Sukses

Dewa Budjana Berkarya di Musik Hip Hop, Kolaborasi dengan Rapper 8 Ball

Dewa Budjana melakukan kolaborasi unik bersama rapper 8 ball.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada kata berhenti dalam berkarya. Filosofi itulah yang sepertinya dipegang erat oleh gitaris Dewa Budjana. Menyandang predikat sebagai salah satu gitaris terbaik Indonesia bersama band GIGI, Budjana ternyata tidak hanya ingin terpaku pada satu zona nyaman dalam bermusik.

Kali ini, Budjana melakukan kolaborasi unik bersama rapper 8 ball. Pilihan genre lagunya pun terbilang sesuatu yang tak lazim sepanjang kariernya bermusik di Tanah Air. Dengan menelurkan lagu berjudul ‘Melesat’, Budjana pun mengeksplorasi kemampuannya di genre musik hip hop.

"Sekat-sekat dalam bermusik itu harus bisa dieksplorasi. Saya rasa kolaborasi dengan 8 ball ini menjadi sesuatu yang menantang buat saya," kata Dewa Budjana kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Budjana yang selama ini lebih banyak dikenal melalui karyanya di genre jazz, pop, hard rock maupun rock alternatif, ternyata merasa menemukan sesuatu yang menarik dengan kolaborasinya di musik hip hop.

 

2 dari 4 halaman

Menampilkan

Dalam kolaborasi ini, rapper 8 ball menampilkan kemampuannya dalam menciptakan lirik dengan pilihan kata yang sederhana, mudah dimengerti namun memiliki pesan untuk mengobarkan semangat dan motivasi kepada para pendengarnya.

Di antara motivasi dan pesan positif yang ditulis pada lagu Melesat ini dapat disimak dari salah satu penggalan liriknya. “Mulai menunjukkan akal budi. Dan juga tetap dinginnya hati. Berikan senyuman yang hangat. Isi kebaikan di hidup yang singkat.”

Rapper bernama asli Muhammad Iqbal ini secara eksplisit ingin mengajak para penikmat lagu Melesat ini untuk berhenti terbelenggu dari masa lalu dan penyesalan.

 

3 dari 4 halaman

Pesan

Melalui lagu ini, ia ingin menyampaikan pesan bahwa pada akhirnya menghambat terbelenggu pada masa lalu itu hanya akan menghambat untuk maju.

"Ketika bisa bangkit dari keterpurukan, kita akan menjadi pribadi yang baru dan lebih kuat," ujarnya.

Novi Monik, brand manager dari Inside Indo yang menjadi Executive Producer dan Distributor Digital lagu Melesat, menilai karya kolaborasi Dewa Budjana dan 8 ball ini memiliki kekuatan pesan yang bagus. Itulah sebabnya, kata dia, pihaknya menjadi sangat mendukung karya positif semacam ini.

"Lagu ini menjadi semacam penawar racun agar kita bisa move on dan berbuat lebih baik, khususnya di masa pandemi yang belum juga selesai ini," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Lintas Genre

Novi juga menceritakan ihwal terwujudnya kolaborasi lintas genre ini. Lahirnya lagu kolaborasi ini, kata dia, diinisiasi oleh Kevin Daniel sebagai project manager Inside Indo yang kemudian berhasil menyatukan Dewa Budjana dan 8 Ball.

Untuk karya ini, Novi mengatakan, pihaknya tidak hanya mendistribusikan audio lagu di seluruh digital streaming platforms saja namun lagu “Melesat” merilis juga video musik. Video musik kolaborasi lintas genre ini secara resmi dirilis melalui kanal YouTube Inside Indo pada Sabtu, 23 April 2022, mulai pukul 19.00 WIB.

"Lagu ‘Melesat’ ini sudah bisa didengarkan di seluruh platform musik digital mulai Sabtu pukul 19.00 WIB. Jangan lupa untuk membagikannya kepada seluruh teman-teman agar tetap semangat melangkah dan melesat ke depan seperti pesan dari lagu ini," tuturnya.