Sukses

Terungkap, Rahasia di Balik Kesuksesan Squid Game

Squid Game menghubungkan lanskap yang banyak terjadi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Film Squid Game telah mencapai posisi wahid dalam daftar Top 10 Netflix di 90 negara. Itu artinya, Squid Game berhasil meraih kesuksesannya. 

Di Amerika Serikat misalnya, Squid Game menjadi film Korea pertama yang menempati posisi nomor satu sejak 21 September. Konsep filmnya disebut nggak original karena film dengan permainan mematikan lain pernah ditayangkan, seperti Battle Royal, The Hunger Games, dan Westworld. 

Di balik film yang seolah-olah bernostalgia dengan permainan anak-anak, namun Squid Game dinilai telah menggambarkan kondisi yang terjadi saat ini. Ya, hal itulah yang berhasil menyukseskan Squid Game setelah sebelumnya terjadi penolakan karena film ini dinilai sadis. 

Dikutip laman Forbes, Squid Game menghubungkan antara utang dan kematian. Itu adalah lanskap yang banyak terjadi saat ini. 

Dalam film tersebut, Squid Game menghadirkan para pemain yang putus asa dan mempertaruhkan hidup mereka, untuk mendapatkan jackpot. 

Selain itu, film ini menggambarkan pula tentang ketidaksetaraan ekonomi yang melekat di setiap karakternya. Sosok protagonis, Seung Gi hun misalnya yang menceritakan latar belakangnya. 

Dia adalah seorang karyawan di perusahaan mobil dan mengisyaratkan bahwa para eksekutif di perusahaan tempatnya bekerja melakukan korupsi. 

Alhasil dia dan para pekerjanya melakukan barikade di depan pabrik, hingga terjadi kerusuhan yang membuat temannya meninggal dunia karena dipukuli pihak berwenang. 

Selain itu, Gi hun juga diperkenalkan sebagai orang yang suka menghabiskan yang hasil jerih payah ibunya karena kecanduan judi. Alhasil, masalah yang dimunculkan dalam tokoh Gi hun adalah pekerjaan yang gagal, utang, rentenir, dan perceraian.

Meski demikian, namun ketika mengikuti permainan dengan para sosiopat dan oportunistik, dia berhasil mempertahankan kemanusiaannya, selama jam-jam putus asa. Ya, Squid Game berhasil karena reliabilitasnya. 

Gimana kamu sudah nonton film ini? jika belum, langsung ke platform streaming kesayanganmu ya. Jangan lupa, buat nontonnya pakai internet dengan sinyal yang kuat. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini