Sukses

Solena Chaniago Berbagi Ilmu ke Pemukiman Pemulung

Solena membagi ilmu memotong rambut kepada para pemulung dan orang-orang tak mampu.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi hair stylish kenamaan di New York, Amerika Serikat, tak membuat transgender Solena Chaniago lupa pada Indonesia. Ia pun mulai rajin berbagi ilmunya itu hingga ke pelosok-pelosok. Yang terbaru, Solena mengajarkan beberapa orang di pemukiman pemulung sampah di kawasan Jakarta Selatan.

"Aku pikir sudah nggak ada lokasi yang kumuh begini, ternyata masih ada dan itu cukup menyedihkan. Lihat dari kebersihan lingkungannya, aku tadi ajarkan cara potong rambut. Itu skill yang aku punya dan bisa cepat terapkan," kata Solena di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Dengan adanya pelajaran potong rambut, Solena berharap akan ada anak-anak di pemukiman yang bisa menjadikan potong rambut sebagai mata pencarian baru. Apalagi, kata Solena, ilmu penataan rambut sangat mudah dipelajari.

"Setidaknya menggelitik mereka dulu bahwa potong rambut itu gampang. Nggak harus buka salon, potong rambut teman saja dulu. Nggak susah kok, yang penting keberanian pegang gunting. Kalau salah, rambut juga akan tumbuh lagi kan," terang hair stylish yang bekerja di Paul Labrecque Salon, New York.

Tak hanya itu, pemain film The Brooklyn Finest ini juga berencana untuk mengajarkan anak-anak di pemukiman belajar Bahasa Inggris. Nantinya, Solena bakal menyisihkan waktu sekitar dua hingga tiga jam untuk berbagi ilmu yang dimilikinya.

"Aku mau menyumbang waktu seminggu, mengajarkan Bahasa Inggris. Mereka ada LSM untuk buka kelas harian sekitar dua sampai tiga jam sehari buat mendidik anak di sini," tutur Solena.