Sukses

Impian Buat Film Maker! 5 Film Festival Ini Merupakan yang Terbaik di Dunia

ketika film tersebut meledak di pasaran, beberapa festival film tertarik untuk memasukkan film tersebut ke dalam kategori nominasi.

Liputan6.com, Jakarta Film dengan jalan cerita yang apik, sinematografi yang cantik, dan juga mampu meraup atensi masyarakat yang luar biasa kerap kali masuk dalam jajaran box office. Tidak jarang pula, ketika film tersebut meledak di pasaran, beberapa festival film tertarik untuk memasukkan film tersebut ke dalam kategori nominasi.

Baik festival film yang secara independen diselenggarakan atau sudah memiliki pemodal yang menyelenggarakan. Atau mulai dari festival film yang baru muncul atau yang sudah menjadi pemain lama. Nah, berikut ini merupakan festival film di dunia yang bergengsi dan jadi barometer industri film di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cannes Film Festival

Ini merupakan festival film yang diselenggarakan di Prancis setiap tahunnya. Cannes Festival Film merupakan festival film paling eksklusif dan bergengsi di dunia. Tak jarang, para aktor dan aktris yang datang ke festival ini kerap menjadi sorotan yang besar.

Cannes Festival Film pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930. Festival ini memiliki beberapa kategori penghargaan yang sangat terkenal. Seperti Palme d’Or, Grand Prix, Queer Palm, Camera d’Or, Prix Vulcain, dan lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Venice Film Festival

Festival yang diselenggarakan di Pulau Lido, Venice, Italia ini, juga salah satu ajang penghargaan film terbesar dan bergengsi di dunia. Perhelatan Venice Festival Film dilakukan setiap akhir Agustus atau awal September setiap tahunnya.

Venice Festival Film dicetuskan Biennale yang merupakan sebuah yayasan pengelola beberapa penghargaan di bidang arsitektur, tarian, muasik, teater, dan masih banyak lagi. Festival film ini telah hadir sejak 1932.

Venice film festival memberikan kategori penghargaan seperti Golden Lion, Silver Lion, Lion of the Future, Jaeger-LeCoultre Glory untuk The Filmmaker Award, dan lainnya. Penghargaan tersebut sangat bergengsi di kalangan pembuat film, aktris, hingga aktor. 

4 dari 6 halaman

3. Sundance Film Festival

Sundance Film Festival merupakan sebuah festival film di Amerika Serikat yang amat bergengsi dan tak kalah ekslusif dibanding yang lainnya. Berdiri sejak tahun 1978, festival film ini diselenggarakan di Utah, Amerika Serikat.

Dalam Sundance Film Festival, tak hanya film bergengsi yang masuk dalam nominasi, tetapi film-film independen pun bisa masuk dalam nominasi. Selain itu, film dokumenter, film pendek, hingga film layar lebar pun dikompetisikan di sini.

Fyi, Sundance Film Festival bukan hanya sebuah festival film, tapi lebih dari itu, ajang ini merupakan sebuah jaringan. Ya, jaringan yang digunakan oleh para film maker hingga aktor yang ingin memasuki dunia perfilman. Bahkan, Sundance menyediakan ruang bagi isu film dan berbagai terobosan yang ingin dimunculkan di film serta media. 

5 dari 6 halaman

4. Berlinale Film Festival

Festival film yang dihelat di Kota Berlin ini juga menjadi salah satu festival film bergengsi di dunia. Ajang yang kerap diselenggarakan pada bulan Februari ini, juga menjadi salah satu festival film yang paling banyak dihadiri.

Beberapa ketegori penghargaan yang ada di festival film ini adalah Grand Jury Prize, Silver Bear Jury Prize, Best Short Film, Best Director, Silver Bear for Best Leading Performance, Silver Bear for Best Supporting Performance, Best Screenplay, dan lainnya. 

6 dari 6 halaman

5. Toronto International Film Festival

Festival film yang digelar di Danau Ontario setiap bulan September ini merupakan salah satu festival film yang mampu dihadiri secara masif di dunia. Sekitar lebih dari 480.000 orang setiap tahun mendatangi Toronto International Film Festival ini.

Festival film ini keap kali digunakan untuk mempromosikan film-film yang ingin masuk Oscar. Para juri juga memberikan penghargaan tertinggi, yaktu People's Choice Award, yang memiliki tiga anak kategori. Jadi, festival film bergengsi ini cukup berbeda dengan yang lainnya.

Itu dia 5 film festival yang paling bergengsi dan mampu meraup atensi yang luar biasa dari masyarakat dunia. Semoga, film-film Indonesia, suatu hari nanti, bisa masuk dalam nominasi, bahkan menang di 5 festival film tersebut ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini