Sukses

Ririn Ekawati Yakin Indonesia Maju Jika Pindahkan Ibu Kota

Ririn Ekawati mengungkapkan pendapatnya terkait wacana pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu isu hangat yang dibahas publik tahun ini, rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota Republik Indonesia. Presiden Jokowi berencana memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Ia telah menyurvei sejumlah kota di Kalimantan dan konon, Sulawesi.

Rencana Presiden Jokowi ini direspons sejumlah pihak termasuk para artis. Ririn Ekawati misalnya, menyambut hangat rencana Presiden Jokowi. Sebagai warga, ia mengingatkan RI-1 bahwa proses pemindahan ibu kota negara tidak mudah.

“Proses pemindahan ibu kota bisa jadi akan repot di awal. Membangun (sebuah kota menjadi) ibu kota baru tidak mudah, butuh waktu lama,” terang Ririn Ekawati dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta, baru-baru ini.

Ririn Ekawati menambahkan, memisahkan ibu kota sebagai pusat pemerintahan dan pusat ekonomi ide bagus. “Jadi lebih terfokus, mengingat beban yang disangga Jakarta sebagai pusat ekonomi sekaligus pemerintahan sangat berat,” ujarnya.

Ririn Ekawati menyebut negara dan provinsi yang berhasil memisahkan ibu kota dari pusat ekonomi. Amerika Serikat misalnya memilih Washington DC sebagai pusat pemerintahan sementara New York dijadikan pusat ekonomi.

Kalimantan Timur, kata Ririn, juga memberlakukan hal serupa. Samarinda didapuk sebagai pusat pemerintahan, Balikpapan menjadi pusat bisnis. Ririn yakin, pemindahan ibu kota akan membuat kondisi Indonesia lebih aman nantinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Aman

“Kondisi jadi lebih aman. Saya berpikir begini, banyak orang unjuk rasa di Jakarta dan tak jarang berakhir ricuh. Kalau ibu kota pindah ke luar Jawa, orang akan berpikir sekian kali untuk demo karena biaya transportasi ke ibu kota yang baru mahal,” seloroh Ririn Ekawati yang berdarah Kalimantan dan Sulawesi.

Ia melanjutkan, “Saya dengar wacana pemindahan ibu kota sudah digagas sejak era Bung Karno dan akan direalisasikan Pak Jokowi. Semoga Indonesia menjadi lebih aman dan maju.” (Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.