Sukses

The Fed Turunkan Suku Bunga, Bursa Saham Eropa Bersiap Melesat

Selain sentimen the Fed, investor di Eropa juga akan mencermati keputusan suku bunga oleh Bank Sentral Inggris atau Bank of England.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Eropa bersiap dibuka menguat seiring investor mencerna langkah the Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral Amerika Serikat (AS) yang memangkas suku bunga untuk pertama kali dalam empat tahun.

Selain itu, pelaku pasar juga menantikan keputusan suku bunga oleh Bank of England pada akhir sesi perdagangan. Mengutip CNBC, indeks FTSE 100 di Inggris naik 69 poin ke posisi 8.321. Indeks DAX di Jerman bertambah 115 poin ke posisi 18.860. Indeks CAC di Prancis mendaki 70 poin ke posisi 7.522 dan indeks FTSE MIB Italia melesat 350 poin ke posisi 33.980.

Di AS, wall street awalnya melonjak setelah the Fed mengumumkan pemangkasan suku bunga 50 basis poin sehingga target kisarannya menjadi 4,75 persen-5 persen. Namun, pasar akhirnya ditutup melemah di tengah kekhawatiran potensi penurunan ekonomi. Bursa saham berjangka AS juga melemah.

Di sisi lain, di bursa saham Asia Pasifik pada Kamis, 19 September 2024 bergejolak setelah the Fed pangkas suku bunga. Namun, akhirnya bursa saham Asia menguat selama sesi perdagangan.

Sementara itu, di Eropa, perhatian investor kini beralih ke Bank of England dengan bank sentral sebagian besar diharapkan pertahankan suku bunga acuan 5 persen.

Pemangkasan suku bunga besar-besaran oleh The Fed tidak mungkin berdampak pada Bank of England, menurut para ekonom, karena bank sentral meratifikasi keputusannya sekitar waktu makan siang Rabu, beberapa jam sebelum pengumuman AS.

Selain itu, inflasi di sektor jasa Inggris yang diawasi ketat tetap tinggi, data terbaru menunjukkan Rabu, kemungkinan mendorong kehati-hatian dari para pembuat kebijakan. Tak hanya itu, bank sentral Norwegia akan menyampaikan keputusan suku bunga terbarunya.

Terkait kinerja Perseroan, laba perusahaan, pengecer Inggris Next mengatakan mereka berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan laba tahunan hampir £1 miliar ($1,32 miliar) setelah melaporkan peningkatan penjualan dalam hasil setengah tahunannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akhirnya The Fed Pangkas Suku Bunga 50 Basis Poin, Jadi Segini

Sebelumnya, Komite Pasar Terbuka Federal Federal Reserve (FOMC) memangkas suku bunga pinjaman utamanya sebesar setengah poin persentase, atau 50 basis poin. Keputusan tersebut menurunkan suku bunga dana federal The Fed ke kisaran antara 4,75%-5%.

Sementara suku bunga tersebut menetapkan biaya pinjaman jangka pendek untuk bank, suku bunga tersebut meluas ke berbagai produk konsumen seperti hipotek, pinjaman mobil, dan kartu kredit.

Matriks ekspektasi masing-masing pejabat The Fed menunjukkan, mereka memperkirakan akan ada penurunan satu poin persentase penuh suku bunga lagi pada akhir tahun 2025 dan setengah poin pada 2026.

“Komite telah memperoleh keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2 persen, dan menilai bahwa risiko untuk mencapai sasaran ketenagakerjaan dan inflasi secara kasar seimbang,” kata FOMC usai pertemuan suku bunga, dikutip dari CNBC International, Kamis (19/9/2024).

"Kami berusaha mencapai situasi di mana kami memulihkan stabilitas harga tanpa peningkatan pengangguran yang menyakitkan yang terkadang terjadi bersamaan dengan inflasi ini. Itulah yang kami coba lakukan, dan saya pikir Anda dapat menganggap tindakan hari ini sebagai tanda komitmen kuat kami untuk mencapai tujuan itu," ungkap Ketua The Fed Jerome Powell, dalam konferensi pers setelah keputusan suku bunga.

3 dari 4 halaman

Ekonomi Solid

FOMC juga mencatat penambahan lapangan kerja telah melambat dan tingkat pengangguran telah meningkat tetapi tetap rendah.

"Pejabat FOMC menaikkan tingkat pengangguran yang diperkirakan tahun ini menjadi 4,4%, dari proyeksi 4% pada pembaruan terakhir pada bulan Juni, dan menurunkan prospek inflasi menjadi 2,3% dari 2,6% sebelumnya. Mengenai inflasi inti, komite menurunkan proyeksinya menjadi 2,6%, penurunan 0,2 poin persentase dari bulan Juni,” papar komite tersebut.

Keputusan penurunan suku bunga datang meskipun sebagian besar indikator ekonomi tampak cukup solid.

“Ini bukan awal dari serangkaian pemangkasan 50 basis poin. Pasar berpikir sendiri, jika Anda memangkas 50 basis poin, pemangkasan 50 basis poin lainnya memiliki kemungkinan besar. Namun saya pikir (Powell) benar-benar menggagalkan gagasan itu sampai batas tertentu,” kata Tom Porcelli, kepala ekonom AS di PGIM Fixed Income.

4 dari 4 halaman

Inflasi AS Sentuh 2,5% pada Agustus 2024, The Fed Segera Pangkas Suku Bunga?

Sebelumnya, Inflasi Amerika Serikat (AS) menurun ke level terendah sejak Februari 2021 pada Agustus 2024.

Melansir CNBC International, Kamis (12/9/2024) laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan indeks harga konsumen, ukuran umum biaya barang dan jasa meningkat 0,2% pada Agustus 2024. Angka itu mendorong tingkat inflasi tahunan AS sebesar 2,5%, turun 0,4 poin persentase dari level Juli 2024, dan sedikit di bawah estimasi sebesar 2,6% dan pada level terendah dalam 3 setengah tahun.

Namun, CPI inti, yang tidak termasuk harga pangan dan energi yang fluktuatif, meningkat 0,3% untuk bulan tersebut, sedikit lebih tinggi dari estimasi 0,2%. Tingkat inflasi inti tahunan AS kini bertahan di 3,2%.

Kenaikan kecil dalam CPI inti tampaknya akan membuat The Federal Reserve (the Fed) tetap bertahan terhadap inflasi, yang kemungkinan meniadakan kemungkinan suku bunga yang lebih agresif saat para pembuat kebijakan bertemu pekan depan.

Adapun harga pangan di AS yang naik hanya 0,1%, sementara biaya energi turun 0,8%. Selanjutnya, harga kendaraan bekas turun 1%, layanan perawatan medis turun 0,1%, dan harga pakaian naik 0,3%. Harga telur naik 4,8%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini