Sukses

Usai jadi Jawara All Together Now Italia, Cahyadi Kam Siap Berkompetisi di The Voice Romania

Cahyadi Kam kembali mengasah bakat suara dan kemampuan bernyanyinya.

Liputan6.com, Jakarta Nama Indonesia kembali berkibar di dunia internasional. Kali ini karena sosok musisi bernama Cahayadi Kam alias Eki. Pria yang berprofesi sebagai pengamen jalanan itu berhasil menjadi peringkat satu kompetisi nyanyi bertajuk All Together Now Italia pada 2020 silam.

Lantaran prestasinya itu, Eki menjadikan sebagai batu loncatan untuk berkarier di dunia tarik suara. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di Eropa.

Eki kembali mengasah bakat suara dan kemampuan bernyanyinya dengan mengikuti ajang Vocea Romaniei atau The Voice Romania tahun ini.

"Aku sekarang lagi di The Voice karena seluruh pesertanya dari seluruh negara Eropa dan aku mewakili Indonesia di sana. Mudah-mudahan lolos," ujar Eki kepada wartawan saat menemuinya di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Untuk menghadapi kompetisi tersebut, Eki menerima masukan dari para senior yang telah dikenal di Eropa yaitu Sandhy Sondoro.

"Kak Sandhy (Sondoro) kasih aku masukan terus, dia lebih duluan di Eropa. Persaingan di sana nggak gampang, banyak artis-artis yang extraordinary," ujarnya.

 

2 dari 4 halaman

Mendorong

Tak hanya berkompetisi di The Voice Romania, Eki berkeinginan mendorong dan memotivasi talenta musik Indonesia yang belum memiliki kesempatan, agar dapat menghasilkan karya musik yang mampu diapresiasi oleh masyarakat.

"Aku dulu kecil ngamen di bus, di restoran-restoran. Waktu itu ada vocal coach yang mau ngajarin aku. Banyak teman-teman aku yang end up tragis dan struggle, aku ingin mengangkat mereka menjadi lebih baik. Aku mau mengajar mereka," ujarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Performance

Eki sempat memperkenalkan diri dengan mempersembahkan live music busking performance event untuk masyarakat Indonesia di Pos Bloc: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Acara yang didukung oleh Ubeatz Beyond Entertainment (Ubeatz) dan Baretone Professional Audio System (Baretone) diharapkan mampu menjadi pembuka jalan bagi Eki dalam kontinuitas menghasilkan karya musik.

 

4 dari 4 halaman

Inspirasi

Dengan penuh rasa bangga, EKI hadir memberikan inspirasi bagi para talenta musik Indonesia untuk memanifestasikan buah pemikirannya dalam bentuk karya musik, yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Dirinya mengungkap keinginannya berkolaborasi dengan penyanyi dan musisi di Indonesia.

"Lyodra aku fans sekali, kebetulan ada satu panggung juga dengan dia di bulan ini. Ada Deden Gonzales, Anggun, Sandhy Sondoro," pungkasnya.

Â