Sukses

Raja Media Rupert Murdoch Lego Unit Bisnis Media Lokal

New Corp menjual Dow Jones Local Media Group yang mengoperasikan media lokal di berbagai kota di AS.

News Corp, perusahaan media asal Amerika Serikat milik Rupert Murdoch mengumumkan telah menjual sejumlah koran lokal milik Dow Jones Local Media Group kepada unit Fortress Investment Group dengan nilai transaksi yang masih dirahasiakan.

Penjualan kali ini termasuk Ottaway yang memiliki jaringan delapan surat kabar harian serta 15 surat kabar mingguan lainnya seperti Cape Cod Times di Hyannis, Massachussetts dan The Pocono Record di Stroudsburg, Pennsylvania masuk dalam daftar daftar media yang dilego.

Kelompok investasi Fortress juga memiliki GateHouse Media, dengan jaringan berjumlah lebih dari 400 surat kabar masyarakat yang tersebar di seluruh Amerika Serikat . GateHouse Media akan mengelola sejumlah media lokal.

Langkah tersebut telah diambil News Corp sejak mengakuisisi Dow Jones pada 2007. Dow Jones merupakan penerbit Wall Street Journal. Murdoch saat itu dengan cepat  memblokir surat kabar lokal tersebut mengingat ekonomi global tengah dihantam krisis dan pasar transaksi surat kabar tengah goyah.

Managing Director Waller Capital Partners Christine Frank seperti dikutip laman The Star, Rabu (4/9/2013) mengatakan, penjualan unit bisnis Dow Jones dilakukan seiring adanya "dana segar" dalam proses lelang penawaran. Namun dia menolak menyebutkan pihak mana saja yang terlibat. "Ada banyak wajah baru yang berminat membeli semua surat kabar tersebut," jelasnya.

News Corp baru-baru ini memisahkan asetnya antara media hiburan dan propertinya yang merupakan bagian dari 21st Century Fox Inc. Bersama dengan Wall Street Journal, portofolio News Corp terdiri dari sejumlah surat kabar harian besar seperti Times of London, The Australian dan New York Post.

"Kami yakin bahwa seluruh surat kabar tersebut akan lebih berkembang di bawah naungan pemilik yang baru, tapi surat kabar tersebut tak akan sama dengan portofolio baru News Corp," jelas CEO News Corp Robert Thomson.

Penjualan sejumlah surat kabar Dow Jones merupakan salah satu bagian yang terbesar sejak bulan lalu saat beberapa properti berpindah tangan.

Sepanjang Agustus, dua kesepakatan besar di industri media telah banyak terjadi seperti langkah New York Times Co menjual The Boston Globe dan satu media lainnya ke pemilik dan manajer Hedge Funds Boston Red Sox  John W. Henry seharga US$ 70 juta. Harga tersebut lebih rendah saat New York Times Co membelinya seharga US$ 1 miliar.

Keluarga Graham memutuskan untuk keluar dari bisnis surat kabar tersebut setelah pengabdian selama 80 tahun dan sepakat untuk menjual Washington Post ke pendiri Amazon.com Inc, Jeff Bezos seharga US$ 250 juta. (Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini