Sukses

Legenda NBA Magic Johnson Jawab Isu Viral soal Donasi Darah Walau Positif HIV

Wajah Magic Johnson muncul dalam sebuah unggahan yang dibagikan sebuah akun bercentang biru di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak isu tak bertanggung jawab yang beredar di internet, dan salah satunya baru saja menimpa Earvin Johnson Jr atau yang dikenal sebagai Magic Johnson. Dilansir dari Marca dan People, Jumat (26/8/2022), rumor yang mengganggunya muncul sekitar minggu lalu.

Wajah mantan pemain NBA kondang ini muncul dalam sebuah unggahan yang dibagikan sebuah akun bercentang biru di Twitter. Fotonya menampilkan dirinya sedang duduk di sebuah kursi, sementara seorang pria yang mengenakan sarung tangan tampak melakukan tindakan medis di lengan legenda hidup Lakers ini.

Hari ini, legenda NBA Magic Johnson mendonasikan darahnya kepada Palang Merah untuk membantu komunitas yang kurang beruntung untuk membantu melawan Covid-19,” begitu cuitan di publikasi ini.

Tentu saja unggahan ini bikin heboh. Pasalnya, pria 63 tahun ini telah mengumumkan secara terbuka bahwa ia adalah pengidap HIV. Seperti diketahui, salah satu jalan penularan HIV AIDS adalah lewat transfusi darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Meme

Tentu saja unggahan ini jadi viral. Tak sedikit pula warganet yang menjadikannya sebagai bahan meme.

“Bayangkan kalau kamu nanya ke dokter siapa yang mendonasikan darah kepadamu dan mendengar mereka berkata, ‘Magic Johnson’,” cuit seorang warganet, menyertakan foto orang yang sedang terpekur. Unggahan ini disukai hingga 3 ribu lebih pengguna Twitter.

Sayang, berita Magic Johnson ini tak hanya jadi bahan candaan. Ada pula yang termakan dan percaya bahwa sang pebasket benar-benar jadi donor darah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dijawab Magic

Tak mau keadaan tambah runyam, Magic Johnson langsung turun tangan. Lewat akun Twitter-nya, ia menepis cuitan viral tersebut. “Aku mengetahui keberadaan cerita palsu yang beredar di internet, dan agar jelas, aku tak pernah mendonasikan darah,” begitu kata dia.

Setelah cuitan ini dilayangkan, sumber aslinya langsung dihapus. Warganet juga heran mengapa ada orang yang menyebarkan kabar bohong ini, dan ada yang mempercayainya.

“Aku turut berduka kamu sampai harus mengutarakan hal ini. Orang-orang jahat sekali,” kata seorang warganet, membalas cuitan Magic Johnson.

4 dari 4 halaman

Sudah 3 Dekade

Seperti diketahui, Magic Johnson mengumumkan bahwa ia didiagnosis dengan HIV pada 1991. November 2021, ia “merayakan” kehidupan 30 tahun terakhir sebagai pasian HIV positif. Ia mengungkap syukur bisa bertahan hidup dengan kondisinya ini.

“Tuhan benar-benar memberkatiku! Hari ini menandai 30 tahun hidup dengan HIV, dan pesannya menggetarkanku dengan cara yang luar biasa. Aku berterima kasih kepada Tuhan karena menjagaku, memberiku kekuatan, dan membimbingku selama 62 tahun dan terutama 30 tahun terakhir,” cuitnya kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.