Sukses

Jual Saham Bank of America, Warren Buffett Cuan Segini

Warren Buffett, yang mulai berinvestasi di bank pemberi pinjaman terbesar kedua di AS pada 2011, memiliki 13,1% saham senilai sekitar USD 45 miliar per Juli.

Liputan6.com, Jakarta Berkshire Hathaway yang dipimpin Warren Buffett kembali memangkas kepemilikannya di Bank of America (BoA). Dari aksi tersebut, Berkshire Hathaway meraup lebih dari USD 10 miliar atau sekitar Rp 156,35 triliun (asumsi kurs Rp 15.635,10 per USD), sejak memulai penjualan saham pada bulan Juli.

Warren Buffett, yang mulai berinvestasi di bank pemberi pinjaman terbesar kedua di AS pada 2011, memiliki 13,1% saham senilai sekitar USD 45 miliar per Juli. Putaran penjualan terakhir telah mengurangi kepemilikan saham menjadi 10,1%. Parade penjualan yang dilakukan Buffett tampaknya membuat pemegang saham BofA lainnya gelisah, pada saat prospek industri perbankan masih suram di tengah kekhawatiran atas kemungkinan resesi AS.

Sejak penjualan pertama Berkshire pada bulan Juli, saham BofA telah kehilangan hampir 7% dari nilainya, sementara JPMorgan Chase telah naik tipis 0,5%. Indeks KBW Bank telah naik hampir 2% dalam periode yang sama.

"Ketika salah satu investor terkemuka Amerika menjual, itu menciptakan kekhawatiran," kata Macrae Sykes, manajer portofolio di Gabelli Funds yang telah berinvestasi di BofA.

Sejak 2020, kepemilikan Buffett yang besar telah menjadikannya orang dalam perusahaan berdasarkan peraturan AS, tetapi ia tidak pernah berperilaku sebagai investor aktif. Jika ia mengurangi kepemilikannya lebih jauh, analis menilai hal itu dapat memperburuk tekanan pada saham.

"Anda perlu memiliki pemahaman yang sangat, sangat, sangat mendalam tentang perusahaan mana pun yang diperdagangkan Buffett, untuk mengatakan bahwa Anda memahami berbagai hal lebih baik daripada dia," kata Odysseas Papadimitriou, CEO perusahaan keuangan pribadi WalletHub.

Laporan Minggu Depan

Bank tersebut akan melaporkan hasil minggu depan, bersama dengan Citigroup, dengan investor mengawasi ketat potensi dampak dari biaya simpanan yang lebih tinggi dan permintaan pinjaman yang lesu.

Saham Bank of America tidak mungkin pulih dalam waktu dekat, menurut Suryansh Sharma, analis ekuitas untuk layanan keuangan di Morningstar Research, yang mengatakan saham itu tidak murah setelah pulih hampir 50% dari posisi terendah tahun 2023.

"Ke depannya, hanya ada sedikit hal positif yang dapat terjadi, yang dapat semakin meningkatkan saham," katanya.

 

2 dari 2 halaman

Mulai Investasi sejak 2011

Melansir Yahoo Finance, Rabu (9/10/2024), Buffett mulai berinvestasi di BofA pada tahun 2011, ketika banyak investor khawatir tentang kebutuhan modal bank setelah krisis keuangan.

CEO BofA Brian Moynihan memuji Buffett bulan lalu, menyebutnya sebagai investor hebat yang menstabilkan perusahaan. Sejak investasi Buffett, saham bank telah melonjak hampir enam kali lipat.

Moynihan mengatakan dia tidak tahu alasan di balik penjualan saham tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, Buffett juga telah menarik diri dari Wells Fargo, sebuah perusahaan yang dimilikinya sejak 1989. Portofolionya masih mencakup saham senilai hampir USD 3,5 miliar di Citi, yang tengah bangkit di bawah CEO Jane Fraser.

Beberapa investor melihat langkah Buffett sebagai tanda keraguannya terhadap ekonomi AS dengan latar belakang inflasi dan suku bunga yang tinggi. Yang lain menafsirkan langkahnya sebagai cerminan dari berkurangnya kepercayaan pada pasar saham, yang menurutnya menunjukkan perilaku seperti kasino.

Namun, BofA bukanlah satu-satunya saham yang dijual Buffett baru-baru ini. Awal tahun ini, Berkshire memangkas setengah sahamnya di raksasa teknologi Apple.

Pada pertemuan tahunan raksasa investasi tersebut di bulan Mei, Buffett mengatakan penjualan masuk akal karena tarif pajak federal atas keuntungan modal dapat meningkat tergantung pada siapa yang memenangkan pemilihan AS.

"Buffett adalah perusahaan yang sangat hemat pajak. Dia sudah lama berkecimpung di dunia bisnis," kata Art DeGaetano, pendiri dan CIO Bramshill Investments.

Video Terkini