Sukses

Cerita Acha Septriasa Ditawari Jadi Nagini untuk Fantastic Beasts 2

Jauh sebelum Claudia Kim terpilih menjadi sosok Nagini, Warner Bros sempat melakukan beberapa casting.

Liputan6.com, Jakarta - Trailer film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald menjadi sorotan setelah munculnya karakter Nagini, wanita cantik yang bisa menjelma sebagai ular kesayangan Voldermort. Aktris berkebangsaan Korea Selatan, Claudia Kim, mendapat kehormatan memerankan karakter ini.

Jauh sebelum Claudia Kim terpilih menjadi sosok Nagini, Warner Bros sempat melakukan beberapa casting. Tahukah kamu bahwa mereka juga memberi kesempatan kepada salah satu selebritas Indonesia?

Selebritas yang beruntung tersebut adalah Acha Septriasa. Ya, hal ini juga dibenarkan oleh ibunda Acha, Rita Emza. Ia pun menceritakan awal Acha mendapat casting sebagai Nagini.

"Memang Acha pernah disuruh untuk casting oleh Viona Weir, talent agency. London," ungkap Rita Emza saat dihubungi Kapanlagi.com, Kamis (27/9/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mendapat Balasan

"Pada saat itu akhir Januari, Acha belum tahu apakah dia hamil atau tidak. Pada saat itu, mereka hanya minta kami mengirim CV terakhir dan foto terbaru Acha. Di bulan Februari, mereka meminta Acha membuat casting by video yang skripnya masih confidential dengan judul Voltaire dan hanya bisa dibaca lewat portal yang bisa di-download hanya 2 jam, dihafalkan dan tidak dapat difoto karena otomatis akan hilang. Dan meminta Acha mengirim hasil video lewat secure link yang mereka instruksikan untuk di-download di sana," lanjutnya.

Dari situ, mereka mulai berkomunikasi dan mengungkap jika syuting akan dilakukan sekitar bulan Juli sampai Desember. Mendapat balasan kembali, tentu membuat Acha merasa senang.

Apalagi, syuting yang sudah diperkirakan bulannya itu, akan dilakukan di London dan juga Paris. Tak hanya Acha saja yang merasa senang, tapi juga pihak keluarga, termasuk sang mama.

"Setelah itu, kami hanya berkomunikasi lewat email. Mereka menanyakan availability syuting di bulan Juli sampai dengan Desember 2017. Pada saat itu, kami hanya memberi jawaban available," ucap Rita.

3 dari 5 halaman

Melompat Girang

"Karena tidak menyangka Acha akan dihubungi kembali. Di bulan April, mereka mengirim email kembali katanya just to reconfirm apakah Acha masih available di Juli sampai dengan Desember karena syuting akan diadakan di London dan Paris. Sedangkan reading akan dilaksanakan di bulan Juni," imbuhnya.

Perasaan senang Acha kala mendapatkan balasan seperti itu, ia pun merasa kegirangan. Rita pun masih ingat Acha sampai melompat-lompat girang kala itu. Namun sayang, di luar prediksi saat itu Acha sedang hamil 4 bulan.

Awalnya, Acha dan Rita bingung bagaimana menyikapinya. Apakah mereka harus berterus terang dengan kehamilan Acha. Hingga pada akhirnya, mereka pun meminta apakah adegan Acha bisa dimundurkan.

"Kami memilih tidak memberitahu, berharap syuting akan diundur entah karena apa. Walaupun kami masih belum tahu film apa itu. Di bulan Juni mereka memberi konfirmasi tentang film yang akan mulai syuting di bulan Juli dan memberitahu bahwa peran Acha di film ini penting dan cukup banyak scene yang akan dilaksanakan. Masih dan bertanya apakah waktunya masih available. Di situlah saya menjawab dengan jujur dan meminta apakah scene Acha bisa dilaksanakan di bulan Oktober. Tentu ini pertanyaan yang tidak mungkin. Yang kemungkinan memang dijawab mereka enggak bisa mundur," pungkas istri dari Sagitta Ahimsha ini.

4 dari 5 halaman

Mewakili Asia

Mungkin banyak yang bangga karena Claudia Kim yang berasal dari Korea Selatan mewakili Asia di film Fantastic Beasts yang notabene prekuel dari novel dan franchise sukses Harry Potter. Tapi tak sedikit juga yang merasa kecewa kenapa perwakilan Asia harus memerankan karakter Nagini.

Nagini di film-film Harry Potter diceritakan sebagai peliharan dan budak dari Lord Voldermort. Intinya karakter Nagini ini bukanlah protagonis yang patut dibanggakan.

Para warganet kemudian membahas tentang sejarah aktor-aktor Asia di film Harry Potter (well, Claudia Kim jelas bukanlah yang pertama). Masih ingat dengan karakter Cho Chang? Cinta pertama Harry Potter itu diperankan oleh Katie Leung. Kemudian ada dua gadis India, Parvati dan Padma Patil, dua siswa Hogwarts, satu angkatan Harry Potter. Fans protes kenapa tiga karakter berdarah Asia itu sama sekali tidak dieksplorasi dan hanya sekadar figuran yang sama sekali tak mempengaruhi keseluruhan cerita.

Salah satu warganet kemudian memprotes kenapa tiba-tiba J.K. Rowling menceritakan Nagini sebagai wanita Asia yang lalu diperankan oleh aktris asal Korea Selatan. Sang penulis kemudian memberikan penjelasan tentang bagaimana ia punya ide soal Nagini.

5 dari 5 halaman

Mitos Indonesia

"Naga dikenal sebagai sesosok makhluk mirip ular yang berasal dari kisah mitos Indonesia, yang kemudian menjadi asal muasal nama 'Nagini.' Naga sendiri sering kali digambarkan sebagai makhluk bersayap, memiliki tubuh setengah manusia, sampai setengah ular. Indonesia memiliki ratusan suku budaya, meliputi suku Jawa, Cina, dan Betawi. Semoga harimu menyenangkan," tulis Rowling.

Apa ini berarti Nagini aslinya berasal dari Indonesia? Hanya JK Rowling yang tahu atau mungkin akan ada penjelasan di film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald yang akan tayang November mendatang.

Penulis: Galuh Esti Nugraini

Sumber: Kapanlagi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.