Sukses

Saham Media Sosial Donald Trump Anjlok Usai Pembatasan Jual Dicabut

Saham Trump Media (DJT) ditutup turun hampir 6% pada harga USD 14,70 per saham.

Liputan6.com, Jakarta - Saham media sosial milik Donald Trump, Trump Media kembali anjlok ke titik terendah pasca merger pada hari Jumat (20/9), ketika mantan Presiden Amerika Serikat itu diisukan akan menjual sahamnya senilai USD 2 miliar atau Rp 30,3 triliun.

Melansir CNBC International, Sabtu (21/9/2024) saham Trump Media yang diperdagangkan sebagai DJT di Nasdaq, ditutup turun hampir 6% pada harga USD 14,70 per saham.

Trump sendiri memiliki hampir 57% dari saham DJT yang beredar saat ini. Saham tersebut pada harga penutupan hari Kamis bernilai hampir USD 1,7 miliar (Rp.25,8 triliun) atau hampir setengah dari perkiraan kekayaan bersih sang miliarder.

Namun Trump, dan investor awal lainnya, telah dilarang menjual saham mereka berdasarkan perjanjian penguncian yang berlaku ketika perusahaan tersebut go public setelah merger dengan perusahaan cek kosong pada akhir Maret 2024.

Pembatasan tersebut ditetapkan berakhir segera setelah bel penutupan hari Kamis 19 September 2024.

Trump Media telah mengakui dalam pengajuan peraturan bahwa berakhirnya penguncian dapat memacu penjualan besar-besaran saham media sosial tersebut, dan bahkan persepsi pasar tentang aksi jual dapat menurunkan harga saham DJT.

Trump, pemegang saham mayoritas, mengatakan pada hari Jumat bahwa ia tidak memiliki rencana untuk menjual sahamnya. Keyakinannya membuat saham melonjak lebih tinggi, meskipun sejak itu telah melepaskan keuntungan tersebut.

Namun, orang dalam lainnya di perusahaan disebut-sebut akan segera menjual saham DJT.

Laporan laba Trump Media menunjukkan perusahaan tersebut telah merugi sekitar USD 344 juta (Rp.5,2 triliun) dengan pendapatan kurang dari USD 2 juta (Rp.30,3 miliar) pada paruh pertama tahun ini. Pendapatannya sepenuhnya bergantung pada penjualan iklan, tetapi satu-satunya produknya, Truth Social, hanya menghasilkan sebagian kecil dari basis pengguna situs media sosial yang lebih mapan.

Tetapi, Trump Media masih memiliki kapitalisasi pasar hampir USD 3 miliar (Rp.45,5 triliun), karena beberapa investor ritel tampaknya membeli sahamnya sebagai cara untuk mendukung Trump.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei: Kemenangan Donald Trump Beri Sentimen Positif ke Pasar Saham

urvei terbaru dari CNBC menunjukkan investor lebih menyukai dampak potensial Donald Trump pada pasar saham jika memenangkan pemilu AS November mendatang.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (20/9/2024), jajak pendapat yang mensurvei 400 investor, pedagang, dan pengelola uang tersebut menemukan 67% percaya Donald Trump akan lebih menguntungkan saham.

Sentimen tersebut tampaknya berakar pada kinerja historis. Selama masa jabatan empat tahun Trump, S&P 500 melonjak 68 persen, sementara Nasdaq mengalami kenaikan 137 persen. Sebaliknya, di bawah pemerintahan Biden sejauh ini, indeks yang sama telah naik masing-masing 44 persen dan 34 persen.

Namun, pandangan para investor terbagi dalam prospek pasar jangka pendek dan panjang. Survei tersebut menemukan pembagian yang merata di antara responden sepertiga mengantisipasi penurunan, sepertiga lainnya mengharapkan kenaikan, sementara sepertiga sisanya melihat pasar dalam kisaran tertentu.

Ketidakpastian tersebut mencerminkan faktor-faktor yang memengaruhi lanskap ekonomi saat ini. Sementara kebijakan presiden dapat memengaruhi sentimen pasar, elemen lain sering kali memainkan peran yang lebih penting. 

Menariknya, meskipun Trump jelas lebih disukai terkait kinerja pasar, investor menunjukkan kekhawatiran tentang kondisi indeks utama saat ini. Delapan puluh persen responden mengaku merasa tidak nyaman dengan tingginya konsentrasi saham teknologi dalam indeks acuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.