Sukses

Sonia Eryka Berbagi Tips Fotografi, Gunakan Alat yang Ada di Rumah Sebagai Reflektor

Sonia Eryka, kakak penyanyi Rich Brian, dikenal sebagai fotografer fesyen andal. Ia berbagi tips sederhana soal pencahayaan dalam foto.

Liputan6.com, Jakarta Dikenal sebagai kreator konten dan fotografer fesyen ternama, Sonia Eryka berbagi kiat menjadi juru foto andal. Menurutnya, investasi di bidang fotografi tak semahal yang dibayangkan orang.

Ditanya peralatan yang wajib ada selain kamera untuk memotret, selebgram dengan hampir 200 ribu pengikut ini menyebut reflektor. Ini pun tak harus beli karena bisa memanfaatkan peranti rumah.

Kakak penyanyi Rich Brian menyebut lampu tidur bisa dijadikan reflektor selain daylight atau sinar matahari pada siang hari yang menembus dari balik pintu atau jendela rumah.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Aku Pakai Daylight

“Kalau tertarik sama fotografi sih dari awal hal yang simpel, tidak harus dengan peralatan mahal. Misalnya, reflektor. Reflektor tuh sangat membantu,” Sonia Eryka menerangkan.

“Aku pakai daylight dengan background kertas putih saja. Kita semua punya di rumah. Kalau ada objek yang lebih besar, pakai reflektor, stereofoam atau bidang putih yang merefleksikan cahaya, ditaruh di bagian yang gelap dan itu bisa bring-up cahaya,” urainya.

3 dari 5 halaman

Hal-hal Simpel

Kuncinya, adalah eksperimen dan memanfaatkan peranti yang ada di sekitar. Kalau punya bujet lebih, barulah beli peralatan profesional. Ini disampaikan Sonia Eryka dalam wawancara virtual dengan Showbiz Liputan6.com baru-baru ini.

“Hal-hal simpel yang kita punya di rumah. Pencahayaan tambahan bisa pakai lampu tidur. Rajin eksperimen saja sih, enggak harus beli barang mahal,” paparnya, panjang.

 

4 dari 5 halaman

Saya Orangnya Romantis

Sonia Eryka menonjol dengan karya-karya fashion fotografi yang playful dan passion in sustainability. Karyanya kebanyakan personal storytelling dan hasil observasi, dibungkus dalam visual dengan warna-warna cerah.

“Karena saya orangnya romantis, secara tidak sadar tuh, saya suka meng-capture warna merah dan pink. Baju-baju yang saya buat identik dengan warna merah dan pink. Saya juga suka kuning karena memancarkan kebahagiaan kayak sinar matahari,” katanya awal bulan ini. 

5 dari 5 halaman

Forgotten Emotion

Sonia Eryka salah satu dari enam prodigy yang terlibat dalam kompetisi foto “Oppo Renovators - Emerging Artists Project Indonesia 2021.” Lima lainnya yakni Anton Ismael, Gema Semesta, Liko Sukhoy, Fandy Susanto Table Six, dan Vicky Tanzil.

“Kolaborasi dengan enam prodigy diharapkan membuka wawasan generasi muda soal berbagai hal yang bisa dieksplorasi dengan medium apa saja, termasuk Forgotten Emotion. Forgotten Emotion yakni kumpulan emosi manusia yang tertahan, terlupakan, menjadi asing karena aktivitas tertentu tak lagi dilakukan akibat pandemi,” urai Chief Creative Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.