Sukses

Kerjakan Luca, Animator Pixar Riset Sambil Pesta Kuliner Italia

Sutradara Luca, Enrico Casarosa, menjelaskan pentingnya riset seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta Luca, judul film animasi terbaru studio Pixar, akan membawa para penonton ke Italia. Lebih spesifik lagi, yang menjadi latar dalam film animasi ini adalah suasana kota pelabuhan di negara ini pada tahun 1950 hingga 1960-an.

"Setting sangat penting dalam film ini, dan target kami adalah membawa para penonton ke Italia," kata produser Luca, Andrea Warren, dalam presentasi daring yang digelar Disney - Pixar, baru-baru ini.

Hanya saja, selain sang sutradara yakni Enrico Casarosa yang punya kampung halaman di negara ini, sebagian besar staf yang terlibat film ini tak punya kedekatan langsung dengan Italia.

"Kami ingin memastikan tim kami terhubung dengan latar cerita. Jadi kami melakukan apa yang harus kami lakukan," kata dia.

Apa itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cahaya, Air, hingga Makanan

Rupanya riset yang mereka lakukan, berjalan dengan cara menyenangkan. "Kami makan pasta, makan gelato banyak-banyak, dan sebagian dari tim bahkan berangkat ke Italia," tutur Andrea.

Tentu tujuan mereka bukan untuk melancong dan bersenang-senang belaka.

"Kami pergi ke berbagai kota yang berbeda. Kami harus pergi ke sana dan merasakan tekstur, cahayanya, air, dan cita rasanya. Makanan menjadi hal yang penting untuk dicicipi," kata Enrico Casarosa dalam catatan produksi.

3 dari 5 halaman

Makan Bareng

Proses riset bahkan menjadi momen hangat bagi tim produksi Luca.

Production designer Daniela Strijleva menjabarkan, "Hal pertama yang kami lakukan adalah bergabung dengan orangtua Enrico untuk makan bersama. Kami tak hanya menikmati dan belajar tentang Italia, hubungan kami sebagai tim juga makin erat, juga dalam berpikir tentang proses kreatif bersama."

4 dari 5 halaman

Sinema Italia

Tak hanya itu, tim produksi Luca juga melakukan riset terkait sinema negara di benua Eropa ini.

"Kami juga menonton banyak film Italia untuk menyelami kulturnya, salah satunya adalah Big Deal on Madonna Street (I Soliti Ignoti). Bahkan ada kameo film ini [di Luca], singkat sekali, tapi kuharap kalian bisa melihatnya," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Luca di Dunia Manusia

Luca merupakan nama karakter utama film ini yang disuarakan aktor cilik Jacob Tremblay. Luca hidup dengan keluarganya di bawah laut dengan satu aturan utama: jangan muncul ke dunia manusia di atas permukaan laut.

Perkenalannya dengan Alberto (Jack Dylan Grazer) membuatnya nekat melanggar aturan ini. Apalagi ia terbayang-bayang dengan sebuah benda bikinan manusia yang diperkenalkan Alberto: motor Vespa.

Luca akan tayang di Disney Plus pada 18 Juni 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.