Sukses

Ikhlaskan Kepergian Eril, Keluarga: Insya Allah Wafat dalam Keadaan Husnul Khatimah dan Dinyatakan Syahid

Pihak keluarga Ridwan Kamil menyampaikan mereka telah ikhlas dan menyatakan bahwa Eril sudah meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil, masih terus berlangsung. Hingga saat ini, Eril masih belum ditemukan semenjak dinyatakan hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss.

Pihak keluarga Ridwan Kamil sendiri menyampaikan bahwa mereka telah ikhlas dan menyatakan bahwa Eril telah meninggal dunia. Pernyataan itu disampaikan melalui konferensi pers yang digelar pada Jumat (3/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Erwin Muniruzaman selaku kakak kandung Ridwan Kamil, atas nama keluarga Ridwan Kamil meminta maaf kepada pihak mana pun apabila Eril semasa hidupnya memiliki kesalahan.

"Kami selaku keluarga memohon maaf atas nama almarhum seandainya ada kesalahan, yang secara sengaja atau tidak sengaja yang dilakukan almarhum kami mohon maaf, dan sekiranya ada hak dan kewajiban dari almarhum mohon kami selaku keluarga diinfokan," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menuntut Ilmu

Lebih lanjut, pihak keluarga mengambil banyak hikmah dengan kepergian Eril. Diketahui, Eril memang bertolak ke Swiss dalam rangka untuk mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan gelar S2.

"Kami sekeluarga, menerima, merasakan, melihat banyak hikmah dan pelajaran penting yang kami peroleh dari peristiwa ini. Perjalanan Eril sebagai pemuda Muslim, safar ke negeri yang jauh adalah untuk perjuangan menuntut ilmu," katanya.

3 dari 4 halaman

Sunah

Tak hanya itu, dalam aktivitas terakhirnya juga Eril juga sedang melakukan aktivitas yang baik yaitu berenang. Sebagaimana diketahui, dalam Islam olahraga berenang adalah salah satu olah raga yang disunahkan.

"Dalam aktivitas terakhirnya yang dilakukan adalah juga aktivitas olahraga yang juga disampaikan dalam hadis nabi, salah satunya adalah berenang," bebernya lagi.

"Di dalam aktivitas berenang ini dari kesaksian keluarga kami, Eril menunjukkan tanggung jawabnya dengan memastikan bahwa yang ikut aktivitas tersebut dipastikan keselamatannya," sambung Erwin.

4 dari 4 halaman

Khusnul Khatimah dan Syahid

Dari situ, pihak keluarga berharap Emmeril Kahn Mumtadz meninggal dunia dalam keadaan yang baik dan juga bisa dinyatakan syahid.

"Sehingga dari keseluruhan peristiwa ini kami berprasangka baik, insyaAllah Eril wafat dalam keadaan husnul khatimah dan memenuhi kriteria hadis nabi, orang tenggelam dengan kriteria tertentu dinyatakan dengan syahid," tutupnya.