Sukses

<i>Gie</i> Film Terbaik FFI 2005

FESTIVAL Film Indonesia kembali digelar di Jakarta Convention Center, Kamis (15/12) malam. Ajang penghargaan tertinggi untuk insan film Tanah Air ini mengumumkan <i>Gie</i> garapan Riri Riza sebagai film terbaik. Gie juga meraup pemeran utama pria dan tata sinematografi terbaik lewat aktor Nicholas ...

FESTIVAL Film Indonesia kembali digelar di Jakarta Convention Center, Kamis (15/12) malam. Ajang penghargaan tertinggi untuk insan film Tanah Air ini mengumumkan Gie garapan Riri Riza sebagai film terbaik. Gie juga meraup pemeran utama pria dan tata sinematografi terbaik lewat aktor Nicholas Saputra dan Yudi Datau. Aktris Marcella Zalianty terpilih sebagai pemeran utama wanita terbaik lewat film Brownies. Sutradara Brownies Hanung Bramantyo juga meraih Citra untuk sutradara terbaik dan menyisihkan Riri Riza yang lebih difavoritkan. Selain itu, film ini juga menang tata suara terbaik melalui Asifa Nasution dan Andi Molana. Sedang pemeran pendukung wanita terbaik disabet Adinia Wirasti dalam film Tentang Dia. Anto Hoed yang menggarap musik film ini diganjar untuk tata musik terbaik. Pemusik kawakan Gito Rollies yang turut bermain dalam Janji Joni diberi anugerah pendukung pria terbaik. Menurut Gito, menyabet Piala Citra adalah kehormatan tertinggi bagi insan film. "Dan saya main film itu sejak 1979, bersama teman-teman dulu ngotot banget pengen dapat Citra," kenang dia. Sementara itu, Piala Citra editing terbaik digondol Yoga K. Koesprapto lewat film Janji Joni. Frans X.R. Paat dalam film Virgin memenangkan kategori tata artistik terbaik. Di samping itu, skenario Musfar Yasin dalam film Ketika dipilih dewan juri sebagai terbaik. Festival tak lupa memberi penghargaan khusus untuk aktor gaek Pietrajaya Purnama atas pengabdian seumur hidup (Lifetime Achievement) dalam dunia film Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini