBE dianggap sebagai perusahaan yang tidak manusiawi. Apa yang dapat kita pelajari darinya?" Minji bertanya, "Tolong kembalikan ADOR ke keadaan semula paling lambat tanggal 25."

4 dari 4 halaman

Akun YouTube untuk Siaran Langsung Dihapus

Di akhir siaran langsung, NewJeans juga menyebut nama Bang Si Hyuk dan meminta HYBE untuk mengembalikan ADOR ke keadaan semula. "Kami ingin Presiden Bang dan HYBE mengembalikan ADOR ke keadaan semula, dengan manajemen dan produksi di bawah Min Hee Jin paling lambat tanggal 25 September," Setelah siaran langsung tersebut, kanal YouTube "nwjns" juga dihapus.

Diketahui anggota NewJeans tampil langsung hanya sehari sebelum rapat pemegang saham HYBE. Kemungkinan langkah ini dilakukan untuk memberi tahu pemegang saham tentang keinginan dan keadaan mereka, dengan harapan pemegang saham akan memberikan tekanan terhadap konglomerat tersebut.

Setelah NewJeans angkat bicara di siaran langsung itu, komunitas penggemar Kpop menjadi khawatir dengan masa depan NewJeans. Secara resmi mendeklarasikan perang terhadap agensi mereka akan menempatkan NewJeans dalam risiko.

HYBE dapat membekukan aktivitas grup tersebut selamanya. Jika ingin keluar dari perusahaan, NewJeans harus membayar biaya kompensasi yang sangat besar. Sebelumnya, banyak ahli memperkirakan jumlah tersebut mencapai 200 miliar won untuk kelima anggotanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini