Sukses

Gatot Soenjoto Seniman Boneka Tongki Meninggal Dunia

Gatot Soenjoto meninggal dunia Sabtu (12/9/2020) dini hari.

Liputan6.com, Jakarta Gatot Soenjoto meninggal dunia. Dunia entertainmen Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Pak Gatot, begitu dia biasa disapa meninggal dunia Sabtu (12/9/202) dini hari. 

Berita berpulangnya Gatot Soenjoto diterima Liputan6.com dari pengamat musik Stanley Tulung. "Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke pangkuan ibu pertiwi senima serba bisa, drummer, penyanyi, penulis lagu, perkusionis Gatot Soenjoto... Semoga mimpi indah di tidurt panjangmu Om Gatot sahabatku. Selamat jalan panutan. Doa kami bersamamu". Begitu Stanley menuliskan via Whatsapp. 

Dalam akun Facebook @Indonesian Multi Entertainer Gatot Soenjoto & Tongki kabar duka itu juga ditulis sang anak.

"Hari ini adalah momen terberat bagi kami keluarga Pondok Tongki. Sabtu dini hari, tanggal 12 Sept 2020 Papa kami tercinta, idola saya, mentor saya Gatot Soenjoto, berpulang kembali ke Sang Maha Pencipta. Papa meninggalkan kami dengan damai dalam tidurnya di rumah dan bersatu dengan semesta. Papa adalah orang yang sangat dicintai, yang semasa hidupnya selalu bersama keluarga hingga akhir hayatnya.Papa, kami akan selalu mencintaimu, dan menjalani hidup yang akan membuatmu bangga.Banyak cinta selalu, Tuhan memberkati, sampai kita bertemu lagi. 😔🙏❤️💐💐 Sun sungkem kami keluarga Pondok Tongki: Devi, Deva, Dian, Dinda, Canda, Candrika, dan Mama Istijah Prajitnaningsih.

Begitu berita duka tentang meninggalnya Gatot Soenjoto ditulis sang putra; Deva Gatot Permana di laman jejaring sosial itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Boneka Tongki

Gatot Soenjoto memang pantas disebut multi entertainer. Selain dikenal sebagai personel band, di era tahun 1980-an, Pak Gatot disukai masyarakat Indonesia, terutama anak-anak karena aksinya yang kocak bersama boneka Tongki.

 

3 dari 5 halaman

Ventriloquisme

Ya, Pak Gatot memiliki kemampuan seni berbicara tanpa menggerakkan bibir. alias Ventriloquisme. Mengutip dari Wikipedia istilah ini sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara dari perut.

Bersama boneka Tongki yang dipangkunya, Gatot biasa berinteraksi di atas panggung. Suara sang boneka dihasilkan dari suara perutnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Belajar di New York

Pertama kali Gatot Soenjoto belajar ventriloquism di New York tahun 1974. Yaitu saat dirinya bermain musik bersama Band Los Morenos Restoran Ramayana. Dia mengakui gurunya adalah Michael Tannen.

5 dari 5 halaman

Ala Elvis Prestley

Sejatinya, saat itu Pak Gatot adalah seorang drummer di band tersebut. Perkusionis ini juga punya penampilan unik, sesekali tampil dengan dandanan dan busana ala Elvis Prestley.

Mengutip dari Ensiklopop Indonesia, Gatot adalah pria kelahiran Malang, 28 Agustus 1940.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.