Sukses

Gemuruh Festival Musik Indie di Land of Expression

Musik Indie adalah semangat pergerakan yang bebas untuk menghasilkan karya tanpa campur tangan label.

Liputan6.com, Jakarta - Band-band Indie semakin mendapat tempat dengan banyaknya festival yang dibuat. Salah satunya adalah Indieland "Land of Expression" yang bakal diselenggarakan di Scientia Square Park, Summarecon Digital Center, Tangerang, Sabtu (15/12/2018) ini.

Indieland "Land of Expression" sendiri ajang pertama yang dibuat oleh Soundsations dan Java Indonesia Project (JIP). Beberapa musisi dan band papan atas akan ikut ambil bagian. Mereka antara lain Sisitipsi, The Groove, Maliq & D’Essentials, Riuh Sunyi, dan The Sigit.

Selain mereka, juga akan hadir 14 band indie yang telah lolos audisi IndieLand. Acara kolaborasi antara IndieLand dan Soundsation ini ditujukan untuk mewadahi para musisi indie di Tanah Air agar bisa mengeksplorasi dan memasarkan karya mereka. 

Ikrar Ariandara selaku Project Director JIP mengatakan bahwa industri musik di Indonesia akhir-akhir ini tak lepas dari musik indie. Tak salah jika akhirnya dibuat Indieland "Land of Expression".

"Musik Indie adalah semangat pergerakan yang bebas untuk menghasilkan karya tanpa campur tangan label atau pemain besar di industri musik sendiri. Semangat untuk mencari peluang demi memajukan dan menunjukan karya kepada khalayak luas menjadi poin penting dalam pergerakan musik indie saat ini," ujar Ikrar Ariandara saat jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/12/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Musisi Indie

Indieland sudah memulai perjalanan sejak November lalu. Mereka membuka kesempatan bagi seluruh musisi Indonesia untuk bergabung dengan mendaftarkan karyanya di website resmi Indieland. Selain melalui online, Indieland juga menyediakan audisi secara offline di mana para musisi dapat menampilkan karya mereka di tujuh lokasi yang sudah ditentukan.

Semua karya yang didaftarkan secara online akan dikurasi oleh Gara Gara Musik, sebuah komunitas yang peduli akan kemajuan musik indie. Komunitas Gara Gara Musik dinaungi oleh Fia (Riuh Sunyi), Tania Samantha, dan Rudy Irawan dari JIP.

 

3 dari 3 halaman

Kriteria

Terhitung ada 350 band yang mendaftarkan karya mereka. Dari 350 tersebut, Gara Gara Musik berhasil memilih 14 band yang akan tampil di acara Indieland X Soundsations "Land of Expression". Dalam pemilihan tersebut tentu ada kriteria-kriteria yang harus terpenuhi.

"Kriterianya jelas harus berkarakter unik, secara sound dan aransemen harus bagus. Yang paling penting dan utama itu lagu harus orisinil, karena kemarin banyak yang Cuma ngecover lagu aja dan itu langsung kita eliminasi. Materi lagu harus sama bagusnya antara rekaman dan live karena kan banyak yang pas rekaman bagus banget tapi pas nyanyi live jelek," ujar Fia di tempat yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.