Sukses

Raja Charles III Bersiap Ucap Perpisahan Terakhir kepada Ratu Elizabeth II, Terharu atas Perhatian Publik

Raja Charles III tersentuh melihat dukungan dan belasungkawa yang diberikan publik terkait meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Raja Charles III akan mengucap perpisahan terakhir kepada sang ibunda, Ratu Elizabeth II, dalam pemakaman yang berlangsung pada hari ini, Senin (19/9/2022). Hari Minggu kemarin, malam sebelum pemakaman digelar, ia mengungkap sebuah pernyataan sebagai reaksi atas simpati publik atas meninggalnya sang ibunda.

"Selama sepuluh hari terakhir, saya dan istri sangat tersentuh oleh banyak pesan belasungkawa dan dukungan yang kami terima dari negara ini maupun di seluruh dunia," begitu pernyataannya, seperti dilansir dari People.

Ayahanda Pangeran Harry dan William ini menambahkan, “"Di London, Edinburgh, Hillsborough, dan Cardiff, kami sangat tersentuh melihat orang-orang yang bersusah payah untuk datang dan memberikan penghormatan mereka atas jasa seumur hidup ibundaku tersayang, mendiang Ratu."

Tak hanya tersentuh, Raja Charles juga mengungkapkan terima kasih kepada publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucap Terima Kasih

“Sementara kami semua mempersiapkan diri untuk mengucapkan perpisahan terakhir, saya hanya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mengucap terima kasih kepada semua orang yang tak terhitung jumlahnya yang telah memberikan dukungan dan penghiburan kepada keluarga saya dan saya sendiri dalam masa duka ini," kata Raja Charles di pengujung ucapannya.

Pada malam sebelum pemakaman, Istana merilis sebuah foto Ratu yang sebelumnya tak pernah dilihat publik.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Foto Ratu Bulan Mei

Diwartakan People, dalam foto ini, Sang Ratu berpose di rumahnya yang terletak di Windsor Castle, dan diambil pada bulan Mei lalu. Ia mengenakan pakaian berwarna biru muda dan kalung mutiara yang menjadi ciri khasnya.

Kalung ini diketahui dikenakan Kate Middleton dalam perjamuan dengan pemimpin negara Persemakmuran pada Sabtu, 17 September 2022. Dalam foto ini Sang Ratu terlihat tersenyum dengan cerah.

4 dari 4 halaman

Prosesi Pemakaman

Sementara itu, seluruh Inggris Raya mengheningkan cipta jelang pemakaman Ratu Elizabeth II. Momen mengheningkan cipta itu dilaksanakan mulai pukul 20.00 waktu setempat pada Minggu, 18 September 2022 petang. 

Proses pemakaman sehari penuh, yang dimulai di London dan berakhir di Windsor, di mana dia akan dimakamkan. 

Para tamu akan berkumpul untuk upacara pada pukul 11.00 waktu London atau 17.00 WIB, dengan acara puncak mengheningkan cipta dua menit di seluruh Inggris untuk Ratu Elizabeth II dan pelantunan "God Save the King"—perubahan setelah 70 tahun "God Save the Queen."

Prosesi pemakaman melalui jalan-jalan London, dan kemudian ke kediaman kerajaan di Windsor, hingga Ratu Elizabeth II dimakamkan malam itu di Kapel St. George di halaman Kastil Windsor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.