Sukses

Film yang Disutradarai Ryan Gosling Dicemooh di Cannes

Ryan Gosling tak mau kalah jadi sutradara. Tapi filmnya tak disukai.

Liputan6.com, Cannes Kian banyak saja aktor Hollywood yang mencoba peruntungan jadi sutradara. Setelah George Clooney dan Ben Affleck yang film-film karyanya dipuji kritikus, Ryan Gosling ogah ketinggalan jadi sutradara.

Di Festival Film Cannes 2014 yang tengah berlangsung di Cannes, Perancis, Gosling memperkenalkan karya pertamanya sebagai sutradara berupa film berjudul Lost River. Film itu masuk sesi seleksi Un Certain Regard sebagai wadah bagi film-film yang menyodorkan pendekatan baru dan tak biasa, tapi di luar sesi kompetesi.

Selasa (20/5/2014) kemarin waktu setempat, karya Gosling dipertunjukkan ke khalayak di Cannes. Wartawan Deadline yang hadir di Cannes, melaporkan Rabu (21/5/2014), terdapat antrian panjang hadirin yang ingin menonton film Gosling di bioskop Debussy. Penonton sudah mengantri lebih awal dari biasanya demi menyaksikan film Gosling yang sudah mereka tunggu-tunggu.

Sang wartawan bercerita, selama meliput di Cannes beberapa hari untuk perhelatan Festival Cannes 2014, film Gosling adalah film pertama yang dilihatnya orang mencemooh usai nonton. Banyak yang kompak berseru "Huuu…" usai nonton. Walau, katanya, ada juga yang bertepuk tangan.

Pada akhirnya, wartawan Deadline itupun menulis, "Gosling memiliki kepintaran dan rasa sensitifitas sebagai aktor. Dia salah satu yang terbaik dan seorang pengambil risiko dari deretan aktor generasinya. Tapi sebagai sutradara, dia sepertinya hanya meniru film-film yang sudah ditontonnya, bukan menyajikan sebuah kehidupan di layar."

Kritikus film Variety, Justin Chang menulis dalam ulasannya tak menyukai film bintang Drive itu dan menyebutnya, "karya naas dari debut penyutradaraan-skenario Ryan Gosling." Kritikus film Variety lainnya, Scott Foundas bilang film Gosling membuatnya menguap.

Sementara itu, kritikus film Koran Inggris Guardian, Peter Bradshaw berkicau di akun Twitternya. "Coba pikir. Jika Ryan Gosling bukan aktor hebat, dia pasti takkan diizinkan jadi sutradara. *menatap langit, berteriak*," tulis Bradshaw.

Memangnya film apa sih yang dibuat Gosling?

Situs imdb menyebutkan Lost River berkisah tentang seorang ibu yang tersapu masuk ke dunia gelap, sementara anaknya yang berusia remaja mendapati sebuah jalan yang menuntunnya ke kota rahasia di bawah air. Gosling dikatakan mengangkat metafora kota Detroit yang mati akibat krisis ekonomi. Filmnya dibintangi Christina Hendricks, Eva Mendes dan Matt Smith.

Gaya penyutradaraan Gosling dikatakan para pengamat memadukan gaya Terrence Malick (Tree of Life) dan David Lynch (Blue Velvet, Mullholand Drive), dua sutradara yang terkenal dengan gaya visual yang tak biasa. Alih-alih dipuji, gaya Gosling ini malah membuatnya tersesat.(Ade/Mer)

Video Terkini