Sukses

Ibunda Kalina Ocktaranny Idap Kanker Rahim Stadium 2, Sudah Tak Bisa Duduk dan Bergerak

"Mama sudah enggak bisa bergerak. Duduk begini saja sudah enggak bisa," Kalina Ocktaranny menjelaskan kondisi terkini ibunya, Erlan Wardhania.

Liputan6.com, Jakarta Kalina Ocktaranny akhirnya buka kartu soal kondisi terkini ibundanya, Erlan Wardhania. Ia menyebut sudah bertahun-tahun Erlan berjuang melawan kanker rahim.

“Kanker rahim, jadi waktu anak gue masih kecil, nyokap divonis kanker di stadium satu awalnya. Cuma siapa sih yang enggak kaget kalau dengar kata kanker,” kata istri Vicky Prasetyo.

Kali pertama ditemukan, kanker rahim yang menyerang Erlan Wardhania baru stadium satu. Sayang, setelah itu ia “kabur” dari dokter dan beralih ke metode pengobatan alternatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Belasan Tahun Kemudian...

Lantaran tak membuahkan hasil, Erlan kembali ke jalur medis. Nahas, kanker itu berkembang dan memasuki stadium dua. Sel kanker telah diangkat namun masalah tak henti sampai di situ.

“Sudah diangkat kankernya terus berapa belas tahun kemudian… itu mungkin, nyokap konsumsi obat-obatan, obat kanker kan keras. Itu akhirnya (berdampak) ke kandung kemihnya kena,” Kalina menyambung.

3 dari 5 halaman

Komplikasi Sekarang

Tak hanya kandung kemih, dampak obat menjalar ke organ vital lain seperti ginjal, paru-paru, bahkan jantung. Mau buang air kecil saja, Erlan Wardhania kesusahan dan kesakitan.

“Kan kalau air tuh kayak mencari jalan keluar, kalau masih yang tersumbat, terkumpul akhirnya ke pembengkakan jantung, paru-paru, dan ginjal. Komplikasi sekarang,” urai Kalina Ocktaranny.

4 dari 5 halaman

Minta Doa Untuk Mama

“Minta doanya saja yang terbaik untuk Mama. Karena mama tuh harusnya ke (Rumah Sakit) Dharmais tapi karena kondisinya lagi (pandemi Covid-19) begini,” cetus mantan istri Deddy Corbuzier.

Ini kami lansir dari video Kalina dari Pernikahan Gagal, Dicap Tukang Kawin Cerai Hingga Sang Bunda Sakit Keras, yang mengudara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, 19 Juli 2021.

5 dari 5 halaman

Sudah Enggak Bisa Bergerak

Lantas, seperti apa kondisi ibunda Erlan Wardhania saat ini? “Mama sudah enggak bisa bergerak. Duduk begini saja sudah enggak bisa,” Kalina Ocktaranny membeberkan.

Erlan Wardhania saat ini tinggal terpisah dengan putrinya. Kalina Ocktaranny berencana mengajak ibunya tinggal seatap untuk memudahkan pengawasan terkait kondisi kesehatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.