Sukses

Tertinggi, BUMI Produksi 37,7 Juta Ton Batu Bara di Semester 1 2024

BUMI menargetkan produksi batubara mencapai 78 juta hingga 82 juta ton dan pihaknya cukup optimistis bahwa angka tersebut dapat terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta Emiten batubara PT Bumi Resources Tbk (BUMI) memproduksi 37,7 juta ton batubara selama paruh pertama 2024. Produksi naik 7 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 35,4 juta ton.

Raihan ini menjadi jumlah produksi tertinggi di antara para pemain dalam sektor yang sama di Indonesia. 

“Peningkatan produksi ini didorong oleh performa kontraktor yang lebih baik, serta cuaca yang kondusif, yaitu curah hujan relatif rendah di area tambang KPC (PT Kaltim Prima Coal, anak usaha BUMI),” kata Direktur BUMI, Dileep Srivastava dalam keterangannya, Jumat (20/9/2024).

Adapun pada tahun ini BUMI menargetkan produksi batubara mencapai 78 juta hingga 82 juta ton dan pihaknya cukup optimistis bahwa angka tersebut dapat terpenuhi. “Jika cuacanya baik pada paruh kedua tahun ini, mungkin kami dapat meningkatkannya,” tuturnya.

Kenaikan produksi tersebut juga berpengaruh pada kinerja penjualan yang meningkat hingga menyentuh angka 37 juta ton selama enam bulan pertama 2024. Dari periode yang sama tahun 2023, angka yang tercatat adalah sebesar 34,6 juta ton.

Sejalan dengan angka produksi tersebut, BUMI juga memiliki kontribusi terbesar sebagai pemasok energi pendukung kebutuhan listrik negara melalui PLN, juga industri semen, dan pupuk.

Hal ini selaras dengan komitmen BUMI memprioritaskan Domestic Market Obligation (DMO) dengan persentase melampaui angka 25 persen sebelum melakukan ekspor.

Perusahaan ini juga merupakan penyumbang royalti tertinggi kepada negara, dibandingkan perusahaan lain di sektor ini, yaitu mencapai 32 persen dari pendapatan kotornya tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 1 Miliar Ton

Dalam upaya memenuhi target produksi batubara nasional dari pemerintah yang mendekati 1 miliar ton tahun ini, BUMI bersama para emiten batubara terus memacu kinerja peningkatan produksi.

Berdasarkan data dari Mineral One Data Indonesia (MODI) Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga 28 Agustus 2024 realisasi produksi batubara nasional telah mencapai 518,30 juta ton atau sekitar 73 persen dari target yang ditetapkan tersebut.

Adapun 3 besar emiten tambang dengan jumlah produksi batubara terbanyak Semester 1 2024 adalah: PT Bumi Resources, Tbk. (BUMI) : 37,7 juta ton, PT Adaro Energy, Tbk. (ADRO) : 35,74 juta ton, dan PT Golden Energy Mines, Tbk. (GEMS) : 24,8 juta ton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini