Sukses

Kisah Pilu Bioskop Indonesia Tutup Akibat Virus Corona, Ada Yang Tulis Surat Untuk Penonton

Beredar kabar, satu demi satu bioskop tutup sementara merespons imbauan pemerintah terkait penerapan social distancing.

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Cirona di Indonesia terus meluas. Dampak wabah virus Corona menjalar ke berbagai sektor industri termasuk hiburan termasuk layar lebar. Beredar kabar, satu demi satu bioskop tutup sementara merespons imbauan pemerintah terkait penerapan social distancing atau menjauhi kerumuman.

Kabar pertama sebenarnya didapat Showbiz Liputan6.com pada Selasa (17/3/2020) lalu. Bioskop independen Gajah Mada di Tegal, Jawa Tengah, tutup untuk menghambat laju persebaran virus Corona.

Mohon maaf bioskop hari ini tutup,” tulis akun Twitter Gajah Mada Cinema sambil mengunggah video berdurasi 12 detik berisi penampakan lobi bioskop yang ditutup untuk umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tutup Demi Tangkis Corona

Dengan cepat, langkah ini diikuti bioskop daerah lainnya. Rajawali Cinema Purwokerto yang beroperasi lebih hampir 40 tahun akhirnya tutup sementara demi menangkis virus Corona.

Akun Twitter Rajawali Cinema menulis pesan mengharukan. “Di tahun 2020 ini, perjalanan Rajawali Cinema yang hampir 40 tahun hadir menemani moviegores di Purwokerto tercinta ini, tak pernah melewatkan satu hari pun libur,” ungkap pihak Rajawali Cinema seraya mengunggah suratnya.

3 dari 5 halaman

Surat Untuk Penonton

“Saat ini demi kebaikan bersama seluruh masyarakat Indonesia, mari kita bersama-sama mendukung upaya peningkatan kewaspadaan penularan ini sebagai jalan menuju kesehatan bersama, menuju Indonesia sehat,” demikian isi surat untuk pencinta film. 

Cerita pilu lainnya datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Seorang warganet mengunggah surat edaran dari Wali Kota Banjarmasin ke situs jejaring sosial Twitter, Jumat (20/3/2020) sore).

4 dari 5 halaman

Surat Edaran Wali Kota

Dalam surat bernomor 556/ 491/PENG.PAR/ DISBUDPAR perihal penutupan operasional sementara itu, sang Wali Kota mengimbau penutupan tempat hiburan malam.

Ada 4 poin yang menjabarkan jenis tempat hiburan. Poin ketiga menyebutkan, “Usaha penyelenggara hiburan dan rekreasi umum lainnya, bioskop, Trans Studio, Timezone, Amazone, dan sejenisnya.”

5 dari 5 halaman

Tanggap Darurat Corona

Menyertai unggahannya, warganet ini mengabarkan, “Banjarmasin juga tutup bioskopnya.” Saat artikel ini disusun, Bekasi dan Malang, Jawa Timur, dilaporkan menutup tempat hiburan termasuk bioskop.

Sementara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan situasi tanggap darurat virus Corona. Hingga artikel ini disusun, rumor seputar penutupan sementara sejumlah tempat hiburan termasuk jaringan bioskop mulai terdengar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini